Itinerary

7 Ide untuk Mengisi Libur Panjang

Hari libur tentunya adalah hal yang ditunggu banget sama banyak orang, apalagi libur panjang. Buat kamu yang sedang menyongsong libur panjang tapi masih bingung mau mengisinya dengan apa, baca aja artikel ini sampai habis.

Tempat penyewaan sepeda di kampung Inggris, Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur via TEMPO/Hari Tri Wasono

1. Belajar bahasa Inggris di Pare

Punya libur sekitar dua minggu? Kenapa nggak cus ke Pare, Kediri, aja buat belajar bahasa Inggris? Di Kampung Inggris Pare banyak kursusan yang menyediakan paket belajar untuk dua minggu. Mau melatih kemampuan bicara, ambil saja kelas speaking. Kalau yang pengen kamu asah kemampuan menulis, ambil kelas grammar.

Kabar baiknya, biaya kursus bahasa Inggris di Pare nggak bakal menguras kantongmu (sekitar Rp100.000-250.000). Biaya kos di sana juga lumayan murah (umumnya Rp300.000 per kamar, bisa diisi 2 orang). Kalau nggak mau repot milih-milih kelas dan nyari-nyari kos-kosan, kamu bisa ikutan program “English Camp.”

Areal persawahan di Ubud, Bali, Juli 2009 via TEMPO/Gunawan Wicaksono

2. Menenangkan diri di Ubud

Kalau yang kamu cari dari liburan adalah ketenangan, kamu bisa mengisi waktu libur panjang di Ubud, Pulau Bali. Di sana kamu bisa tinggal di salah satu resor atau homestay dan menghabiskan waktu buat mencari “inner peace.”

Pagi sampai siang, kamu bisa bersantai di beranda sambil membaca novel. Sore sedikit, kamu bisa jogging di Bukit Campuhan sampai senja menjelang. Malamnya kamu bisa duduk-duduk santai dan ngopi di salah satu kafe keren di Ubud.

Dua orang penyelam di dekat mobil VW tua yang ditaruh di dasar laut di spot Atlantis Garden, Pulau Kodingareng Keke, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 14 Oktober 2015 via TEMPO/Iqbal Lubis

3. Belajar diving

Rugi banget rasanya kalau tinggal di Indonesia tapi nggak diving. Makanya, pas libur panjang nggak ada salahnya kalau kamu ikut lisensi scuba diving. Kalau sudah punya lisensi, kamu bisa leluasa menyelami keindahan bawah laut Indonesia.

Di Jakarta, ada beberapa dive center yang bisa ngajarin kamu diving. Kalau mau sekalian jalan-jalan, kamu bisa main ke Bali (Amed atau Tulamben), atau sekalian ke Labuan Bajo di ujung barat Flores sana.

Ratusan pengunjung memadati Pantai Koka, Desa Wolowiro, Kabupaten Sikka, Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, 26 Desember 2016 via TEMPO/Imam Sukamto

4. Menelusuri Kepulauan Nusa Tenggara

Jarak antarpulau yang nggak terlalu jauh bikin Kepulauan Nusa Tenggara jadi seru banget buat ditelusuri. Kamu bisa mengisi libur panjang dengan traveling dari Bali, terus ke Lombok, lanjut ke Sumbawa, menyeberang ke Flores lalu ke Timor, melipir ke Sabu lalu lanjut ke Sumba.

Kalau punya waktu libur sekitar sebulan, kamu mungkin bisa main ke hampir semua pulau. Tapi, kalau liburmu cuma sekitar dua minggu, pilih saja rute yang masuk akal. Toh nanti kamu bisa menyambungnya lagi kapan-kapan.

Sejumlah pendaki memadati puncak Gunung Tambora yang berada di ketinggian 2.851 meter diatas permukaan air laut di Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (10/04/2015) via TEMPO/Rasdiyanah

5. Maraton naik gunung

Lupakan dulu naik gunung akhir pekan. Pas libur panjang, kamu bisa maraton nanjak dari satu gunung ke gunung lainnya.

Kalau di Jawa, kamu bisa cobain rute klasik Sumbing-Sindoro-Slamet, Merapi-Merbabu, atau Arjuno-Welirang-Argopuro. Rute Gunung Agung-Rinjani-Tambora juga seru tuh buat dicoba. Di Sumatera, kamu bisa menjelajahi gunung dari selatan ke utara (Dempo-Kerinci-Talang-Marapi-Singgalang-Tandikek).

Sejumlah penumpang di dalam Kereta Api Perintis Cut Meutia di Kreung Mane, Aceh, Selasa, 5 September 2017 via TEMPO/Tony Hartawan

6. Menjelajahi jalur kereta api

Cara seru lain untuk mengisi libur panjang adalah bertualang menjelajahi jalur kereta api. Jalur kereta api paling kompleks di Indonesia ada di Pulau Jawa. Kamu bisa menjelajahi Pulau Jawa dari barat sampai ke timur naik kereta api.

Di Sumatera juga ada, sih. Tapi jalurnya putus-putus, nggak nyambung seperti di Pulau Jawa. Kamu bisa coba naik kereta dari Bandar Lampung ke Palembang. Terus, kamu bisa ke Sumatera Barat dan nyobain beberapa jalur kereta di sana.

Arus mudik lebaran dengan Pelni di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, tahun 2000 via TEMPO/Bernard Chaniago

7. Berlayar dengan kapal Pelni

Berlayar dengan kapal Pelni juga seru banget. Kamu bisa pilih rute yang panjang, misalnya dari Tanjung Priok ke Jayapura. Dalam perjalanan sekitar seminggu itu, kamu bakalan singgah di banyak pulau dan melihat banyak pemandangan indah yang barangkali belum ada di Google.

Jadi, libur panjang nanti kamu mau ngapain?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

3 Hal yang Bikin Traveling Jadi Kurang Seru

Itinerary

Makanan Seperti Apa yang Tepat Disantap saat Traveling?

Itinerary

5 Ide Liburan Musim Hujan

Itinerary

5 Jurus Jitu yang Bikin Traveling Solo Makin Seru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *