Itinerary

Mau Merayakan Hari Valentine dengan Pasangan? Traveling ke 7 Destinasi Ini Saja

Cuma mau mengingatkan: tanggal 14 Februari sebentar lagi. Sudah tahu mau ke mana sama pasangan kamu buat ngerayain Hari Kasih Sayang? Kalau masih bingung, nih TelusuRI kasih daftar destinasi romantis yang bisa kamu kunjungi sama pasangan kamu pas Hari Valentine nanti.

1. Bandung

hari valentine

Lanskap Kota Bandung via SkyGrapher.id/deni ramdani

Ini destinasi romantis buat merayakan Hari Valentine yang paling dekat sama Jakarta. Untuk ke sana kamu tinggal naik mobil atau kereta selama beberapa jam. Nggak perlu repot-repot. Di sana, kamu tinggal pilih: mau jalan-jalan menelusuri bangunan-bangunan tua di pusat kota atau melipir ke pinggiran buat menikmati suasana Kota Kembang dari ketinggian.

Kalau memang kamu mau ke Bandung buat menikmati Hari Valentine, berdoalah supaya pas kamu di sana hujan lagi turun. Kenapa? Soalnya Bandung jadi berlipat-lipat lebih romantis kalau sedang hujan. Pasti suasananya bakal terus tersimpan dalam memori kamu.

2. Jogja

hari valentine

Alun-Alun Utara Jogja via SkyGrapher.id/Faza Fakhriyan

Kota Pelajar ini memang agak jauh dari Jakarta. Buat ke sana, kamu perlu naik pesawat sekitar 50 menit. Naik kereta, sekitar 8-10 jam. Sementara naik bis agak lebih lama. Tapi, meskipun perlu perjuangan yang lumayan berat buat pergi ke sana, kamu nggak bakal menyesal. Kenapa? Jogja punya banyak atraksi romantis yang bisa kamu nikmati sama pasangan.

Kamu bisa ke Bukit Bintang, ke Hutan Pinus Mangunan, Tebing Breksi, dan tempat-tempat lain yang istimewa. Dan—ini yang paling penting—nggak perlu takut kalau bujetmu terbatas, soalnya masih banyak penginapan dan tempat makan murah di Jogja. Mantap ‘kan?

3. Malang

hari valentine

Balai Kota Malang via SkyGrapher.id/ayun savitri

Kota terbesar kedua di Jawa Timur ini juga romantis banget buat merayakan Hari Valentine. Seru banget pasti jalan berdua di antara bangunan-bangunan tua bersama pasangan. Sensasinya mungkin kayak di film Before Sunrise (1995) waktu Jesse dan Céline jalan-jalan berdua sambil ngobrol di Wina, Austria.

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana. Di pusat kota ada Toko Oen dan beberapa destinasi wisata kuliner lain seperti Rawon Nguling dan Bakso Cak Toha. Kamu juga bisa jalan-jalan di Jalan Ijen yang penuh bangunan tua. Kalau mau muter-muter Kota Malang tapi nggak mau capek, tinggal pergi aja ke depan Kantor Balai Kota Malang. Di sana ada bis tingkat Macyto (Malang City Tour) yang akan membawamu keliling malang. Gratis! Mau yang dingin-dingin, tinggal ke Batu.

4. Ubud

hari valentine

Bukit Campuhan Ubud/Syukron

Sudah pernah nonton Eat Pray Love-nya Julia Roberts? Kalau belum, coba tonton dulu, deh. Setelah nonton, kamu pasti bakal dapat gambaran betapa romantisnya Ubud, kota kecil yang artistik di Kabupaten Gianyar, Bali.

Di sana kamu bisa jalan-jalan berduaan di Monkey Forest, Pasar Ubud, atau piknik di Bukit Campuhan. Banyak juga kafe-kafe romantis tempat kamu bisa candlelight dinner sambil menikmati udara segar dan suara-suara alam yang pasti jarang banget kamu dengar di kota tempat kamu tinggal.

5. Gili Air

hari valentine

Pesisir Gili Air via SkyGrapher.id/Elang Herdian

Kalau Gili Trawangan dikenal sebagai “Party Island,” Gili Air termasyhur sebagai “Honeymoon Island.” Makanya Gili Air pas banget buat merayakan Hari Valentine sama pasangan kamu. Kalian bisa menginap di resor romantis yang ada di sana.

Untuk ke Gili Air, tentu saja kamu mesti ke Lombok dulu. Dari Bandara Internasional Lombok di Praya, kamu mesti cari angkutan ke Bangsal. Dari Pelabuhan Bangsal, tinggal nyeberang deh pakai public boat yang tersedia di sana. Di antara tiga gili (Trawangan, Meno, Air), Gili Air yang paling dekat dengan Bangsal.

6. Pulau Menjangan

hari valentine

Dermaga di Pulau Menjangan/Rendy Cipta Muliawan

Letaknya juga di Bali. Tapi di sebelah barat laut Pulau Bali. Di pulau ini ada resor tempat kamu bisa menghabiskan waktu bareng pasangan. Karena Pulau Menjangan adalah salah satu destinasi romantis yang favorit, pastikan dulu kamu booking penginapan sebelum jalan ke sana. Go show sama sekali nggak disarankan. (Ingat, Sob: ini momen spesial.)

Perlu waktu yang lumayan lama buat menuju ke Pulau Menjangan dari Bandara Ngurah Rai yang terletak di pesisir selatan. Tapi karena jalanan Bali rata-rata sudah bagus semua, kamu nggak bakalan capek, kok. Capek pun, pemandangan indah yang kamu lihat di Pulau Menjangan bakal menghilangkan rasa lelah yang menumpuk di badan.

7. Iboih, Pulau Weh

hari valentine

Perairan Iboih yang sebening kristal via SkyGrapher.id/Supri

Iboih di Pulau Weh, Aceh, ini sebenarnya destinasi selam. Tapi, suasananya yang tenang juga pas banget buat merayakan momen hari kasih sayang. Selain itu, kamu juga bisa sekalian pergi ke Kilometer Nol Indonesia yang legendaris itu.

Yang bikin Iboih romantis adalah bungalow-bungalownya yang langsung menghadap laut. Rata-rata bungalow di Iboih dipasangi hammock di beranda depan. Jadi, kamu bisa berayun-ayun sambil menikmati air laut jernih di selat kecil antara pesisir Iboih dan Pulau Rubiah. Merayakan Hari Kasih Sayang di Iboih bakalan jadi salah satu momen tak terlupakan buat kamu dan pasangan.

Jadi 14 Februari nanti mau merayakan Hari Valentine di mana, nih?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Seharian di Semarang, Bisa Traveling ke mana Aja?

Itinerary

5 Jurus Jitu biar Nggak Stres pas Traveling

Itinerary

Berkenalan dengan "Dol," Alat Musik Tradisional dari Bengkulu

Itinerary

5 Tanda Kamu Sudah Terbiasa Traveling Sendirian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *