#dirumahaja

Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama PPKM

Selama PPKM ini mungkin memunculkan perasaan-perasaan familiar yang sempat dirasakan pada saat PSBB tahun lalu. Stagnan, bosan, dan stress menjadi sesuatu yang lazim dirasakan oleh banyak masyarakat Indonesia saat ini. Bagi beberapa orang, penyebab stress bisa karena pekerjaan akibat ekonomi yang sedang sulit, bagi yang lain, mungkin akibat tidak bisa bertemu keluarga selama Idul Adha. Selain itu, berita – berita dan kabar duka menambah beban mental kita sebagai makhluk sosial. 

Mungkin saat ini kita lebih banyak bertanya kabar ke teman dan keluarga lewat media sosial, tapi mungkin ini jadi saat yang tepat untuk menanyakan kabar ke diri sendiri. Apakah kamu baik – baik saja? 

Jika kamu sedang tidak baik – baik saja dan merasa mengalami stress ada beberapa kiat yang bisa dilakukan di rumah nih. Tentunya selain nonton drama Korea ya, ternyata menurut penelitian, orang yang berolahraga secara teratur cenderung lebih jarang mengalami kecemasan dan dapat menurunkan produksi hormon penyebab stress. Seperti banyak hal lainnya, di masa pandemi ini olahraga juga bisa dilakukan dari rumah loh, berikut caranya!

1. Zumba lewat Zoom

Banyaknya gym yang harus tutup akibat pandemi membuat para instruktur, pelatih dan pengusaha sasana olahraga harus putar otak cari alternatif agar konsumennya bisa tetap sehat di rumah. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti sesi olahraga online.

Banyak instruktur yang membuat kelas online seperti zumba, aerobik atau strength training secara independen namun tidak sedikit yang bergabung dalam sebuah wadah seperti DOOgether atau DOOlive.

Disamping itu, mega gym waralaba Indonesia kini juga tidak mau kalah dengan mulai menyediakan kelas – kelas olahraga online. Kelas online di atas memang perlu merogoh kantong, namun kelebihannya adalah bisa mendapat teman baru sehingga bisa lebih semangat selama mengikuti gerakan bersama.

2. Workout lewat YouTube

Namun jika kamu merasa lebih suka berolahraga sendiri mungkin olahraga yang satu ini bisa dicoba. Bermodalkan tekad, niat, ponsel dan internet yang kuat kamu juga bisa sehat. Dari sekian banyaknya video olahraga di YouTube, berikut beberapa kanal pilihan dari TelusuRI.

Bagi yang suka seru – seruan joget sambil denger lagu, kalian bisa membuka kanal The Fitness Marshall dan Fitseveneleven workout dance. Bersama mereka kamu akan diajak joget seru dan bergerak bareng sambil diiringi lagu.

Video The Fitness Marshall rata – rata berdurasi 3 – 4 menit, sehingga mungkin bisa diulang beberapa kali sekuatnya. Sedangkan Fitseveneleven berdurasi 25 – 29 menit, namun gerakannya cenderung lebih mudah diikuti dibandingkan The Fitness Marshall.

Selain kedua kanal ini ada kanal lain yang juga mengajak kalian bergerak dengan lagu – lagu asik nih. Di SKWAD Fitness kalian bisa mengikuti gerakan – gerakan aerobik selama 10 – 20 menit, tergantung seberapa banyak waktu yang kalian punya untuk berolahraga. 

Bagi yang lebih memilih melatih kekuatan otot, tenang, kanal POPSUGAR Fitness dan Juice & Toya bisa jadi pilihan nih. Banyak video dari kanal mereka yang mengajak kalian bergerak dan melatih otot – otot yang sudah lama tak terlatih selama kerja dari rumah. Video olahraga bodyweight, toning, dan core training bisa dicoba di sini nih. 

Selain kanal – kanal yang TelusuRI sebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi kanal dan video olahraga lain yang bisa kamu tonton dan ikuti. Ada tipe kalistenik yang memaksimalkan penggunaan berat tubuh sebagai beban, ada juga gerakan beladiri simpel yang bisa kamu praktekkan di rumah. Bahkan kamu yang merasa sebagai extremely lazy person, ada beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan hanya dengan rebahan. 

Apapun tipe olahraga kamu, biasakan untuk bergerak aktif dalam sehari untuk menjadikan badan sehat dan bugar. Jangan lupa diimbangi istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi. Selamat berolahraga, Sob!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.
Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
#dirumahajaItinerary

5 Rekomendasi Tur Virtual Seru buat Temani PPKM Kamu

#dirumahajaItinerary

Rekomendasi Buku Cerita Anak yang Indonesia Banget

#dirumahajaItinerary

Rekomendasi Buku Perjalanan yang Akan Membuat Kamu Traveling Selama PPKM

#dirumahajaItinerary

Menyambut Tahun Baru 2021 #dirumahaja? Nggak Masalah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Worth reading...
Sepinya Aktivitas di Boyolali Saat PPKM