Itinerary

Baca Ini Dulu sebelum Traveling ke Museum Tubuh

Nggak seperti namanya yang mencerminkan sesuatu yang keras, susah dibentuk, dan tidak menarik—kecuali bagi ahli geologi—Batu adalah sebuah kota yang penuh pesona. Kenapa? Soalnya di sini banyak banget atraksi wisata.

Salah satu atraksi wisata yang ada di Batu adalah The Bagong Adventure—Museum Tubuh. Jalan-jalan ke Museum Tubuh bakal ngasih kamu sensasi yang beda. Soalnya, di sini kamu bisa mengintip rahasia tubuh manusia; tubuhmu sendiri. Kalau kamu penasaran buat ke sana, mending baca dulu beberapa informasi penting berikut:

1. Satu kompleks dengan Jatim Park I

museum tubuh

Pintu masuk museum/Vidiadari

Museum tubuh nggak seperti museum kebanyakan, yang muram, penuh debu, dan kusam. Museum ini penuh warna. Pintu masuknya saja unik, yakni mulut Bagong!

Terletak di Jl. Kartika No. 2, Kota Wisata Batu, Museum Tubuh satu kompleks dengan Jatim Park I. Jadi, kamu bisa sambil menyelam minum air. Setelah memacu adrenalin di wahana-wahana seru Jatim Park I, kamu bisa ngatur napas sambil mengagumi objek-objek menarik di Museum Tubuh.

2. Museum tubuh manusia yang pertama dan terbesar di Indonesia

museum tubuh

Ornamen berupa otak manusia/Vidiadari

Dibuka tahun 2014 lalu, The Bagong Adventure adalah museum tubuh pertama, terbesar, dan terlengkap di Indonesia. Nggak cuma itu, dalam brosur The Bagong Adventure, pengelolanya mengklaim bahwa atraksi wisata ini adalah museum tubuh terbesar di Asia Tenggara.

Hampir semua bagian tubuh “dibahas” di Museum Tubuh. Ada zona khusus gigi, hidung, telinga, otak, mata, paru-paru, hati, ginjal, usus, lambung, jantung, pembuluh darah, sampai tulang sendi. Museum ini jadi makin menarik karena dilengkapi dua ruang untuk beraktivitas, tempat kamu bisa mencoba alat-alat peraga interaktif.

3. Punya spesimen manusia asli

museum tubuh

Percabangan bronkus paru-paru/Vidiadari

Mahasiswa kedokteran—atau anak SMA yang pengen kuliah kedokteran—pasti seneng banget ke Museum Tubuh. Soalnya, museum ini punya salah satu zona yang berisi koleksi cadaver alias jasad manusia yang diawetkan dengan teknik plastinasi.

Kayaknya, selain di lab-lab fakultas kedokteran, nggak ada lagi deh tempat yang punya koleksi cadaver sebanyak Museum Tubuh. Tapi, Sob, jangan bawa ponakan kamu yang masih balita ke sini, soalnya ini areal khusus buat yang umurnya di atas 18 tahun.

4. Pernah diliput Kick Andy dan DR OZ

museum tubuh

Salah satu sudut museum/Vidiadari

Popularitas museum ini jadi meroket setelah diliput dua program acara di televisi. Pada bulan Juli 2015, Museum Tubuh diliput oleh Kick Andy. Beberapa bulan kemudian, yakni November 2015, giliran DR OZ yang berkunjung ke museum ini.

Tentu kedua program televisi itu nggak sembarangan milih lokasi liputan. Kalau museum ini nggak unik dan nggak punya keistimewaan, nggak mungkin acara-acara televisi itu repot-repot pergi liputan ke Kota Batu.

5. “Weekdays” dapat diskon

museum tubuh

Daftar harga tiket masuk/Vidiadari

Kalau dibanding-bandingin dengan apa yang kamu dapatkan setelah berkunjung, harga tiket museum ini sebenarnya nggak seberapa, Sob.

Harga tiket masuk pas akhir pekan adalah Rp 70.000 per orang. Kalau mau sekalian dengan tiket masuk Jatim Park I, kamu cuma perlu bayar Rp 130.000. Tapi, kalau kamu ke sana pas weekdays, kamu bakal dapat diskon lumayan banyak, yakni 30%!

Jadi gimana? Kapan ke The Bagong Adventure—Museum Tubuh?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Naik Gunung Sendirian, Inilah 4 Hal yang Bakal Kamu Dapatkan

Itinerary

5 Rekomendasi Kafe untuk Ngopi Asyik di Semarang

Itinerary

Mau Naik Gunung Musim Kemarau? Jangan Lupakan 5 Benda Berikut

Itinerary

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Mendaki Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *