Itinerary

Barn Event Hire, Kafe dengan Konsep Taman Terbuka di Surabaya

Berbicara tentang Surabaya, kota ini identik sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta yang dipenuhi gedung-gedung tinggi, dijejali bising lalu lintas tiada henti, hingga jajaran pemukiman padat penduduk yang sudah kehilangan kesegaran alami. Dengan julukan metropolitan pada kota berlambang Sura dan Buaya, anggapan-anggapan tersebut memang tak bisa dipersalahkan. Namun anggapan-anggapan tersebut juga tidak sepenuhnya benar, karena di beberapa sudut Kota Surabaya ada tempat yang menawarkan suasana berbeda dan dipenuhi dengan pepohonan. Satu diantaranya adalah Barn Event Hire yang berlokasi di kawasan Bumi Marinir Gunung Sari Surabaya atau lebih tepatnya di Jalan Golf 1, Surabaya.

Seolah bukan di Surabaya

Kali pertama memasuki area Barn Event Hire, kesan pertama yang ditangkap adalah pertanyaan “Benarkah ini masih di kota Surabaya?” Sebab kafe ini dikelilingi pepohonan rindang dengan luas sekitar 4.500 meter persegi. Kamu bisa membayangkannya bukan seperti apa menariknya tempat ini?Barn Event Hire merupakan sebuah tempat yang disewakan untuk mengadakan acara pernikahan dan sejenisnya dengan konsep garden party atau taman terbuka, namun pihak pengelola juga menyediakan coffee shop yang dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB untuk para pelanggan yang sekadar ingin menikmati sajian makanan, minuman, maupun berfoto di sini.

Gaya rustic/Akhmad Idris

Selain konsep taman terbuka, Barn Event Hire juga mengusung tema rustic. Gaya rustic sejatinya adalah desain interior yang memfokuskan pada kesan alami dari bahan-bahan yang tidak dihaluskan alias dibiarkan sebagaimana adanya (unfinished). Di Indonesia, gaya rustic biasanya dipakai dalam rumah-rumah yang bergaya tradisional yang ingin mengusung nuansa pedesaan. Di era modern seperti ini, gaya tradisional justru menjadi primadona karena sebagian besar rumah sudah dibangun dengan gaya modern.

Kini, generasi milenial cenderung lebih memburu hal-hal yang jarang ada daripada hal-hal yang telah ada, agar terasa berbeda dengan yang lainnya. Gaya seperti inilah yang dijadikan tema Barn Event Hire.

Bangunan-bangunan yang dijadikan tempat untuk transit catering, make up, rest room, small coffee shop, dan tenda venue terbuat dari kayu-kayu lawas dengan kualitas yang masih bagus sehingga ada kesan klasik, artistik, sekaligus futuristik di setiap bangunan yang ada.

Suasana kafe/Akhmad Idris

Keberadaan tempat dengan tema-tema rustic tersebut juga membuka ruang bagi generasi milenial yang ingin memenuhi beranda media sosialnya dengan foto-foto Instagramable maupun Facebookable. Sementara untuk di area taman terbukanya disediakan meja-meja memanjang untuk pengunjung yang datang gerudukan dan meja-meja bundar kecil untuk pengunjung yang datang dengan pasangan maupun yang sedang berusaha menjadi pasangan. 

Duduk bersantai bersama keluarga sesekali diperlukan untuk tetap menjaga kewarasan di tengah tekanan kota metropolitan. Kesibukan bekerja sering kali membuat manusia abai sekaligus lalai bahwa sejauh mana pun manusia pergi, keluarga adalah sebaik-baik tempat kembali.

Penghujung senja Surabaya juga menjadi momen yang romantis untuk sekadar bercerita tentang dunia yang tak lagi sama kepada orang terkasih, sembari membicarakan tentang masa depan yang dilukis bersama. Sesekali menyeruput es kelapa muda di tengah-tengah percakapan akan menjadi pengalaman tak terlupakan yang dapat dijadikan sebagai dongeng untuk anak-anak di masa depan.

Suasana malam/Akhmad Idris

Karena berkonsep taman terbuka, mengunjungi Barn Event Hire di saat kondisi cuaca sedang panas-panasnya sangat tidak dianjurkan, kecuali bagi pengunjung yang memang hobi memanaskan diri seperti turis-turis di Bali. Meskipun begitu, juga disediakan area indoor dengan gaya retro klasik yang membuat pengunjungnya terjaga dari terik sinar matahari. Ada spot mobil VW klasik di area indoor yang membuat suasana semakin asyik bagi para kawula muda yang doyan menghasilkan karya-karya fotogenic.

Waktu yang paling direkomendasikan untuk mengunjungi Barn Event Hire adalah waktu petang menjelang senja datang. Sebuah waktu batas pergantian waktu dari petang menuju malam yang menenangkan pagi pengagum senja dan romantisme.Pada waktu malam, lampu-lampu bulat kecil berwarna kuning akan menghiasi langit-langit taman dengan iringan live acoustic pada hari Sabtu dan Minggu. Beragam pilihan menu yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari makanan ringan; pancake; rice bowl; olahan soup; makanan berat; hingga minuman dingin dan minuman hangat.

Pada waktu malam, lampu-lampu bulat kecil berwarna kuning akan menghiasi langit-langit taman dengan iringan live acoustic pada hari Sabtu dan Minggu. Beragam pilihan menu yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari makanan ringan; pancake; rice bowl; olahan soup; makanan berat; hingga minuman Harga yang dipatok juga tidak jauh berbeda dengan harga menu di kafe-kafe Surabaya lainnya. Pada akhirnya, akan menjadi perpaduan yang sempurna ketika alunan musik favorit disenandungkan; pesanan makanan datang; beserta orang-orang tersayang dipertemukan dalam suatu tempat yang mengagumkan. Akhir kata, selamat menikmati Surabaya dengan suasana yang berbeda. 


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.
Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Dosen dan penulis buku "Wasiat Nabi Khidir untuk Rakyat Indonesia."

Dosen dan penulis buku "Wasiat Nabi Khidir untuk Rakyat Indonesia."
    Artikel Terkait
    Itinerary

    Temui Irene Komala, si “Pink” yang Suka Jalan-Jalan

    Itinerary

    Cerita di Balik Desa Wisata Sumberbulu, Karanganyar

    Itinerary

    Nuansa Khas Pedesaan Surabaya di Kayoene

    Itinerary

    Mengunjungi Air Terjun Curug Sawer di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Worth reading...
    Doesoen Kopi Sirap: Wisata Kopi di Tengah Kebun