Itinerary

Referensi-referensi “Online” untuk Menyusun Itinerary

Kita udah sering banget bahas soal itinerary. Tapi, sebenernya referensi buat bikin itinerary itu bisa kita cari di mana, sih?

Di zaman digital ini, referensi buat bikin itinerary gampang banget dicari. Tinggal masukin serangkaian kata kunci aja, kamu akan menemukan referensi-referensi yang kamu inginkan, entah dari website perjalanan, blog, forum, atau bahkan situs online booking transportasi dan akomodasi.

Buat lebih lengkapnya, yuk swipe up!

1. Website perjalanan

Website perjalanan bakalan ngasih kamu informasi-informasi umum tentang sebuah destinasi atau atraksi—lokasinya, jam buka, biaya masuk, dll. Setidaknya, setelah buka-buka website perjalanan, kamu bisa membayangkan kira-kira apa yang bakal kamu hadapi di sana. Informasi itu bakalan berguna banget untuk membuat itinerary.

Nah, di antara banyak website perjalanan yang sekarang eksis di Indonesia, ada dua yang sekarang lagi rame banget, yakni phinemo.com dan travelingyuk.com.

2. Blog

Membaca tulisan-tulisan di blog bakalan menambah detail itinerary kamu. Karena tulisan di blog biasanya dibuat dari sudut pandang orang pertama, kamu bisa dapat informasi tentang cara menuju satu tempat, atau trik-trik yang bakal berguna supaya perjalananmu jadi makin lancar.

Sekarang banyak banget blog tentang perjalanan. Tinggal masukin kata kunci sebuah destinasi di Google, kemungkinan besar kamu bakalan menemukan banyak blog yang di dalamnya banyak banget postingan yang bakal membantu kamu membuat itinerary.

3. Forum

Forum-forum traveling juga pas banget buat kamu jadiin referensi membuat itinerary. Kenapa? Soalnya informasinya biasanya up-to-date banget. Meskipun thread yang kamu baca mungkin udah agak lama, kolom komentarnya biasanya bakalan ngasih kamu informasi-informasi terbaru.

Kalau untuk traveling dalam negeri, kamu bisa main ke backpackerindonesia.com atau forum traveller di Kaskus. Selain nyari informasi, di forum-forum kamu juga bisa sekalian nyari travel buddy.

4. Situs online booking

Salah satu yang paling seru dari membuat itinerary adalah mencari penginapan dan moda transportasi yang cocok buat kamu gunakan saat bepergian. Kalau dulu informasi soal ongkos dan biaya penginapan agak susah didapat, sejak ada situs online booking, kamu bisa tahu kisaran biaya menginap di suatu tempat.

Selain itu, tentu saja kamu juga bisa sekalian memesan kamar di situs online booking itu. Kalau lagi beruntung, kamu bakalan bisa dapat harga promo yang jauh lebih murah ketimbang harga reguler.

5. Instagram

Sekarang buanyak banget akun Instagram tentang perjalanan. Di sana, kamu bisa memilih destinasi-destinasi apa saja yang bakal kamu kunjungi. Dari caption-caption singkat di feed Instagram, kamu juga bisa dapat informasi yang bisa banget kamu gunakan saat membuat itinerary.

Gampang banget buat nyari informasi soal destinasi di Instagram. Yang perlu kamu lakukan cukup hanya memasukkan tagar yang kira-kira berhubungan dengan destinasi itu. Informasinya terkini banget. Kadang, informasi soal destinasi dan atraksi di Instagram jauh lebih terkini dibanding website, blog, atau forum-forum perjalanan.

Gimana? Udah nggak bingung lagi ‘kan nyari referensi untuk membuat itinerary?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
ItineraryNusantarasa

Berburu Kuliner Bersejarah Khas Salatiga (1)

ItineraryNusantarasaPilihan Editor

Nasi Jangkrik, Kuliner Warisan Sunan Kudus

ItineraryPerjalanan Lestari

Ngeteh Sore di Artani, Toko Curah Ramah Lingkungan Pertama di Makassar

Itinerary

Gunung Bantur dalam Bingkai Kintamani

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.