Itinerary

Jurus Jitu Traveling “Overland”

Bosan traveling naik pesawat? Kenapa nggak nyobain traveling jalur darat (overland ) aja? Perjalanan overland memang bakal makan waktu yang lebih banyak. Tapi, kamu juga bakalan bisa bawa pulang lebih banyak cerita.

Nah, sebelum traveling overland, baca dulu, nih, lima jurus jitu yang bisa kamu praktekin supaya perjalananmu lebih seru:

1. Bikin rute dengan bantuan peta

Salah satu hal penting yang mesti kamu lakukan adalah bikin rute. Proses penentuan rute ini bakalan jadi lebih mudah kalau kamu menjadikan peta sebagai referensinya. Dengan peta, kamu bisa melihat rutenya bagaimana—datar/bergunung-gunung, lurus/berkelok—sekaligus bisa memperkirakan waktu tempuhnya.

Kamu bisa memilih rute yang looping (dari titik A ke A) atau yang nggak looping (dari A ke B). Pokoknya, sesuaikan saja dengan kemauan dan kemampuanmu.

2. Bikin rute-rute alternatif

Selain rute utama, penting juga buatmu untuk bikin rute-rute alternatif, jaga-jaga kalau rute utama yang kamu bikin lagi nggak bisa dilewati.

Caranya gimana? Ya, balik lagi ke peta. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencari garis-garis alternatif yang menghubungkan tempat-tempat dalam rutemu. Bikin satu rute alternatif memang sudah cukup. Tapi, nggak ada salahnya juga buat mencari alternatif ketiga atau keempat.

3. Riset yang banyak soal moda transportasi

Jurus jitu berikutnya adalah melakukan riset yang banyak mengenai moda transportasi. Sekurang-kurangnya, setelah riset kamu jadi tahu harus naik angkutan ke mana dan perkiraan ongkosnya.

Cuma, traveling overland nggak sepopuler traveling lewat udara, Sob. Jadi, buat riset soal moda transportasi, kamu mesti memasukkan kata kunci yang spesifik.

4. Semakin ringkas semakin baik

Semakin ringkas bawaanmu, semakin nyaman traveling overland-mu. Karena itu, bawa saja yang perlu-perlu. Yang nggak terlalu kamu butuhkan, apalagi yang makan tempat, tinggalkan saja di rumah.

Pokoknya, dari awal kamu mesti menyadari kalau terkadang traveling overland bakal “memaksamu” buat jalan kaki berkilo-kilo meter jauhnya, atau lari-larian mengejar bus terakhir yang berangkat hari itu, dll.

5. Siapkan uang tunai cadangan dan simpan di tempat yang aman

Kadang kamu bakal “terdampar” di tempat yang sepi, belum ada ATM, dan restoran-restorannya belum menerima pembayaran pakai kartu debit. Karena itu, selalu siapkan sejumlah uang tunai cadangan. Jangan lupa juga buat menyimpan uang itu di tempat yang aman.

Jadi, udah siap buat traveling overland, Sob?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

4 Hal Penting yang Sering Dilupakan Pendaki Gunung

Itinerary

Selter 101: Pilihlah Selter seperti Memilih Pasangan Hidup

Itinerary

Tips dan Trik biar "Packing" Makin Seru

Itinerary

3 Tips Memilih Destinasi buat Traveling Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *