Events

“Menakar yang Gentar dan Gemetar” di Ruang Seni Rupa

Kalau kamu lagi lelah menghadapi semuanya—sekolah, pekerjaan, dagelan politik—nggak ada salahnya buat traveling ke Jogja dan mampir ke Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK). Kenapa? Soalnya bulan November-Desember ini bakalan ada salah satu acara khas PSBK, yakni pameran Ruang Seni Rupa (RSR). Kamu bisa relaks di Jogja sambil menikmati seni.

Seniman yang ambil bagian adalah mereka yang terpilih untuk ikut program Seniman Pasca-terampil (SPt) 2018. Ada tujuh orang yang berasal dari disiplin yang berbeda. Mereka adalah Istifadah Nur Rahma (teater), Slamet Irfan (teater dan musik), M.T. Gilang Anfasha Nasution (rupa), Nurina Susanti (rupa), Regina Gandes Mutiary (musik dan teater), Sri Kasih Hasibuan (teater dan tari), dan Wijil Sinang Purba (teater dan film).

Judul RSR kali ini—sebagaimana judul-judul sebelumnya—lumayan nakal, Sob, yakni “Menakar yang Gentar dan Gemetar.” Pameran ini bakalan seru. Soalnya, ini adalah hasil pengamatan dan perenungan para seniman terhadap kondisi masyarakat yang heterogen. Pastinya bakal relevan banget sama situasi sekarang.

Poster Ruang Seni Rupa November-Desember 2018

Poster Ruang Seni Rupa November-Desember 2018/PSBK

Menurut penanggung jawab program, Teguh Hari Prasetyo, dalam siaran pers, “Ketujuh seniman akan membagikan pengalaman baik dengan melihat ke luar ataupun melihat ke dalam diri sendiri, dalam konteks berkesenian. Karena dalam pilihan berkesenian juga selalu muncul dua sisi bertentangan, baik dalam diri sendiri maupun dalam masyarakat kesenian. Proses ini kemudian menjadi pencarian, bagaimana memahami faktor-faktor yang memunculkan kondisi tersebut dan bagaimana masing-masing individu meresponnya.”

Sepulang dari RSR November-Desember ini, kamu bakal merasa bahwa kamu nggak sendirian. Kegelisahan dan kegeraman yang kamu rasakan juga dirasakan oleh orang lain—setidaknya oleh para seniman yang menampilkan karya.

Kapan dan di mana?

Pembukaan pameran RSR November-Desember ini bakal diadakan tanggal 16 November 2018 pukul 19.30. Pamerannya sendiri bakal berlangsung dari mulai tanggal 16 November-1 Desember 2018. Dari Selasa sampai Sabtu pukul 11.00-18.00, kamu bebas mengunjungi pameran ini.

Lokasinya adalah di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Ds. Kembaran RT 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY. Kabar baiknya, untuk menonton Ruang Seni Rupa, kamu nggak perlu bayar serupiah pun alias gratis.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Events

Sekolah TelusuRI Semarang #6: TelusuRI Sejarah Jalur Kota Lama–Pecinan

Events

5 Event Seru Bulan Agustus 2019

Events

Festival Cheng Ho 2019

Events

ASEAN Contemporary Dance Festival 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *