Itinerary

Kenapa “Rugged Camera” Pas Banget Dibawa Traveling?

Lagi pusing nyari kamera buat traveling? Kalau iya, nggak ada salahnya buat mempertimbangkan rugged camera atau tough camera.

Rugged camera, buat yang belum tahu aja, adalah kamera kompak yang tahan dibawa ke segala medan. Nah, buat bahan pertimbangan, coba deh baca dulu tujuh keunggulan rugged camera berikut:

1. Bisa dibawa ke mana-mana

Rugged camera cocok banget dijadiin kamera buat traveling karena bisa dibawa ke mana-mana. Dibawa keliling kota bisa, dibawa ke sungai atau laut—atau bawah laut—juga bisa, dibawa ke gunung juga nggak masalah.

Traveling bawa rugged camera, bawaanmu jelas bakalan lebih ringkas. Selain itu, kamu juga bisa fokus ke perjalananmu karena nggak perlu mengkhawatirkan nasib kamera yang kamu bawa.

2. Tahan debu, air, dan getaran

Rugged camera bakal bikin pendokumentasian perjalananmu jadi lebih maksimal. Karena tahan debu, air, dan getaran, kamu bisa motret momen-momen berharga lewat berbagai angle yang mungkin bagi kamera biasa nggak masuk akal.

Pas ke pantai, misalnya. Kalau bawa kamera biasa, kamu mungkin cuma bisa memotret kenangan-kenangan dari permukaan air. Dengan rugged camera, kamu bisa ngambil foto over-unders atau split shots bawah air dan di atas muka laut.  

3. Mudah diperasikan

Kamera jenis ini mudah sekali untuk dioperasikan. Rentang focal length yang tinggi bikin rugged camera bisa motret objek dekat dan jauh tanpa mesti gonta-ganti lensa. Yang perlu kamu lakukan cuma memencet tombol atau tuas zoom.

Kalau sewaktu-waktu kamu pengen difotoin dan harus minta tolong orang lain yang belum familiar sama kamera yang kamu pakai, kamu juga nggak perlu buang-buang waktu ngajarin ini itu. Cukup bilang “pencet aja sampai bunyi cekrek.

4. Perawatannya nggak ribet

Rugged camera memang bandel, tapi nggak rewel. Paling yang mesti kamu lakukan hanyalah merendam kameramu dalam air tawar setelah kamu bawa ke laut supaya nggak mengalami korosi.

Selain itu, sekali-sekali kamu juga disarankan buat membersihkan kameramu dari debu. Kalau punya air blower, ya dipakai. Kalau nggak punya, dilap-lap aja pakai kapas atau tisu yang lembut banget juga jadi.

5. Punya banyak fitur

Meskipun gampang dioperasikan, bukan berarti kamera buat traveling yang satu ini minus dalam hal fitur. Rugged camera punya fitur yang bisa dibilang lengkap.

Kamu bisa ganti-ganti mode pemotretan dan filter. Selain itu kamu juga bisa mengatur fokus otomatisnya dan mati/hidup lampu flash atau blitz. Dan tentu saja rugged camera juga bisa buat ngambil gambar bergerak alias video.

6. Baterai awet

Kamera buat traveling yang satu ini, karena memang dirancang untuk kegiatan outdoor, biasanya dilengkapi dengan baterai yang tahan lama.

Kalau buat motret sesekali aja, kamu barangkali cuma perlu mengisi baterai rugged camera-mu sekali seminggu. Tapi, kalau pemakaianmu maksimal, motret dan ngambil video, mungkin kamu perlu mengisi baterai tiga hari sekali.

7. Harga terjangkau

Dibanding action cam kelas atas seperti GoPro Hero terbaru, DSLR, atau mirrorless, harga rugged camera jauh lebih terjangkau. Rata-rata, harganya antara Rp3-5 juta. Tentu harga segitu nggak bakal begitu memberatkan kantongmu. Selisih harga antara rugged camera dan kamera lain itu bisa kamu pakai buat bertualang, deh!

Gimana? Udah yakin milih rugged camera sebagai kamera buat traveling?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

7 Ide untuk Mengisi Libur Panjang

Itinerary

5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Traveling dengan “Backpack”

Itinerary

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Sekitar Pantai Parangtritis

Itinerary

Beberapa Hal yang Harus Kamu Tahu soal Mandalika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *