Itinerary

Kamu Bisa Masuk ke Bali lewat 4 “Pintu Gerbang” Ini

Kayaknya nggak terbantahkan kalau destinasi wisata paling favorit di Indonesia adalah Bali. Dulu, sebelum destinasi-destinasi wisata lain dipopulerkan oleh internet, adalah impian setiap pejalan Indonesia untuk ke Bali. Pulau Dewata memang punya sejuta atraksi. Makanya para pejalan berbondong-bondong ke sana.

Nah, omong-omong soal perjalanan ke Bali, pintu gerbang menuju Pulau Dewata yang bisa dilewati para pejalan ternyata nggak cuma satu atau dua, Sob. Setidaknya, ada empat pintu gerbang Bali:

ke bali

Bali bagian selatan tampak dari udara/Fuji Adriza

1. Bandara Ngurah Rai

Namanya bandara alias bandar udara, tentu saja Bandara Ngurah Rai adalah pintu gerbang Bali kalau kamu ke sana naik pesawat. Bandara Ngurah Rai ada di Kabupaten Badung, nggak seberapa jauh dari atraksi wisata paling tenar di Bali, yakni Pantai Kuta.

Bandara Ngurah Rai adalah bandara internasional. Jadi bandara ini rame banget. Penerbangan menuju Bandara Ngurah Rai tersedia hampir dari seluruh kota-kota besar di Indonesia. Tapi, meskipun rame, bandara ini keren dan teratur selayaknya bandara kelas internasional pada umumnya.

2. Pelabuhan Gilimanuk

Kalau Bandara Ngurah Rai adalah terminalnya pesawat, Pelabuhan Gilimanuk adalah tempat kapal ferry dan kapal LCC berlabuh. Posisinya ada di sebelah barat Pulau Bali, di Kabupaten Jembrana. Pelabuhan Gilimanuk adalah pintu gerbang Bali kalau kamu bepergian dari arah Pulau Jawa.

Dari Pelabuhan Gilimanuk, Kota Denpasar masih lumayan jauh, sekitar 130 km. Karena itu, kamu mesti lanjut naik bis selama sekitar 3-4 jam. Dari Terminal Gilimanuk, kamu juga bisa sekalian cari angkutan buat ke Padang Bai di ujung timur, meskipun tetap saja kamu bakalan lewat Denpasar.

pintu gerbang bali

Pelabuhan Padang Bai via skygrapher.com/Novrizal Herdananto

3. Pelabuhan Padang Bai

Kalau di sebelah barat Bali ada Pelabuhan Gilimanuk, di sebelah timur ada Pelabuhan Padang Bai. Pelabuhan ini adalah pintu gerbang Bali dari arah timur, dari arah pulau tetangga, yakni Lombok.

Jadi, kalau kamu traveling ke Lombok langsung naik pesawat, sepulang dari sana kamu bisa mampir ke Bali dengan cara naik ferry dari Pelabuhan Lembar di Lombok. Perjalanannya bakal berlangsung sekitar 4-5 jam tergantung cuaca. Kalau cuaca lagi bagus, kamu bakal cepat nyampe. Cuaca lagi nggak enak, ya agak lama.

4. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa di dekat Kota Denpasar juga adalah pintu gerbang Bali. Pelabuhan ini adalah tempat berlabuhnya kapal Pelni dan juga kapal-kapal menuju Gili.

Jadi, kalau misalnya di Gili Trawangan kamu kehabisan tiket kapal cepat menuju Sanur, Tanjung Benoa bisa jadi pilihan alternatif. Dari Tanjung Benoa, kamu bisa naik taksi atau angkutan lain ke tempat kamu menginap.

pintu gerbang bali

Pantai Sanur/Rendy Cipta Muliawan

5. Sanur

Sanur yang terletak di sisi timur Bagi bagian selatan juga adalah pintu gerbang Bali. Dari Sanur, kamu bisa naik kapal cepat ke Tiga Gili di pesisir barat Pulau Lombok.

Jadi, dari Gili Trawangan kamu bisa langsung ke Sanur tanpa harus lewat Pelabuhan Lembar dan menyeberang sampai ke Pelabuhan Padang Bai. Tapi, karena kapal-kapal cepat Sanur-Tiga Gili kebanyakan dikelola oleh swasta, harganya agak sedikit lebih mahal ketimbang tiket ferry Padang Bai-Lembar.

Jadi, kamu udah pernah lewat pintu gerbang Bali yang mana aja nih, Sob?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
ItineraryNusantarasa

Santapan yang Lahir dari Kesengsaraan

Itinerary

Desa Muncar dan Kopi Temanggung

Itinerary

Memahami Lebih Dalam tentang Permakultur

Itinerary

5 Destinasi Budaya 'Memorable' ala Jovita Ayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *