Itinerary

Baca Ini Dulu sebelum Traveling ke Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah salah satu destinasi yang bikin ngiler. Selain indah, kota pelabuhan di Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur ini juga strategis. Dari sana kamu bisa mampir ke habitat keturunan terakhir penghuni “Jurassic Park,” yaitu komodo yang masih betah-betah saja tinggal di Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Dari Labuan Bajo, Pulau Kanawa juga sudah dekat—tapi ya jangan nekat berenang lah.

Labuan Bajo juga jadi gerbang masuk Pulau Flores dan pulau-pulau lain di sisi selatan Nusa Tenggara Timur. Dari sana kamu bisa naik oto melintasi Pulau Flores yang penuh pohon lontar dari timur ke barat, lewat destinasi-destinasi ngehits seperti Cancar dan Wae Rebo di Ruteng, atau Danau Kelimutu di Moni. Untuk ke Kupang, kamu nggak bisa naik oto… soalnya harus menyeberangi lautan.

Suasana dermaga Labuan Bajo di pagi hari/Fuji Adriza

Naik apa ke sana?

Garuda Indonesia punya penerbangan langsung Jakarta – Labuan Bajo yang makan waktu 2 jam. Menumpang maskapai lain, kamu mesti transit dulu di Bali. Selain Garuda kamu juga bisa menumpang Lion Air atau Kal Star (dari Denpasar).

Kalau mau paham artinya penderitaan, coba naik kapal Pelni (KM Tilongkabila dan KM Wilis) dari Pelabuhan Benoa, Bali. Tapi kalau mau naik kapal Pelni, rajin-rajin memantau jadwal keberangakatan. Kalau perlu telpon kantor Pelni tiap hari biar kamu nggak ketinggalan kapal.

Ngeteng juga seru sebab kamu bakal naik-turun bis dan kapal ferry melintasi Jawa, Bali, dan pulau-pulau di Nusa Tenggara Barat dalam perjalanan selama beberapa hari. Meskipun panjang, ngeteng ke Labuan Bajo nggak bakal ngebosenin, sebab kamu bakal ketemu berbagai macam kelompok budaya dan bentang alam.


Menginap di mana?

Di Jl. Soekarno Hatta dan sekitarnya tersedia banyak penginapan dari mulai hostel murah sampai hotel mahal: Hotel Mutiara, Jl. Soekarno Hatta, Kampung Tengah, Labuan Bajo (☎ 08513 3748 9568, 0852 3810 4105); Hotel Wisata, Jl. Soekarno Hatta, Kampung Tengah, Labuan Bajo (☎ 0385 41020); Hotel Bidadari, Jl. Bidadari, Labuan Bajo (samping Puskesmas); Bajo View, Jl. Soekarno Hatta Gg. Bajo View No. 2, Kampung Tengah, Labuan Bajo (☎ 0811 3003 131); Komodo Lodge Jl. Mutiara, Kampung Ujung, Labuan Bajo (☎ 0385 41377); Blue Marlin Komodo, Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo (☎ 0385 41789).


Aktivitas seru di Labuan Bajo

Di Labuan Bajo, kamu nggak bakal pernah kekurangan kegiatan. Banyak banget aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, misalnya:

Jalan kaki keliling Labuan Bajo

Di Labuan Bajo yang sepi kamu nggak perlu rebutan trotoar sama mobil atau motor, soalnya tempat ini masih sepi. Kamu bisa jalan kaki sepuasnya, dan mengeluarkan keringat sepuasnya karena meskipun terletak di pinggir laut topografi Labuan Bajo lumayan berbukit-bukit.

Menelusuri Gua Batu Cermin

Gua Batu Cermin bukan buat ngaca, tapi untuk dijelajahi. Gua ini terletak di Wae Kesambi, Labuan Bajo, beberapa kilometer ke arah timur laut dari Bandar Udara Komodo. Enaknya, di sini kamu nggak harus pakai perlengkapan telusur gua. Cukup pakai helm dan senter, kamu sudah bisa menikmati keindahan stalaktit dan stalagmit yang telah mengendap selama puluhan-ratusan tahun di dalam gua.

alasan traveling ke labuan bajo
Pulau Kanawa via skygrapher.id/Anton Chandra

Naik kapal ke pulau-pulau terdekat

Kamu juga bisa menyewa kapal untuk menyeberang ke pulau-pulau terdekat, seperti Pulau Bidadari, Pulau Kanawa, dan Pulau Serayu.. atau sekalian ke Pulau Komodo (sekitar 3 jam perjalanan naik perahu mesin).

Menikmati momen matahari terbenam di kafe-kafe di atas bukit

Setelah lelah beraktivitas, sorenya kamu bisa malas-malasan (atau merenungkan nasib) di kafe-kafe di atas bukit di sekitar Jl. Soekarno Hatta sambil menyeruput minuman kesukaan. Karena Labuan Bajo berada di sisi barat Pulau Flores, dari sini kamu bisa melihat matahari perlahan menenggelamkan diri ke cakrawala barat. Perahu-perahu antik yang parkir di perairan Labuan Bajo bakal bikin pemandangan sunset lebih ciamik.


Makan dan nongkrong di mana?

Kuliner Kampung Ujung

Di Kuliner Kampung Ujung yang terletak di—tentunya—Kampung Ujung kamu bisa menyalurkan hasrat untuk menyantap seafood. Sambil makan ikan baronang bakar, cumi-cumi goreng, kerang, udang, atau ikan kuah asam philemon, kamu bisa sekalian melihat kelap-kelip lampu kapal yang entah sedang ngapain di laut lepas. Kuliner Kampung Ujung buka mulai jam 5 sore sampai 4 pagi.

CAFE.IN.HIT Coffee Shop

Pecandu kafein pasti nggak bakal melewatkan kesempatan untuk nongkrong di salah satu kafe terbaik di pulau produsen kopi ini. Pesan kopi favoritmu lalu renungkan quotes yang terpampang di dinding CAFE.IN.HIT (Jl. Soekarno Hatta, ☎ 0813 5367 3884).

Paradise Bar

Paradise Bar di Jl. Binongko (☎ 0823-3935-4854) pas banget buat santai-santai. Letaknya yang di atas bukit membuat kafe ini jadi salah satu spot terbaik buat lihat sunset. Serunya bar ini juga punya live music. Paradise buka dari jam 5 sore sampai 1 malam.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

3 Hal yang Bikin Traveling Jadi Kurang Seru

Itinerary

Makanan Seperti Apa yang Tepat Disantap saat Traveling?

Itinerary

5 Ide Liburan Musim Hujan

Itinerary

5 Jurus Jitu yang Bikin Traveling Solo Makin Seru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *