Itinerary

Jurus Jitu buat Beli Oleh-oleh

Salah satu hal lumrah yang dilakukan pejalan Indonesia pas jalan-jalan adalah beli oleh-oleh. Biasanya, sih, buat orang-orang terdekat, misalnya pasangan, sahabat, keluarga, dan rekan kerja.

Tapi, terkadang momen beli oleh-oleh ini jadi ngeselin karena kita nggak tahu “jurus” buat beli oleh-oleh. Nah, supaya sesi berburu oleh-olehmu jadi menyenangkan, ini TelusuRI kasih empat jurus jitu buat beli oleh-oleh.

1. Belilah oleh-oleh di waktu yang tepat

Kamu nggak perlu impulsif buat beli oleh-oleh pas ketemu harga yang menggiurkan. Kenapa? Karena bisa jadi harga bakal lebih rendah di waktu lain.

Biasanya, sih, pedagang bakal ngasih harga murah pas pagi hari waktu kios baru buka (itun-itung penglaris), dan malam hari sebelum tutup.

Selain itu, juga bakal lebih bagus kalau kamu beli oleh-oleh di hari-hari terakhir perjalananmu. Nekat beli oleh-oleh hari pertama di destinasi itu, bisa jadi dompetmu bakal menipis lebih cepat.

2. Pilih-pilih tempat/kawasan buat beli oleh-oleh

Kios-kios di daerah-daerah yang ramai wisatawan biasanya menjual produknya dengan harga yang lebih mahal. Wajar aja, sih. Mereka ‘kan mesti bayar sewa tempat yang lebih bahal.

Coba, deh, pergi ke tempat-tempat yang agak jauh dari kawasan wisata. Di sana kamu bakal mendapati barang yang sama dengan harga yang jauh lebih miring.

3. Tawar sepertiga harga

Kalau menurutmu harga suvenir yang ditawarkan masih terlalu mahal, jangan ragu dan takut buat menawar. Tenang saja. Kamu nggak bakalan diterkam saja yang punya toko. Kalau harganya nggak cocok, kamu tinggal bilang terima kasih terus cari toko lain.

Nah, jurus umum buat tawar-menawar adalah sepertiga harga. Ntar paling ujung-ujungnya kamu bakal deal di setengah harga.

4. Jangan kebanyakan, ingat kuota bagasi

Beli oleh-olehnya jangan kebanyakan. Kalau mau banyak pun beli saja oleh-oleh yang nggak terlalu makan tempat. Ingat, Sob, kamu kan mesti pulang. Kalau naik pesawat, kamu punya kuota bagasi. Bawa barang melebih jatah bagasi, kamu mesti nambah biaya lagi, lho.

Nah, selamat berburu oleh-oleh, Sob!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

#dirumahajaItinerary

Bincang-bincang Dampak COVID-19 pada Industri Pariwisata bareng Womentourism.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *