Itinerary

6 Kuliner “Berat” Khas Banjar yang Ada di Pasar Wadai Banjarbaru

Setelah di tulisan sebelumnya kita bahas jajanan, sekarang kita lanjut ke kuliner-kuliner “berat” khas Banjar yang bisa kamu cari di Pasar Wadai.

Uniknya, sebagian besar kuliner berat di Pasar Wadai berbahan dasar ikan, entah ikan air tawar atau ikan air laut. (Menteri Susi pasti senang sekali ke sini). Inilah lima di antaranya:

Ikan bakar

banjar

Ikan patin bakar/Endah Wulandari

Pasti selalu saja ada penjual ikan bakar di Pasar Wadai tiap tahun. Ikan yang dibakar macam-macam, dari mulai ikan patin, ikan mas, sampai ikan haruan.

Ikan bakar khas Banjar biasanya berbumbu merah, sehingga ada campuran rasa manis di bagian kulit ikan. Side dish-nya adalah sayur berkuah dan sambal yang bikin kamu pengen nambah terus!

Pais ikan

banjar

Aneka lauk di Pasar Wadai/Endah Wulandari

Pais atau pepes ikan cocok banget buat kamu yang menghindari makanan yang digoreng.  (Makanan ini salah satu favorit saya.) Beragam ikan bisa dimasak jadi pais, misalnya ikan mas dan ikan patin.

Pepes ikan biasanya berbumbu bawang merah dan bawang putih serta ditambah rempah-rempah seperti lengkuas dan daun salam. Pais ikan ini jadi wangi dan lezat karena melewati dua tahap pemasakan. Pertama dikukus dan kedua dibakar/diasap.

Urap

banjar

Urap dan makanan-makanan khas Banjar lainnya/Endah Wulandari

Setelah bicara soal dua menu ikan, waktunya membahas menu sayuran. Di Pasar Wadai juga banyak yang menjual urap (di Jogja disebut gudangan). Urap adalah sayur rebus yang disajikan dengan kelapa parut yang sudah dibumbui.

Parutan kelapa di Banjarbaru biasanya berwarna kuning karena kunyit yang dipakai agak banyak. Selain itu, parutan kelapanya juga cenderung kering, tidak seperti gudangan yang lebih basah. Urap biasanya jadi teman makan pepes ikan.

Sayur umbut dan keladi

banjar

Sayur umbut dan keladi/Endah Wulandari

Umbut adalah bagian batang paling lunak di bagian dalam pohon kelapa. Warnanya putih dan biasanya dijadikan sayur. Umbur punya tekstur keras dan renyah dengan rasa sedikit manis (seperti rasa daging buah kelapa muda) dan biasanya dimasak dengan kuah santan.

Nah, resep kuah untuk sayur umbut ini juga hampir serupa dengan kuah sayur keladi atau talas. Kedua sayur ini paling pas buat menemani ikan bakar—apalagi ditambah sambal!

Cacapan iwak haruan

banjar

Sepiring cacapan ikan haruan/Endah Wulandari

Kuliner khas Banjar yang satu ini dijamin akan menggugah selera kamu. Tidak percaya? Coba kita bahas dulu arti cacapan iwak haruan. Cacapan adalah acar yang terbuat dari potongan mangga muda, bawang merah, cabe, dan asam. Sementara itu iwak haruan adalah sebutan lokal bagi ikan gabus.

Nah, cacapan iwak haruan adalah ikan haruan panggang yang dinikmati dengan cacapan dan nasi hangat yang masih mengepul. Sudah terbayang kelezatannya?

Itulah beberapa kuliner berat khas Banjar yang bisa kamu temukan di Pasar Wadai. Jangan lama-lama lihat foto-fotonya. Nanti puasanya batal.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Vidiadari

Merantau dari Banjarmasin ke Yogyakarta sejak 2005. Kadang mencuri waktu untuk jalan-jalan di antara kesibukan meneliti dan mengajar di universitas.
Related posts
#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

Bincang-bincang Dampak COVID-19 pada Industri Pariwisata bareng Womentourism.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *