Itinerary

5 Minuman “Sobek” yang Pas buat Naik Gunung

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan untuk naik gunung adalah bekal minuman untuk diseruput pas dalam perjalanan atau di tenda.

Kalau kamu baru mau mulai menekuni hobi naik gunung terus bingung mau bawa minuman sobek apa pas nanjak, kamu nyasar di tulisan yang pas. Ini TelusuRI persembahkan 5 jenis minuman sobek yang biasanya dibawa para pendaki gunung:

1. Minuman rasa buah

Minuman sobek jenis ini bakalan terasa nikmat kalau diseruput pas istirahat di pinggir trek. Rasa buahnya bakal menyegarkan tenggorokanmu yang kering sekaligus memotivasi kamu untuk terus semangat mencapai lokasi kamp atau puncak. Supaya lebih nikmat, minuman rasa buah yang sudah kamu beri air sebaiknya ditaruh di wadah logam, supaya lebih dingin.

Banyak banget minuman rasa buah yang beredar di pasaran. Tapi, biasanya para pendaki lebih senang salah satu di antara tiga minuman sobek yang legendaris ini, yakni NutriSari, Marimas, dan JasJus.

2. Kopi

Naik gunung tanpa kopi seperti naik sepeda tanpa roda—nggak lengkap! Makanya para pendaki suka banget bawa kopi. Biasanya mereka menyeduhnya malam-malam atau pagi-pagi saat dingin sedang tak tertanggungkan.

Kopi panas itu bakal jadi teman untuk berkumpul mengelilingi perapian. Lucunya, kadang-kadang mereka cuma bikin satu cangkir kopi yang kemudian diedarkan. Bukan karena mereka lupa bawa cangkir atau cuma bawa kopi satu bungkus kecil, tapi buat kebersamaan. Kopinya ya terserah saja. Kalau yang ada kopi susu, maka yang diminum kopi susu. Yang ada kopi hitam, ya kopi hitamlah yang diseruput.

3. STMJ

Kebangetan sih kalau nggak tahu kepanjangannya STMJ. Itu adalah singkatan dari susu telur madu jahe. Minuman STMJ ini sekarang sudah banyak yang dijual bungkusan. Jadi para pendaki nggak perlu lagi repot-repot meracik susu, telur, madu, dan jahe—itu pun belum tentu enak.

STMJ ini bakalan ngasih kehangatan, soalnya ada jahenya. Kalau kamu kedinginan malam-malam, nggak ada minuman yang bakal lebih menghangatkan selain STMJ.

4. Coklat bubuk

Selain kopi dan STMJ, ada lagi minuman yang juga nampol banget buat menghangatkan malam di gunung, yakni coklat. Tenang saja, Sob, sekarang zaman sudah canggih. Jadi kamu nggak perlu lagi bela-belain beli coklat batangan terus kemudian dilelehkan di nesting. Sekarang sudah ada coklat bubuk yang murah dan praktis buat dibawa ke mana-mana.

Cara membuatnya gampang banget. Kamu tinggal memanaskan air. Setelah panas, kamu tinggal menuangkannya ke bubuk coklat yang sudah dimasukkan ke dalam gelas. Tapi jangan lupa diaduk dulu ya sebelum diminum.

5. Energen

Sebenarnya Energen ini sereal, ada gandumnya. Makanya susah untuk bilang ini makanan atau minuman. Tapi, karena cara mengolahnya adalah dengan menambahkan air, kita anggap saja ini minuman.

Energen ini berguna banget kalau kamu mau muncak pagi-pagi banget tapi males masak. Daripada mencuci teflon, mending kamu masak air saja dan meneguk segelas Energen. Dulu Energen cuma ada beberapa rasa, tapi sekarang minuman ini sudah punya banyak varian rasa. Jadi kamu tinggal pilih Energen rasa mana yang paling sesuai dengan kamu.

Jadi, minuman mana nih yang bakal kamu bawa waktu pendakian besok?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
ItineraryNusantarasa

Berburu Kuliner Bersejarah Khas Salatiga (1)

ItineraryNusantarasaPilihan Editor

Nasi Jangkrik, Kuliner Warisan Sunan Kudus

ItineraryPerjalanan Lestari

Ngeteh Sore di Artani, Toko Curah Ramah Lingkungan Pertama di Makassar

Itinerary

Gunung Bantur dalam Bingkai Kintamani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.