Itinerary

Liburan Murah tapi Tetap Puas, Ini Tips dan Triknya

“Lagi bokek tapi pengen banget jalan-jalan, nih. Gimana, dong?” Bisa! Ada tips dan triknya biar kamu bisa liburan murah sepuasnya! Cara ini nggak gampang-gampang banget tapi juga nggak ekstrem-ekstrem amat. Penasaran? Mending langsung simak aja, yuk!

1. Cari tiket dari jauh hari

liburan murah

Maskapai penerbangan murah via pexels.com/Pascal Renet

Cari tiket jauh-jauh hari emang udah jadi rahasia umum buat dapetin harga murah. Seringnya, alokasi biaya terbesar untuk liburan adalah tiket transportasi. Kalau udah dapet tiket murah, bisa dipastikan nasib kantong kamu udah aman.

Kalau kamu emang niat banget buat liburan murah, minimal sebulan sebelumnya udah mulai cari-cari dan bandingin harga tiket transportasi, terutama harga tiket pesawat. Jangan lupa juga untuk nyari jadwal travel fair yang biasanya nawarin harga tiket super miring!

2. Hindari tanggal merah

liburan murah

Menandai tanggal via pexels.com/Pixabay

Jangan coba-coba deh bikin rencana liburan murah tapi traveling-nya pas tanggal liburan umum. Harga tiket udah pasti melambung tinggi melampaui harga normal.

Rencanain liburan kamu di tanggal “sunyi.” Selain harga tiket jadi lebih murah, tempat wisata pun bakal lebih sunyi. Kamu bisa puas menikmati liburan. Kalau kamu seorang karyawan, jangan tunggu liburan kantor. Ambil cuti aja di tanggal normal.

3. Cari destinasi wisata murah di kota tersebut

liburan murah

Mencari informasi lewat Instagram via pexels.com/Fancycrave

Kalau mau liburan murah, berarti harus banget buat nyari informasi tentang biaya retribusi tiap destinasi wisata. Walaupun nyari yang low budget, kamu juga harus perhatiin keunikan objek wisata tersebut. Jangan sampai malah kecewa nantinya karena atraksi wisatanya biasa-biasa aja.

4. Nginap di “homestay” milik warga atau rumah teman/saudara

liburan murah

Penginapan nyaman via pexels.com/Lalesh Aldarwish

Biasanya, warga menyiapkan kamar-kamar untuk para wisatawan yang ingin menginap ketika berkunjung ke daerah mereka, apalagi di sekitar pantai. Selain harganya lebih murah dibanding penginapan atau hotel, dengan menyewa homestay milik warga, kamu juga membantu perekonomian masyarakat setempat.

Tapi, kalau di daerah itu kamu punya saudara atau teman, lebih bagus lagi. Kamu nggak perlu nyewa tempat untuk menginap—dan sudah pasti kamu dipersilakan ikut makan ketika waktu makan telah tiba. Irit banget, ‘kan?

5. Akrabkan diri dengan warga dan cari pemandu lokal

liburan murah

Membaca peta destinasi via pexels.com/Rawpixel

Nah, agar kamu nyaman dan merasakan bagaimana menjadi warga daerah tersebut, akrabkan diri dan berbaurlah dengan mereka. Bila perlu, pelajari bahasa daerah tersebut.

Kalaupun kamu ingin mencari pemandu wisata, carilah warga lokal. Dengan begitu kamu pun telah membantu perekonomian mereka dan sudah pasti rencana liburan murah dapat berjalan dengan baik karena biasanya tarif pemandu lokal lebih murah daripada guide dari luar. Lagian, biasanya pemuda setempatlah yang lebih familiar dengan atraksi wisata dan lebih paham tentang budaya setempat.

6. Sewa motor

liburan murah

Sewa motor supaya lebih hemat via pexels.com/Mali Meeder

Daripada kamu ribet naik-turun kendaraan umum atau harus mahal-mahal nyewa mobil, mending sewa motor aja. Harganya bakal lebih terjangkau dan kamu bisa lebih leluasa untuk mengeksplorasi destinasi wisata di daerah tersebut.

Perjalananmu akan lebih efisien. Apalagi kalau kamu cuma jalan bareng pemandu wisatamu. Bisa jadi yang nyetir malah sang pemandu wisata dan kamu… tinggal nyantai aja di jok belakang.

7. Cari kuliner pinggiran yang harganya kaki 5 tapi rasanya bintang 5

liburan murah

Jajanan murah tapi enak via pexels.com/Clem Onojeghuo

Soal kuliner, kamu harus pintar-pintar dalam mencari dan memilih makanan yang enak tapi murah meriah. Misalnya kamu lagi di Jogja. Ada gudeg enak, porsi banyak, tapi harganya lumayan menguras isi dompet. Nah, kalau kamu usaha sedikit buat keliling-keliling nyari gudeg dengan “spek” sama di pinggiran kota, harga bisa lebih murah.

Biasanya kuliner yang ada di sekitar kampus di kota tujuanmu harganya lebih murah karena disesuaikan dengan isi dompet mahasiswa. Tapi tetap perhatikan kebersihannya, ya! Liburan murah bukan berarti harus ngorbanin kesehatan.

Sekalipun kamu liburan murah, jangan bawa uang pas-pasan juga, ya. Sisihkan dana cadangan agar tak kehabisan uang di tengah jalan.

Artikel Terkait
Itinerary

Remeh-temeh yang Tak Remeh tentang Tempe

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *