Itinerary

4 Kereta Bandara di Indonesia

Dulu, untuk ke bandara, calon penumpang pesawat biasanya naik taksi atau mobil pribadi. Kalau di kota itu ada DAMRI, angkutan plat merah itu juga jadi pilihan.

Nah, sejak beberapa tahun yang lalu, muncul moda transportasi baru untuk menuju bandara di beberapa kota, yakni kereta api bandara. Buat kamu yang masih belum tahu, ini TelusuRI rangkum informasi singkat soal empat kereta api bandara di Indonesia:

1. KA Bandara Kualanamu

Ini adalah kereta bandara pertama di Indonesia. KA Bandara Kualanamu dalam sehari berangkat 20 kali PP Medan-Bandara Kualanamu. Perjalanan dari Medan ke bandara lumayan singkat, hanya sekitar 30 menit.

Dengan fasilitas lumayan mewah—AC, recleaning seat, Wi-Fi, dan layar audiovisual—tiket kereta bandara ini hanya Rp100.000. Karena nyaman dan bisa diandalkan, tiap tahun jumlah penumpang kereta menuju Kualanamu terus merangkak naik.

Penumpang berjalan menuju Stasiun Kereta Api (KA) Bandara di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara, Kamis, 2 Juni 2016 via TEMPO/Rully Kesuma

2. KA Bandara Soekarno-Hatta

Sekarang kamu nggak perlu khawatir macet lagi kalau mau ke Bandara Soekarno-Hatta dari Jakarta, soalnya sudah ada Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Dari Jakarta, kamu bisa naik di Stasiun BNI City (Sudirman Baru).

Tarifnya Rp85.000 dan pembayarannya cashless. Tapi jangan khawatir, di mesin pembelian tiket ada EDC. Jadi, buat bayar tiket kamu tinggal gesek aja.

KA Bandara Soekarno-Hatta yang dioperasikan PT Railink di Stasiun Bandara Sukarno-Hatta, Tanggerang , Banten, 5 Desember 2017 via TEMPO/Tony Hartawan

3. KA Bandara Internasional Minangkabau

Sejak tanggal 21 Mei 2018, angkutan dari/ke Bandara Internasional Minangkabau bertambah satu, yakni Kereta Bandara Internasional Minangkabau. Mulai 6 Maret 2019, KA Minangkabau Ekspres ini berangkat 12 kali sehari.

Di Padang, kamu bisa naik dari Stasiun Simpang Haru. Dari bandara, kamu bisa naik di Stasiun Bandara Internasional Minangkabau. Tarifnya murah banget, cuma Rp10.000.

Gerbong KA Minangkabau Ekspres/Fuji Adriza

4. KA Bandara Adisumarmo

Kadang-kadang, harga tiket pesawat ke Solo lebih murah ketimbang ke Jogja. Tapi, meskipun lebih murah, dulu orang rada males lewat Solo, soalnya transportasi ke Jogja agak ribet.

Sekarang sudah ada KA Solo Ekspres yang menghubungkan Solobapalan-Bandara Adisumarmo-Kutoarjo. Jadi, kalau mau ke Jogja, kamu tinggal naik kereta api bandara ini aja dan turun di Stasiun Maguwo atau Stasiun Tugu. Harga tiket kereta bandara Solo cuma Rp40.000.

Gosip-gosipnya, bakal ada beberapa KA bandara baru lain di Indonesia, yakni di Yogyakarta dan Surabaya. Tunggu saja tanggal mainnya.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

3 Hal yang Bikin Traveling Jadi Kurang Seru

Itinerary

Makanan Seperti Apa yang Tepat Disantap saat Traveling?

Itinerary

5 Ide Liburan Musim Hujan

Itinerary

5 Jurus Jitu yang Bikin Traveling Solo Makin Seru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *