Itinerary

Apa yang Kamu Dapatkan kalau Jalan-jalan tanpa Ponsel?

Para pejalan kekinian barangkali nggak bisa dipisahin dari ponsel. Soalnya ponsel sekarang udah nggak cuma buat nelpon atau SMS doang. Ponsel sekarang bisa buat macam-macam, termasuk motret, mencatat, merekam, navigasi, dll.

Tapi, sekali-sekali kamu mesti ngerasain jalan-jalan tanpa ponsel supaya bisa mengalami 5 hal berikut:

1. Kamu bakal benar-benar ada di momen itu

jalan-jalan tanpa ponsel

Menikmati petualangan via unsplash.com/Stafan Stefancik

Jalan-jalan tanpa ponsel, kamu bakal benar-benar ada di momen itu. Biasanya, pas pegang ponsel, kamu pasti ngerasa sedang berada di banyak tempat dalam satu waktu pas chatting—apalagi kalau kamu punya banyak grup.

Realitas jadi bias sampai-sampai kamu bingung sama apa yang kamu hadapi; kamu jadi nggak hidup di momen itu. Nah, lepas dari ponsel pas jalan-jalan, kamu bakal ngerasa utuh. Kamu adalah dirimu secara total, bukan sekadar fragmen-fragmen dalam akun-akun chatting atau media sosial.

2. Kamu bisa melihat lebih banyak

jalan-jalan tanpa ponsel

Melintasi padang gurun via unsplash.com/Sebastien

Kalau pakai ponsel, kamu mungkin bisa mencari tahu informasi lebih banyak. Tapi kalau ninggalin ponsel pas jalan-jalan, kamu bakal bisa melihat lebih banyak dengan mata kepalamu sendiri.

Kamu bakal sadar kalau kehidupan itu lebih luas ketimbang chatting, permainan online, atau media sosial. Semakin banyak yang kamu lihat, semakin luas pula wawasanmu dan semakin sensitif pula kamu dalam menyikapi situasi.

3. Rasanya beban bakal terlepas dari pundakmu

jalan-jalan tanpa ponsel

Senja di pinggir laut via unsplash.com/Simon Migaj

Ponsel memang memudahkan. Tapi, sebaliknya, gawai itu juga membawa banyak beban. Kalau dipikir-pikir, lama-lama ponsel jadi seperti gawai tempat segala persoalan bermuara, entah persoalan pribadi maupun masalah profesional.

Kalau pas jalan-jalan kamu ninggalin ponsel, semua masalah juga tertinggal di ponsel itu. Kamu bisa relaks menikmati semua hal yang kamu alami selama perjalanan. Masalah-masalah bisa menunggu buat dihadapi sampai kamu pulang.

4. Kamu bisa menumpuk banyak cerita buat diceritakan ketika pulang

jalan-jalan tanpa ponsel

Menikmati perjalanan via unsplash.com/Kyle Loftus

Bawa ponsel pas jalan-jalan, bawaannya kamu pasti pengen cerita ke orang-orang terkasih. Kamu bakal selalu meng-update segala sesuatu yang kamu lakukan, dari mulai mandi jam berapa, makan di mana, apa yang kamu makan (plus foto atau videonya), sampai destinasi-destinasi yang kamu kunjungi. Alhasil, pas pulang nggak ada lagi cerita yang bisa kamu sampaikan karena sudah dicicil setiap hari pas kamu lagi di jalan.

Jalan-jalan tanpa ponsel, cerita-cerita yang kamu dapat sepanjang jalan bisa kamu renungkan terlebih dahulu sebelum diceritakan pada orang-orang tercinta pas pulang nanti. Pasti seru banget nongkrong minum kopi sambil cerita-cerita soal apa yang kamu rasakan selama traveling.

5. Kamu bisa menciptakan sedikit misteri—dan jadi dikangenin

jalan-jalan tanpa ponsel

“Off the grid” via unsplash.com/Luo Lei

Bukan misteri yang hantu-hantuan gitu maksudnya, tapi sesuatu yang tak terduga dan penuh tanda tanya. Soalnya, zaman teknologi canggih sekarang, setiap manusia seakan-akan terpantau, selalu bisa ditebak keberadaannya. Setiap saat kamu selalu bisa nanyain di mana teman kamu berada. Nggak ada lagi misteri.

Sekali-sekali coba deh ninggalin ponsel pas jalan-jalan. Pas menelusuri kota demi kota kamu bakal ngerasa seperti seorang agen rahasia yang sedang menggali informasi soal daerah itu. Kamu nggak bisa dilacak sama sekali.

Jadi, berani coba traveling tapi nggak bawa ponsel?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

Remeh-temeh yang Tak Remeh tentang Tempe

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *