Itinerary

Warung-warung Makan Favorit di Jogja

Selain atraksi wisata alam dan budaya, yang bikin pejalan tertarik buat ke Jogja adalah harga makanan yang murah. Nah, yang jadi masalahnya, kalau kamu makannya di tempat-tempat turistik, harganya bakalan jadi sama aja dengan di kota-kota lain—bahkan lebih mahal.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir. Ini TelusuRI kasih beberapa jenis warung yang biasanya dijadiin tempat makan oleh orang lokal Jogja:

1. Gudeg

Salah satu julukan Jogja apa, Sob? Yak! Bener! Kota Gudeg. Sebagai Kota Gudeg, ya pastilah di Jogja banyak banget orang yang jualan gudeg. Nah, di Jogja, biasanya gudeg dijual kalau enggak pagi hari ya malam hari.

Pagi-pagi, kamu bisa menemukan gudeg di trotoar-trotoar pinggir jalan utama. Biasanya sih di daerah-daerah yang deket kampus, misalnya Jalan Kaliurang bawah, Jalan Affandi/Gejayan, atau di daerah Babarsari. (Di pinggir Selokan Mataram dekat UGM banyak banget warung gudeg—tapi agak mahal.) Kalau malam hari, biasanya setelah jam 9 kamu bisa menemukan gudeg di daerah Jalan Affandi/Gejayan.

2. Angkringan

Warung makan yang satu ini ada di penjuru Jogja. Hampir di setiap sudut ada. Angkringan ini jadi favorit orang lokal Jogja karena harga makanannya yang murah banget.

Tapi—ya, itu—porsinya juga irit banget. Makanya kalau ke Angkringan kamu mesti bisa nahan diri. Salah-salah, karena kamu ambil makanannya banyak, kamu bayarnya sama aja kayak makan di restoran biasa.

3. Burjo/warmindo

Burjo, yang sekarang udah di-rebrand jadi warmindo, adalah tempat makan favorit anak kos. Alasannya ya apa lagi kalau bukan karena murah.

Makanan di burjo ini bersahaja banget, dari mulai bubur kacang ijo, indomie, nasi goreng, sampai nasi telor. Kalau kamu penggemar gorengan, di burjo juga biasanya ada beberapa macam gorengan seperti bakwan, tahu isi, dan tempe goreng.

4. Warung penyetan

Penyetan juga jadi salah satu tempat makan favorit orang Jogja. Biasanya sih penyetan ini bukanya mulai sore sampai tengah malam. Meskipun bisa ditemukan di mana-mana, penyetan paling banyak di daerah kampus.

Makanannya sederhana. Cuma ayam, lele, ikan, tahu, telor, tempe, terong, dan goreng-gorengan, yang… digoreng dan dimakan pakai aneka sambal. Makan penyetan ini pas banget kalau ditemani dengan es teh atau es jeruk.

5. Ramesan

Yang dijual di warung ramesan adalah… nasi rames. Kamu bisa pilih lauk yang sesuai dengan kantong kamu. Di warung ramesan biasanya tersedia berbagai macam lauk, dari mulai tahu, tempe, terong, sampai ikan, daging, dan ayam. Lengkap dengan sayur, tentunya.

Ramesan ini banyak banget dekat kawasan kampus, dan kebanyakan bukanya di siang hari. Tapi banyak juga ramesan yang buka malam hari, misalnya di perempatan Jalan Affandi sebelah selatan (deket Empire XXI).

6. Warung bakmi jawa

Warung bakmi jawa biasanya buka mulai dari sore hari sampai tengah malam atau dini hari. Sama seperti angkringan, warung bakmi jawa ada di mana-mana. Gampang banget dijumpai, pokoknya.

Meskipun namanya warung bakmi jawa, yang dijual di sini bukan cuma bakmi goreng dan bakmi rebus aja, tapi juga nasi goreng (atau nasi rebus), magelangan, cap jay, dll. Biasanya tiap-tiap warung bakmi jawa punya spesialisasinya masing-masing. Ada yang olahan bakminya enak, atau ada juga yang olahan nasinya enak.

7. Warung bakso/mie ayam

Orang lokal Jogja juga seneng banget makan bakso dan mie ayam. Harganya lumayan murah dan ada di mana-mana.

Nah, di warung bakso atau mie ayam itu, kamu juga bisa nyicipin yang namanya mie ayam bakso. Seperti namanya, isinya itu mie ayam yang diberi tambahan beberapa butir bakso. Ditambah pangsit, rasanya juara!

Kamu sendiri biasanya kalau ke Jogja makan di mana, Sob?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

5 Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi saat di Lembang

Itinerary

Jalan-jalan ke Curug Cipamingkis, Bogor

Itinerary

Cerita dari Kampung Adat Kuta, Ciamis

Itinerary

Tempat-Tempat yang 'Hilang' di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.