Itinerary

Kenapa Orang Indonesia Mesti Traveling Menelusuri Indonesia?

Kalau sudah sering mampir ke TelusuRI, barangkali kamu menyadari kalau TelusuRI terus-terusan ngomporin kamu buat menelusuri Indonesia. Tapi, kenapa, sih, kita, sebagai orang Indonesia, mesti traveling menelusuri Indonesia?

1. Untuk membuktikan bahwa Indonesia itu memang luas

Mulai dari sekolah dasar sampai sekarang, kita terus-terusan didoktrin kalau Indonesia itu luas. Tapi nggak semua orang Indonesia bisa membuktikan bahwa Indonesia itu luas. Kenapa? Karena mereka belum menelusuri Indonesia.

Makanya, supaya kamu bisa benar-benar sadar bahwa Indonesia itu luas, kamu mesti menelusurinya. Jelajahi pulau-pulaunya, arungi lautannya, gapai puncak-puncak gunungnya, samperin batas-batasnya.

traveling menelusuri indonesia
Nelayan menyaksikan lumba-lumba (Stenella attenuata) di perairan Pulau Kapota dan Pulau Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, 13 November 2017 via TEMPO/Sakti Karuru

2. Untuk membuktikan bahwa Indonesia itu memang beragam

Kita juga didoktrin bahwa masyarakat Indonesia itu beragam, entah dalam hal budaya maupun kepercayaan. Tapi, sekadar “mengetahui” saja nggak lantas bikin seseorang jadi paham soal keberagaman dan mengerti cara menyikapinya.

Dengan traveling menelusuri Indonesia, kamu bakal jadi memahami arti keberagaman itu. Kamu juga bakalan terbiasa berhadapan dengan saudara-saudara sebangsa yang “warna-warni” itu. Jadi, kalau suatu saat kamu berjumpa dengan saudara-saudara sebangsa dari tempat yang jauh dari tempat tinggalmu, kamu nggak bakalan “salah tingkah” lagi.

Ribuan warga mengikuti upacara tradisional Pekande-kandea (makan bersama) di puncak Festival Budaya Tua Buton, Lapangan Banabungi, Pasarwajo, Buton, Sulawesi Tenggara, Senin, 23 Agustus 2015 via TEMPO/Dewi Nurcahyani

3. Untuk membuktikan bahwa memang masih banyak kesenjangan

Kita sering baca di koran atau nonton berita di TV soal kondisi daerah-daerah di penjuru Indonesia yang masih parah banget. Ada yang belum kedatangan listrik, ada yang belum kemasukan sinyal, ada pula tempat di mana anak-anak kecil di sana mesti jalan kaki puluhan kilometer setiap hari hanya untuk sekolah.

Kadang, berita-berita kayak gitu cuma masuk telinga kanan keluar telinga sebelah kiri, lalu terlupakan. Nah, kalau kamu traveling menelusuri Indonesia, kamu bakal benar-benar tahu bahwa memang banyak kesenjangan di sana. Nanti, dari dalam dirimu pasti bakal muncul keinginan untuk memperbaiknya sesuai dengan kapasitasmu.

Pengendara sepeda motor berusaha melintasi jalan berlubang dan tergenang air di jalan samping Tol Ir. Sutami, Makassar, Selasa, 17 Maret 2015 via TEMPO/Hariandi Hafid

4. Supaya kita nggak mudah dipecah belah

Semakin banyak orang Indonesia yang traveling menelusuri Indonesia, bakal semakin susah juga rakyat Indonesia buat dipecah belah. Kenapa? Karena semua bakal saling mengenal satu sama lain, menghormati tradisi masing-masing, paham persoalan masing-masing, juga menerima segala perbedaan sebagai hal yang bikin Indonesia jadi berwarna.

Jadi, kapan rencana traveling menelusuri Indonesia? Dan ke mana dulu, nih?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

3 Hal yang Bikin Traveling Jadi Kurang Seru

Itinerary

Makanan Seperti Apa yang Tepat Disantap saat Traveling?

Itinerary

5 Ide Liburan Musim Hujan

Itinerary

5 Jurus Jitu yang Bikin Traveling Solo Makin Seru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *