Itinerary

4 Jurus Jitu buat Traveling Keliling Indonesia

Karena Indonesia ini luas banget, lumayan susah buat menyusun rencana buat mengelilinginya. Pulau-pulaunya terlalu banyak, lautnya terlalu luas, budaya-budayanya terlalu menarik.

Nah, buat kamu yang lagi menyusun rencana buat traveling keliling Indonesia, mungkin beberapa jurus jitu berikut bisa berguna buat kamu:

Peta Indonesia di Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementrian Kelautan dan Perikanan, Jakarta via TEMPO/Seto Wardhana

1. Tentukan jalur menggunakan peta

Kamu pasti sudah tahu kalau Indonesia ini luas banget. Wujudnya juga bukan daratan semua, tapi pulau-pulau yang dihubungkan oleh lautan. Karena luas dan berbentuk kepulauan, wilayah Indonesia jadi menantang banget buat dijelajahi.

Buat menentukan rute yang kamu ambil pas traveling keliling Indonesia, manfaatkanlah peta. Dengan peta itu kamu bisa memperkirakan durasi perjalanan, tingkat kesulitan perjalanan, moda transportasi yang bisa digunakan, sampai biaya yang diperlukan.

traveling keliling indonesia
Seorang anak mandi di genangan air situs bersejarah purbakala abad ke-16, Keraton Surosowan, di Banten Lama, Serang, Banten, Sabtu, 12 Mei 2007 via TEMPO/Dimas Aryo

2. Cari informasi soal daerah-daerah yang akan dilewati

Tiap wilayah di Indonesia punya kekhasan masing-masing, baik soal alam maupun budaya. Sebelum traveling keliling Indonesia, cari tahu dulu informasi soal daerah yang kamu lewati supaya bisa lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan di sana.

Semakin cepat kamu beradaptasi, semakin mudah pula perjalananmu. Minimal, kalau kamu kesulitan, dan kamu menunjukkan gelagat yang “sesuai” dengan budaya di tempat itu, kamu bakal jadi lebih simpatik di mata banyak orang. Singkatnya: orang bakal senang menolongmu.

traveling keliling indonesia
Sejumlah wisatawan mengunjungi kuburan batu di Kete Kesu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, 29 Juni 2017 via TEMPO/Sakti S. Karuru

3. Perhatikan pembawaan dan cara berpakaian

Di sebagian besar wilayah Indonesia, orang-orang masih cenderung konservatif. Komunitas-komunitas budaya pada umumnya masih menganut norma ketimuran, misalnya soal bertutur kata atau cara berpakaian.

Makanya kamu mesti memperhatikan betul bagaimana pembawaanmu di tempat-tempat yang kamu kunjungi. Salah membawa diri, atau salah kostum, warga setempat bisa tersinggung. Kalau warga setempat sudah tersinggung,  kecil kemungkinan kamu bakal dapat memori yang indah di tempat itu.

Ruang tunggu penumpang di Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang, Jalan Raya Bekasi, Cakung, Jakarta Timur, Rabu, 27 Desember 2016 via TEMPO/M. Iqbal Ichsan

4. Sebaiknya jangan terlalu ketat dengan jadwal

Cuma ada satu hal yang pasti dalam perjalanan keliling Indonesia, yakni ketidakpastian. Soal transportasi misalnya. Semakin jauh kamu dari pulau-pulau besar, semakin tidak pasti pula jadwal keberangkatan moda transportasi.

Karena itu jangan terlalu ketat soal jadwal. Nekat bikin jadwal yang ketat, apalagi pakai booking tiket pesawat in-advance buat perjalanan di pelosok Indonesia, ujung-ujungnya kamu bakal stres sendiri karena, misalnya, bujetmu membengkak karena ketinggalan pesawat.

Semoga perjalananmu keliling Indonesia seru, Sob!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

3 Hal yang Bikin Traveling Jadi Kurang Seru

Itinerary

Makanan Seperti Apa yang Tepat Disantap saat Traveling?

Itinerary

5 Ide Liburan Musim Hujan

Itinerary

5 Jurus Jitu yang Bikin Traveling Solo Makin Seru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *