Itinerary

5 Hal yang Perlu Dicoba Pejalan Tahun 2020

Kedatangan tahun baru tinggal hitungan jam, Sob. Mulai besok pagi, kamu mesti membiasakan diri menulis “2020” dan melupakan kenangan 2019.

Karena bakal masuk tahun baru, nggak ada salahnya juga kita, sebagai pejalan, nyobain hal-hal baru yang berkaitan dengan traveling, misalnya:

1. Traveling independen

Beberapa tahun belakangan ini, jasa open-trip menjamur. Mereka menawarkan diri di banyak platform, dari mulai aplikasi travel booking, media sosial, sampai website pribadi. Makanya nggak heran kalau banyak banget pejalan yang pakai jasa mereka, meskipun harga yang dipatok lebih mahal ketimbang kalau kamu traveling mandiri.

Nah, tahun depan, kayaknya kamu perlu nyoba alternatif traveling lain, Sob, yakni traveling independen. Rencanakan semuanya sendiri, bikin itinerary sendiri, pesan tiket sendiri. Selain lebih murah, traveling independen bakal bikin kamu lebih leluasa buat menggali hal-hal menarik soal destinasi yang kamu datangi.

2. Perjalanan lama dan pelan

Perjalanan Jumat-Sabtu-Minggu yang singkat dan cepat memang bisa saja jadi seru. Tapi, perjalanan lama dan pelan bakalan lebih seru, Sob. Selain itu, saat melakukan traveling lama dan pelan, kamu juga bakalan ngerasa kalau uang yang kamu keluarin sebanding dengan pengalaman yang kamu dapat.

Tahun 2020, coba, deh, lakukan perjalanan lama dan pelan. Nabung-nabung dari sekarang dan puasa dulu traveling Jumat-Sabtu-Minggu.

3. “Ultralight”

Dulu, traveling gaya ultralight mungkin cuma jadi ajang buat gaya-gayaan. Sekarang, ultralight sudah jadi kebutuhan, terlebih di saat beberapa maskapai moda transportasi udara Indonesia memberlakukan bagasi berbayar.

Peralatan ultralight memang agak lebih mahal ketimbang gear reguler, Sob. Tapi, kalau dihitung-hitung, dalam jangka panjang gear ultralight bakal nyelametin kantong dan punggung kamu.

4. Perjalanan “overland”

Karena perjalanan lewat udara udah makin mahal, tahun 2020 cobain aja perjalanan overland, entah naik bus atau naik kapal. Kalau ketemu laut, kamu tinggal cari pelabuhan feri atau nelayan terus nyeberang, deh.

Tapi, perjalanan overland bakal makan waktu yang jauh lebih lama ketimbang perjalanan lewat udara. Jadi, siapkan waktu yang panjang, Sob!

5. Fokus pada kenyataan

Tahun 2020 nanti, coba untuk lebih fokus pada kenyataan pas kamu taveling. Maksudnya, jangan terlalu sibuk sama ponsel pintar dan teman-teman di media sosial–lihat apa yang ada di depan kamu. Toh, nanti pas pulang kamu bisa cerita-cerita langsung ke teman-temanmu soal perjalanan yang baru saja kamu lakukan.

Gimana? Berminat buat mencoba lima hal di atas tahun 2020?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
#dirumahajaItinerary

5 Resep Jus buat Menjaga Imunitas

#dirumahajaItinerary

Aneka Wedang Nusantara yang Bisa Kamu Bikin pas di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

6 Kuliner Nusantara yang Bisa Kamu Masak waktu di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

Tips Jalan-jalan di Rumah ala Irene "Pinktravelogue"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *