Events

6 Event Keren yang Bisa Kamu Nikmati Bulan Mei

Bulan April 2018 sebentar lagi berakhir. Kalau negara api nggak menyerang, sebentar lagi kalendermu akan berganti jadi Mei 2018. Kamu pun mulai ngintip-ngintip tanggal merah—ketemu—atau menghitung sisa cuti. Tapi, ujung-ujungnya bingung mau ke mana.

Nggak usah khawatir. Ada beberapa event bulan Mei 2018 yang seru banget buat dikunjungi. Apa saja?

1. Festival Budaya “Isen Mulang” (FBIM), Palangkaraya (2-6 Mei 2018)

event bulan mei 2018

Salah satu perahu yang dihiasi dalam Festival Budaya Isen Mulang via 100 Wonderful Events Indonesia/pesonaindo

Tak mau kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia, Palangkaraya juga rutin menggelar festival budaya, yakni Festival Budaya “Isen Mulang” (FBIM). Tiap tahun, FBIM diadakan untuk merayakan hari ulang tahun (HUT) Provinsi Kalimantan Timur.

Akan ada banyak pertunjukan seni dan budaya serta perlombaan dalam FBIM. Bakal ada lomba balogo, lomba manewang, manetek, manyila kayu, lomba lagu budaya karungut, sepak sawut, besei kambe, dan lain-lain. Kalau penasaran sama lomba-lomba itu, mending datang aja langsung ke Palangkaraya.

2. Festival Teluk Jailolo, Halmahera Barat (3-5 Mei 2018)

event bulan mei 2018

Beberapa perempuan Jailol berpose dalam kostum merah via 100 Wonderful Events Indonesia/Gilatrip

Ini adalah event bulan Mei 2018 yang wajib banget kamu kunjungi. Kenapa? Pertama, festival ini umurnya sudah lumayan tua. Kedua, Festival Teluk Jailolo diadakan di Halmahera Barat, Maluku Utara, yang indah banget dan bakal ngasih kamu pengalaman nggak terlupakan.

Festival Teluk Jailolo bakal memamerkan segala potensi Halmahra Barat. Banyak banget, sih, potensi yang bisa digali, di antaranya dunia bawah laut dan keragaman budaya Maluku utara. Akan ada sigofi ngolo, orom sasadu, pagelaran seni, gelar kuliner makanan khas Halmahera Barat, dan, tentu saja, pameran.

3. Aceh Culinary Festival, Banda Aceh (4-6 Mei 2018)

event bulan mei 2018

Ajang Aceh Culinary Festival via 100 Wonderful Events Indonesia/Disbudpar Aceh

Sebagai wilayah yang jadi melting pot beragam budaya, wajar saja kalau kuliner Aceh jadi menggiurkan seperti ini. Apalagi, Aceh berada di jalur rempah, yang bikin makanan aceh… kaya rempah.

Aceh Culinary Festival 2018 adalah simbol dari komitmen Pemerintah Aceh untuk mendukung pengembangan Aceh sebagai destinasi wisata halal. Bakal ada sekitar 100 stan pameran—lokal, nasional, internasional—yang akan memamerkan sekitar seribu makanan halal pada event bulan Mei 2018 yang satu ini.

4. Art Jog, DI Yogyakarta (4 Mei-4 Juni 2018)

event bulan mei 2018

Seni instalasi dalam Art Jog 2015 via 100 Wonderful Events Indonesia/Art Jog

Selama sekitar satu dekade Art Jog hadir secara rutin untuk menawar dahaga masyarakat Jogja dan Indonesia akan seni. Biasanya, Art Jog dipusatkan di dua titik, Taman Budaya Yogyakarta dan Jogja National Museum.

Di sana kamu bakal bisa melihat beragam karya seni yang akan membekali kamu pulang dengan sejuta inspirasi. “100 Wonderful Events Indonesia” bahkan berani bilang kalau Art Jog jadi barometer perkembangan seni rupa kontemporer di Indonesia dan Asia Tenggara. Makanya, Art Jog jadi salah satu event bulan Mei 2018 yang wajib banget buat kamu sambangi.

5. Festival Budaya Bahari, Badung (mulai 9 Mei 2018)

event bulan mei 2018

Pantai Pandawa dari atas/Syukron

Mulai 9 Mei 2018 nanti, Kabupaten Badung di Bali bakal ngadain Festival Budaya Bahari. Acara yang bakal dipusatkan di Pantai Pandawa ini sengaja dibikin buat nunjukin kedekatan Kabupaten Badung dengan dunia bahari.

Acara pembukaannya bakal menarik banget. Soalnya bakal ada gelaran pertama Badung International Art Carnival (BIAC), event street performance besar-besaran pertama di Bali. Selain itu juga akan ada sekitar ratusan anak SMP yang bakal membawakan tari nelayan kolosal.

6. Bintan Triathlon, Bintan (11-13 Mei 2018)

Peserta Bintan Triathlon sedang berlari-lari di pantai via 100 Wonderful Events Indonesia/Kemenpar

Kalau marathon sudah terasa biasa-biasa saja buatmu, mungkin kamu perlu coba ikutan Bintan Triathlon 2018. Namanya triathlon, tentu saja kamu mesti menyelesaikan tiga tantangan, yakni berenang, bersepeda, dan berlari.

Karena ajang Bintan Triathlon bakal diadakan di kawasan wisata terpadu Nirwana Gardens, kamu bisa sekalian curi-curi pandang. Kalau bawa action cam, kamu bisa curi-curi selfie juga. Pengen nyoba?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Events

Serba-Serbi Perayaan Hari Jadi Luwu

Events

Ayo Tebus Jejak Karbon Perjalanan Kamu bersama #TravelCooler

Events

Melihat Pameran Lukisan Self Matter di Galeri Raos

Events

‘CREATE’ Moments: Ketika Seni dan Budaya Menjadi Medium Anak Muda Menyuarakan Toleransi dan Keberagaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.