Itinerary

6 Jurus Jitu Liburan ke Pantai

Lagi bikin rencana buat liburan ke pantai? Kebetulan banget, nih. TelusuRi punya enam jurus jitu yang bisa kamu pakai pas liburan ke pantai:

1. Pilih musim yang pas

Hal pertama yang mesti kamu tanyakan sebelum liburan ke pantai adalah: musimnya lagi pas atau enggak?

Kalau musim lagi nggak bagus, kemungkinan besar kamu nggak bakal bisa “ketemu” sama langit biru, air laut juga bakalan lebih keruh dari biasanya, dan gelombang bakalan tinggi sehingga kamu nggak bakal leluasa main-main sama ombak.

liburan ke pantai karang langir banten
Wisatawan menikmati suasana goa di Pantai Karang Langir, Kabupaten Lebak, Banten, yang jadi lokasi syuting drama Korea “Legend of The Blue Sea” via TEMPO/Prima Mulia

2. Hindari ke pantai pas “peak season” untuk menghindari keramaian

Di hari-hari libur atau musim liburan, pantai—terutama pantai-pantai populer—bakalan rame banget. Bakalan susah buatmu untuk mendapatkan ketenangan. Bukannya suara ombak yang terhempas ke pasir, yang kamu dengar adalah suara bising manusia-manusia yang sedang tertawa-tawa—atau suara lagu yang diputar dari ponsel.

Beda cerita kalau kamu ke pantai pas weekdays atau pas bukan musim liburan. Di waktu-waktu kayak gitu, pantai bakal berasa milikmu sendiri. Kamu bakal leluasa menikmati ketenangan yang susah banget ditemukan di kota.

3. Cari penginapan atau bawa tenda untuk kemping

Kalau kamu berencana untuk bermalam di pantai, ada baiknya dari sekarang kamu mulai mencari-cari informasi soal penginapan atau bungalow yang tersedia di sekitar. Meskipun kemungkinan besar kamu nggak bakal bisa booking, setidaknya kamu sudah punya gambaran soal rentang harga penginapan di sana.

Kamu-kamu yang punya jiwa petualang mungkin bisa nyoba kemping di pantai itu. Siapkan saja perlengkapan-perlengkapan kemping seperti tenda dan kompor. Nanti, setiba di pantai, jangan lupa minta izin ke pengelola buat mendirikan tenda.

liburan ke pantai ujung pandaran teluk sampit
Pantai Ujung Pandaran di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kalimantan Tengah via TEMPO/Dhemas Reviyanto Atmodjo

4. Siapkan uang tunai

Di pantai-pantai yang ramai kayak Kuta, mudah banget untuk menemukan ATM. Jadi kamu nggak perlu bawa uang tunai dalam jumlah banyak. Tapi, di sebagian besar pantai di Indonesia, apalagi di pantai-pantai yang terpencil, ATM belum ada. Makanya kamu mesti menyiapkan uang tunai entah buat beli makanan/minuman atau membayar sewa penginapan.

Supaya tahu berapa jumlah uang tunai yang sebaiknya dibawa, sebelum main ke pantai kamu bisa cari-cari info dulu di internet. Coba, deh, baca-baca blog atau kanal-kanal pariwisata yang menyajikan info soal biaya perjalanan ke pantai yang bakalan kamu datangi.

5. Bawa kamera “rugged camera”—atau kamera tahan air

Untuk berfoto, kamu mungkin bisa pakai ponsel yang sudah dilapisi plastik. Tapi, supaya hasil fotomu lebih bangus, ada baiknya kalau kamu bawa rugged camera atau kamera tahan air yang emang khusus dibikin buat aktivitas outdoor.

Dengan rugged camera atau kamera tahan air, kamu bisa ngambil gambar dari sudut-sudut yang mungkin nggak bisa ditangkap ponsel berlapis plastik atau kamera biasa.

pantai balekambang
Wisatawan memadati obyek wisata Pantai Balekambang, Kabupaten Malang via TEMPO/Abdi Purmono

6. Jaga kebersihan pantai

Pastikan agar kamu selalu menjaga kebersihan pantai. Kalau pihak pengelola menyediakan tempat sampah, buanglah sampah-sampah yang kamu produksi di sana. Tapi, semisal di sana belum ada tempat sampah, bawa pulang sampahmu.

Semoga enam jurus jitu liburan ke pantai ini bisa bikin liburan kamu makin seru, Sob!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Semerbak Mawar di Desa Gunungsari

Itinerary

Baca Ini Dulu sebelum Mampir ke Dusun Semilir Eco Park

Itinerary

Coban Kedung Darmo, Air Terjun Bertingkat di Kabupaten Malang

Itinerary

Traveling ke Jogja, Coba Mampir ke 5 Museum Keren Berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *