Itinerary

Jurus Jitu biar Bagasi Nggak “Over” pas Traveling Lama

Pernah nggak terpikirkan olehmu gimana para traveler yang melancong dalam waktu yang lama mengelola bagasinya? Gimana, sih, cara mereka menyiasati bagasi biar nggak over? Nih, rahasianya:

1. Tahu kuota bagasi moda-moda transportasi yang digunakan

Tiap-tiap moda transportasi punya kuota bagasi masing-masing. Soal biaya, ada yang menggratiskan bagasi (baik bagasi bawah maupun bagasi kabin) tapi ada pula yang mengharuskan penumpang untuk membayar.

Supaya nggak over, pas traveling lama sebaiknya kamu menyempatkan diri mencari info soal kuota bagasi setiap moda tranportasi yang akan kamu naiki.

2. Hindari bawa pakaian terlalu banyak

Jangan terlalu banyak bawa pakaian. Cukup beberapa setel saja tapi dirotasi. Satu-dua helai kotor, kamu tinggal mencucinya sendiri (kalau diizinkan pihak hostel) atau mengantarnya ke laundri.

Selain nambah hitungan kilogram di timbangan, pakaian berlebihan juga bakalan memperbesar dimensi ranselmu dan memakan lebih banyak ruang.

3. Bawa pakaian yang ringan dan gampang kering

Sekarang pakaian ringan dan mudah kering sudah dijual di mana-mana. Pas traveling lama, bagasimu bakal selalu selamat kalau kamu bawa pakaian yang ringan dan gampang kering.

Salah satu bahan pakaian yang ringan dan gampang kering adalah dri-fit. Biasanya, baju-baju dri-fit menempel ketat di tubuh, serta menyerap dan menguapkan keringat dengan cepat.

4. Oleh-oleh jangan terlalu heboh

Memang susah untuk menghilangkan nafsu beli oleh-oleh, apalagi untuk orang terdekatmu. Tapi, beli oleh-olehnya juga kira-kira. Jangan beli patung di kota A, panah dan busur di kota B, kursi di kota C–ntar kamu kesusahan sendiri membawanya, Sob!

Pas traveling jangka panjang, beli aja oleh-oleh kecil-kecil, kayak gantungan kunci, emblem, dll. Ntar kalau numpuk ‘kan nggak banyak-banyak banget makan tempat.

5. Sebagian barang bisa kamu kirim pulang secara periodik

Alternatif lain, kamu bisa secara periodik mengirimkan barang-barang, seperti baju yang udah nggak dipakai lagi atau buku atau oleh-oleh, ke rumah. Ini bakalan menghemat bagasimu banget, Sob!

Jadi, udah tahu ‘kan cara ngakalin bagasi pas traveling lama?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

4 Hal Penting yang Sering Dilupakan Pendaki Gunung

Itinerary

Selter 101: Pilihlah Selter seperti Memilih Pasangan Hidup

Itinerary

Tips dan Trik biar "Packing" Makin Seru

Itinerary

3 Tips Memilih Destinasi buat Traveling Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *