Itinerary

Mau Sewa Sepeda Motor atau Mobil? Baca Ini Dulu!

Kalau kamu pergi ke destinasi yang transportasi publiknya bagus, kamu ngak perlu lagi mikirin gimana caranya buat ke atraksi-atraksi wisata.

Tapi, kalau kebetulan kamu jalan ke destinasi yang sistem transportasi publiknya masih kacau—sementara angkutan online belum ada—nggak ada pilihan yang lebih baik daripada nyewa kendaraan.

Tapi, mending sewa sepeda motor atau mobil, ya?

Sepeda motor cocok untuk “mblusuk”

Sepeda motor menawarkan kelincahan dan akses menuju tempat-tempat yang mblusuk alias nyempil. Dibanding mobil—apalagi mobil-mobil kota—sepeda motor bisa menjangkau lebih banyak tempat. Kalau kamu mau ke atraksi-atraksi wisata alam seperti air terjun, terlebih yang masih belum terlalu dikenal, mengendarai sepeda motor adalah pilihan yang bijak.

skill yang wajib dimiliki pejalan

Naik motor via pexels.com/bruce mars

Soal biaya, sepeda motor juga lebih hemat ketimbang mobil. Kamu nggak perlu ngisi bensin sampai puluhan liter kalau naik motor. Selain itu, kamu juga bakalan lebih santai karena nggak was-was dengan “keselamatan” mobil yang kamu kendarai.

Tapi, nyewa sepeda motor juga ada kekurangan. Pertama, sepeda motor relatif lebih nggak aman ketimbang mobil. Karena cuma ditopang sama dua roda, perlu konsentrasi tinggi buat mengendarai sepeda motor. Lengah dikit bakalan berbahaya. Kedua, kamu cuma bisa membonceng satu orang di belakang. Nekat bonceng lima—well—kayaknya bakalan pecah ban. Ketiga, kalau hujan turun kamu mesti pasang mantel.

Mobil menawarkan kenyamanan

Sementara itu, mobil menawarkan kenyamanan. Naik mobil, kamu nggak perlu khawatir bakal diguyur hujan atau disiram panas sepanjang perjalanan menuju atraksi wisata. Selain itu, kalau naik mobil, kamu juga bisa mendengarkan lagu-lagu favoritmu lewat pemutar musik. Bahkan, sekarang banyak juga mobil yang dilengkapi dengan LCD buat nonton.

menentukan destinasi

Mobil mainan via pexels.com/Nubia Navarro

Menyewa mobil cocok banget kalau kamu jalannya rame-rame. Ini bakalan lebih ekonomis ketimbang menyewa beberapa sepeda motor. Uang bensin bisa diurus sama-sama.

Tapi, karena lebih besar ketimbang sepeda motor, terkadang mobil nggak bisa mencapai destinasi-destinasi yang kamu tuju, terutama yang ke tempat-tempat yang jalannya masih sangat jelek. Selain itu, kalau kamu travelingnya ke destinasi-destinasi mainstream, ada kemungkinan kamu bakal lebih sering kena macet.

Mudah-mudahan kamu nggak bingung lagi mau sewa sepeda motor atau mobil. Nah, jadi kamu lebih suka yang mana, Sob? Sewa sepeda motor atau mobil?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

Tempat-Tempat yang 'Hilang' di Indonesia

Itinerary

5 Kedai Kopi Legendaris di Indonesia

Itinerary

Grobak Hysteria: Pemberdayaan Masyarakat Melalui Seni dan Kekompakkan

Itinerary

5 Jurus Jitu Menghindari Keramaian di Destinasi “Mainstream”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.