Itinerary

5 “Rugged Camera” yang Cocok buat Petualang

Kalau kamu suka jalan-jalan dan melakukan aktivitas ekstrem, nggak ada kamera yang lebih pas buat kamu selain kamera rugged. Kamera rugged adalah jenis kamera digital yang bisa dibawa masuk ke air, tahan cuaca panas dan dingin, getaran, dan tekanan.

Khusus buat kamu, ini TelusuRI pilihkan 5 kamera rugged terbaru yang pas banget untuk kamu bawa jalan-jalan:

1. Olympus Tough! TG-5

Sesuai dengan namanya, Olympus Tough! TG-5 ini memang tough banget. Kamu bisa bawa kamera rugged ini menyelam sampai kedalaman 15 meter. Kamera ini juga bisa kamu bawa ke tempat-tempat dingin, soalnya dia freezeproof sampai -10˚C. Olympus Tough! TG-5 juga crushproof sampai 100 kg.

Nah, dengan kemampuan menahan derita seperti itu, kamu bisa bawa pulang gambar-gambar keren dari tempat-tempat yang nggak masuk akal. TG-5 didukung oleh lensa dengan bukaan f/2-4.9 yang sebanding dengan 25-100 mm, bisa 4x zoom. Videonya sudah 4K dan Full HD. Di situs marketplace, harganya mulai 6 jutaan.

2. Nikon Coolpix W300

Nikon juga punya lini kamera rugged. Edisi terbaunya adalah Nikon Coolpix W30. Kamera ini bisa mengambil gambar dalam air sampai kedalaman 30 meter selama sekitar 60 menit. Coolpix W300 konon bisa selamat meskipun jatuh dari ketinggian sekitar 2,4 meter. Kamera ini juga tahan sampai suhu -10˚C

Tapi bukaannya masih kalah dari Tough TG-5, f/2.8-4.9. Jadi, kualitas gambar makronya masih di bawah kamera rugged Olympus itu. Kabar gembiranya, videonya juga sudah 4K. Serunya, data di Nikon Coolpix W300 bisa langsung kamu transfer ke ponsel lewat Wi-Fi asal kamu udah ngunduh aplikasinya. Harganya lebih murah ketimbang TG-5, yakni sekitar 5 jutaan.

3. Panasonic Lumix FT7/TS7

Kamera rugged Panasonic Lumix FT7/TS7 ini adalah kamera rugged pertama yang dilengkapi dengan kekeran (viewfinder) elektronik. Nggak cuma itu, Lumix FT7/TS7 juga makin istimewa karena kamera ini bisa dibawa sampai ke kedalam 31 meter!

Bukaannya f/3.3-5.9 dengan 4.6x optical zoom. Sama seperti kamera-kamera di atas, Lumix FT7/TS7 juga sudah bisa ngerekam video 4K. Sayang sekali kayaknya kamera ini masih jarang beredar di Indonesia. Tapi, kalau merujuk pada harga di luar negeri, Lumix FT7/TS7 dibandrol sekitar 449 USD.

4. Fujifilm Finepix XP130

Kalau kamu mau punya kamera rugged tapi bujetmu terbatas, nggak ada pilihan yang lebih pas ketimbang Fujifilm Finepix XP130. Dibanding kamera-kamera di atas, harganya lumayan murah, yakni sedikit di bawah Rp 3 juta.

Dengan lensa Fujinon yang bisa 5x optical zoom, lensa Finepix XP130 setara dengan lensa 28-140 mm dalam format 35 mm. Mode pengambilan gambarnya beragam. Kamu bisa pilih salah satu dari 13 mode sesuai dengan keperluan kamu.

5. Ricoh WG-50

Bentuk kamera rugged yang satu ini seperti benda yang berasal dari masa depan—atau benda yang ditinggalin alien yang nyasar ke bumi. Tapi, meskipun tampangnya keras, ternyata Ricoh WG-50 cuma bisa tahan di air sampai kedalaman 16 meter. Ia juga cuma bisa jatuh dari ketinggian sekitar 1,6 meter.

Tapi, yang bikin Ricoh WG-50 istimewa adalah LCD-nya yang gampang beradaptasi dengan kondisi sekitar. Selain itu, mode underwater-nya juga punya white balance yang bisa ngeluarin warna merah yang biasanya luput diambil sama kamera lain. Harganya lumayan murah, yakni sekitar Rp 3,1 juta.

Nah, mana nih yang paling kamu suka?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

Temui Irene Komala, si “Pink” yang Suka Jalan-Jalan

Itinerary

Cerita di Balik Desa Wisata Sumberbulu, Karanganyar

Itinerary

Nuansa Khas Pedesaan Surabaya di Kayoene

Itinerary

Barn Event Hire, Kafe dengan Konsep Taman Terbuka di Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *