ItineraryPilihan Editor

Refleksi Hidup Untuk 2021 yang Lebih Baik Lagi

Hai, gimana harinya? Bagaimana awal Januari dan tahun barunya? Apakah sudah lebih baik dari hari-hari sebelumnya?

Tahun 2020 memang bukanlah tahun yang mudah untuk dihadapi. Ada banyak rintangan yang datang silih berganti. Rasanya baru bahagia dan senang sebentar, eh kesedihan sudah datang lagi. Tapi bukankah dua fase besar dalam hidup adalah bahagia dan sedih, ya? Jadi meskipun sulit, meskipun sakit, mau tidak mau suka dan tidak suka harus diiyakan dan diterima hadirnya.

Banyak lika-liku hidup yang mengajarkan kita menuju proses pendewasaan. Apapun itu pasti alasannya adalah tidak lain dan tidak bukan untuk membuat kita semakin dewasa. Untuk setiap yang datang, pergi, dan bertahan. Dan untuk setiap perjalanan pulang ataupun pergi. Berikut adalah refleksi hidup untuk 2021 yang lebih baik lagi.

helobagas

1. Bangun di Pagi Hari

Bangun di pagi hari untuk masa-masa pandemi yang bersama kita lewati memanglah hal yang lumayan sulit. Kebiasaan tidur malam untuk menghabiskan drama korea atau film kesukaan kita memang membuat jam tidur jadi lumayan terganggu. Belum lagi tentang bagaimana pikiran kita yang di kala malam jadi semakin riuh. Namun percayalah, dengan bangun di pagi hari ada banyak sekali hal-hal yang bisa kamu lakukan dengan lebih baik lagi. Menyusun hari ini akan melakukan apa saja dan bisa menyempatkan untuk jalan-jalan pagi keliling sekitar tempat tinggal.

2. Memaafkan Orang Lain

Memaafkan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi harus memaafkan kesalahan yang rasanya masih sulit untuk dihilangkan rasa sakitnya. Tapi, mau sampai kapan dirimu sendiri dihantui oleh perasaan berat dan bersikeras untuk menyimpan dendam? Mau sampai kapan kamu menutup diri dengan segala rasa benci terhadap seseorang? Karena dengan memaafkan, semua yang terikat dan bikin sesak jadi terasa lebih lega.

3. Mengurangi Ekspektasi

Mungkin banyak dari kita yang sudah mengetahui bahwa berekspektasi sama saja bersiap untuk harus menerima rasa kecewa yang akan datang di kemudian hari. Berharap yang terbaik tidak selamanya salah. Namun ada baiknya untuk tidak terlalu menaruh harapan, apalagi kepada orang lain. Selalu ingat bahwa, membahagiakan dirimu sendiri adalah kewajiban dirimu, bukan orang lain. 

4. Perbanyak Eksekusi

Hei, sudah berapa kali mimpi yang kemudian jadi sekadar mimpi begitu saja, hanya karena kamu tidak segera memulai Langkah pertama? Tahun 2020 memang sulit, namun akan selalu terbuka jalan dan pintu yang lebar untuk orang-orang yang berani mencoba. Jadi jangan lagi takut dengan omongan orang lain yang justru tidak sepenuhnya tahu tentang diri kita. Udah jalan aja dulu. Nanti mereka juga tahu dengan sendirinya kalau kamu sudah berhasil.

5. Jangan Malu untuk Belajar dan Bertanya

Jangan pernah takut merasa bodoh apabila banyak bertanya. Justru karena adanya ketidaktahuan maka pertanyaan itu ada sebagai cara untuk dapat jawaban. Jangan malu juga untuk belajar banyak hal. Percayalah, dunia yang bergerak sedemikian cepatnya juga butuh kamu yang ingin berkembang dan terus belajar. Jadikan tahun 2021 ini sebagai tahunmu untuk bisa lebih memahami apa yang kamu ingin, dan terus mengejar apa yang ingin kamu tuju.

6. Beri Sejenak Waktu untuk Ngobrol dengan Diri Sendiri

Terkadang yang membuat diri merasa capek dan mudah lelah akan semua hal adalah, karena kita seringnya terlalu banyak memaksakan sesuatu. Bekerja terlalu keras sampai lupa dan memperhatikan diri sendiri. Biasanya yang membuat jenuh adalah terus melakukan sesuatu hal yang tidak hati dan diri sendiri inginkan. Bukan bermaksud cengeng, namun…  bekerja dengan hati akan terasa lebih indah dan nyaman. Beri waktu untuk ngobrol tentang apa yang harus terus diperjuangkan dan apa yang harus dilepas agar tidak terus menerus menjadi beban. Jadi, coba untuk ngobrol sama diri sendiri ya.

7. Lebih Banyak Lihat Alam daripada Lihat Kehidupan Orang Lain

Kalau lihat kehidupan orang lain mungkin rasanya hidup kita akan selalu merasa kurang. Bagai rumput tetangga yang jauh lebih hijau, mungkin kita tidak pernah tahu pasti bagaimana keadaan aslinya. Terus melihat ke atas apabila jadi motivasi dan inspirasi sangat baik, namun bagaimana kalau jadi timbul rasa iri? Membandingkan dengan yang orang lain punya tapi diri sendiri tidak? Padahal jika berbincang tentang kepemilikan, kita juga punya kok. Mungkin saja dalam bentuk yang berbeda. Untuk mengurangi rasa iri itu, bisa dengan jalan-jalan lihat alam, atau dimasa-masa seperti ini bisa dengan jalan-jalan sore keliling komplek. Lihat pepohonan, rumput dan daun yang jatuh, matahari yang sinarnya berubah menjadi jingga, dan banyak lagi.

8. Jangan Insecure Lagi Ya!

Percaya deh kamu itu keren dan unik. Jangan biarkan perkataan mereka, standar mereka, justru jadi mengekang apa yang kamu inginkan. Terus berjalan dan terus bersinar dengan caramu sendiri. Karena kalau kita tahu apa yang kita lakukan, tujuan, serta mimpi yang akan diraih. Itu akan menambah value kita sebagai manusia. Jadi gak semuanya selalu tentang fisik ya.

9. Terus Jadi Orang Baik

Jadi orang baik memang capek, sulit, dan kadang dikecewakan. Tapi percayalah bahwa tidak ada yang sia-sia dari berbuat baik itu sendiri. Karena dengan berbuat baik, akan mempertemukan kita dengan niat, kesempatan, dan orang-orang baik juga. Dunia butuh banget orang kayak kamu, jadi jangan sampai ada alasan sedikit pun untuk jadi jahat ya!

Melancholic Person who writes deep feelings & intimacy. I talk about love & life in my podcast ‘Kita & Waktu’ only on Spotify. Instagram; helobagas.

Avatar

Melancholic Person who writes deep feelings & intimacy. I talk about love & life in my podcast ‘Kita & Waktu’ only on Spotify. Instagram; helobagas.
Artikel Terkait
Itinerary

Menelisik Sejarah di Lembah Tumpang

Itinerary

Film Balada Si Roy: Bukan Sekadar Bahan Nostalgia

Itinerary

Belajar Fotografi Bersama Arbain Rambey

ItineraryNusantarasa

Sehari Memanjakan Perut dengan Beragam Kuliner Khas Sulawesi Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *