Itinerary

Pejalan! Inilah 4 Cara Melipat Baju untuk Traveling

Meskipun berkemas (packing) adalah salah satu tahap yang paling seru saat traveling, kadang kamu pasti suka kesel juga pas ngelipat baju. Ngelipat baju memang gampang-gampang susah. Nggak jarang juga ‘kan kamu ngalamin kasus begini: sudah tekun-tekun ngelipat, eh akhirnya malah berantakan.

Tapi tenang aja, Sob. Khusus buat kamu, ini TelusuRI kasih 4 cara melipat baju untuk traveling:

1. Melipat KonMari ala Marie Kondo

Kayaknya cara melipat baju untuk traveling yang paling populer sekarang—khususnya di YouTube—adalah KonMari. Nama metode melipat ini berasal dari nama orang yang mempoplerkannya, yakni Kondo Marie alias Marie Kondo.

Caranya sebenarnya hampir sama kayak cara melipat yang biasanya kamu lakukan. Bedanya, hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah membagi segmen lipatan menjadi tiga, bukannya dua kayak biasanya. Metode KonMari ini bisa menghemat ruang dalam ranselmu.

2. Metode menggulung ala tentara atau “army roll method”

Cara melipat baju untuk traveling berikut juga lagi populer sekarang. Sebagian menyebut nama tekniknya sebagai army roll method, sebab beginilah para tentara melipat bajunya saat hendak pergi bertugas.

Kalau wujud akhir lipatan KonMari adalah kotak pipih, wujud akhir army roll method adalah silinder. Langkah pertamanya adalah melipat bagian bawah baju. Kemudian sisi kanan dan kiri baju dilipat ke tengah seperti biasa. Selanjutnya baju digulung dari arah leher menuju bawah. Langkah terakhir adalah memasukkan gulungan itu ke dalam kantong yang tercipta dari lipatan yang sudah kamu buat pada langkah pertama.

3. Melipat cepat ala Jepang

Metode ini pas banget buat kamu yang suka berkemas di saat-saat terakhir. Kenapa? Soalnya cara ini benar-benar cepat. Kamu cuma perlu bermanuver sedikit tanpa harus repot-repot melipat ini dan itu.

Cara ini efisien banget dan sama sekali nggak bakal menguras energi. Kalau dihitung-hitung, untuk melipat baju cara Jepang ini, kamu cuma perlu melakukan tiga langkah!

4. Melipat kemeja supaya nggak kusut

Semales-malesnya melipat kaos, lebih males lagi kalau disuruh melipat kemeja. Apalagi kemeja yang kaku. Tapi tenang saja, Sob. Ternyata ada tutorial buat melipat kemeja supaya nggak kusut setiba di tujuan.

Caranya agak beda dari melipat biasa. Kalau cara melipat biasa dimulai dari belakang, melipat kemeja buat traveling dimulai dari depan. Lengan dibuat menyilang, lalu kedua sisi dilipat ke tengah, baru kemudian dibagi tiga segmen sampai bagian lehernya tertutupi.

Gimana? Menarik, ‘kan? Atau kamu punya cara melipat baju untuk traveling ala kamu sendiri?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

Desa Muncar dan Kopi Temanggung

Itinerary

Memahami Lebih Dalam tentang Permakultur

Itinerary

5 Destinasi Budaya 'Memorable' ala Jovita Ayu

ItineraryPilihan Editor

Rumapala dan Cerita Memberdayakan Pala Banda

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *