Itinerary

Baca Ini Dulu sebelum Traveling ke Pantai-pantai di Jogja

Sejak lebih dari sepuluh tahun yang lalu, informasi soal pantai-pantai keren di Jogja mulai menyebar ke mana-mana. Jika sebelumnya wisatawan cuma kenal Pantai Parangtritis, sekarang para pelancong sudah akrab dengan nama-nama lain seperti Pantai Siung, Mpok Tunggal, Indrayanti, Sundak, Baron, dll.

Nah, kalau kamu tertarik buat main ke pantai-pantai di Jogja, ada baiknya buat baca lima hal berikut terlebih dahulu:

1. Semuanya pantai selatan

Jogja itu—seperti yang bisa kamu lihat sendiri di peta—ada di sisi selatan Pulau Jawa. Jadi, semua pantai di Yogyakarta itu, ya, di selatan.

“Terus memang kenapa kalau posisinya di selatan?” kamu bertanya. Begini, Sob. Ombak pantai selatan itu lebih besar ketimbang ombak pantura. Ini semua karena posisi geografis pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, laut lepas yang cuma bakal berakhir di Kutub Selatan.

goa cemara
Cemara-cemara yang menghiasi Pantai Goa Cemara/Fuji Adriza

2. Ada yang pasir hitam, ada yang pasir putih

Meskipun Jogja lebih tenar dengan pantai-pantai berpasir putih di Gunungkidul, sebenarnya nggak semua pantai di Jogja pasirnya putih. Kalau nggak percaya, coba lihat sendiri di pantai-pantai di Bantul atau Kulon Progo.

Pantai-pantai berpasir nggak putih ini lebih populer di kalangan wisatawan lokal ketimbang wisatawan dari luar kota. Kenapa? Soalnya letaknya jauh lebih dekat ketimbang pantai-pantai di Gunungkidul. Selain itu jalan menuju ke pantai-pantai berpasir gelap itu juga relatif lebih landai ketimbang pantai-pantai berpasir putih.

pantai di gunungkidul yang asyik buat kemping
Pantai Wedi Ombo/Fuji Adriza

3. Paling enak naik sepeda motor

Kalau kamu jalannya rame-rame bareng kawan-kawan atau keluarga, naik mobil adalah pilihan yang paling pas buat ke pantai-pantai di Jogja. Cuma, karena jalanan di Jogja relatif sempit, kamu mesti siap-siap kena macet, apalagi pas hari libur.

Nah, kalau kamu traveling sendirian atau berdua atau berempat doang sama kawan-kawanmu, lebih baik naik sepeda motor. Untuk menjelajah pantai-pantai di Jogja, paling enak memang naik sepeda motor. Selain bikin pergerakanmu jadi lebih luwes, naik motor juga bakal bikin perjalananmu lebih hemat. Soalnya, biaya parkirnya nggak semahal mobil.

pantai-pantai di jogja
Pantai Siung di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul via TEMPO/Rahmad Setiadi

4. Bisa kemping

Pengen ngerasain sensasi kemping di pantai? Kamu bisa mencobanya di pantai-pantai di Jogja. Cuma, karena persewaan tenda masih jarang banget dijumpai di pantai-pantai di Jogja, kamu mesti bawa sendiri peralatan kempingmu dari rumah.

Kalau ini adalah pengalaman pertamamu kemping di pantai, coba, deh, buka tenda di Pantai Goa Cemara, Pantai Sundak, Pantai Mpok Tunggal, atau Pantai Siung. Empat pantai itu punya fasilitas lengkap. Jadi, kamu bisa lebih fokus menikmati pengalaman kemping di pantai.

pantai-pantai di jogja
Pantai Sundak di Gunungkidul via TEMPO/Rahmad Setiadi

5. Setiap akhir pekan atau hari libur pantai populer akan selalu ramai

Pantai-pantai populer pasti akan selalu ramai setiap akhir pekan atau hari libur. Mobil dan bis bakal memenuhi lahan parkir. Pesisir bakal penuh orang yang foto-foto atau kejar-kejaran. Jadi, kalau kamu mau mencari kedamaian, hindari buat main ke pantai-pantai di Jogja pas akhir pekan atau hari libur.

Jadi, kapan mau traveling ke pantai-pantai di Jogja, Sob?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Semerbak Mawar di Desa Gunungsari

Itinerary

Baca Ini Dulu sebelum Mampir ke Dusun Semilir Eco Park

Itinerary

Coban Kedung Darmo, Air Terjun Bertingkat di Kabupaten Malang

Itinerary

Traveling ke Jogja, Coba Mampir ke 5 Museum Keren Berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *