Itinerary

Liburan saat Puasa? 5 Tips Berikut Bakal Bikin Perjalananmu Tetap Asyik

Puasa-puasa begini bukan berarti kamu harus puasa traveling juga. Kamu masih bisa kok jalan-jalan meskipun harus tahan buat nggak makan dan minum dari mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Malah, liburan saat puasa bakalan ngasih kamu banyak pengalaman liburan baru.

Nah, biar liburan saat puasa tetap asyik, mending baca dulu nih lima tips berikut:

liburan saat puasa
Jam-jam dinding yang menunjukkan waktu di berbagai kota via pexels.com/Pixabay

1. Catat jadwal imsak dan berbuka

Hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan biar traveling saat puasa tetap asyik adalah mencatat jadwal imsak, azan Subuh, dan Magrib di tempat-tempat yang kamu datangi. Namanya orang baru, kamu pasti kurang familiar sama jadwal imsak dsb. di tempat itu. Ini penting banget. Soalnya, supaya tetap fit di jalan, kamu mesti disiplin makan sahur dan takjil.

Makanan bergizi via pexels.com/i love simple beyond

2. Makan sahur yang bergizi

Traveling tentu menuntut tubuhmu buat membakar banyak energi. Sementara, liburan saat puasa membuatmu nggak bisa makan atau minum seenaknya. Karena itulah kamu mesti memastikan bahwa kamu makan sahur yang bergizi supaya stamina kamu terjaga. Jangan lupa juga buat makan buah-buahan dan minum air putih yang banyak.

Siluet masjid via pexels.com/David McEahan

3. Temukan masjid dan tempat berburu takjil terdekat

Bulan Ramadan tentu saja jadi waktu yang tepat buat mendekatkan diri ke Yang Maha Kuasa. Jadi nggak ada salahnya buat rutin berjamaah di masjid waktu kamu liburan saat puasa. Syukur-syukur kamu juga bisa sekalian buka puasa bareng di masjid itu. Tapi, kalau kamu mau sekalian wisata kuliner dan mencicipi penganan (khas) lokal, kamu juga bisa mampir ke tempat masyarakat setempat berburu takjil.

Ilustrasi meminum vitamin via pexels.com/JESHOOTS.com

4. Bawa vitamin

Kadang, makan makanan bergizi, minum air putih yang banyak, dan melengkapi nutrisi dengan buah-buahan saja nggak cukup buat menjaga stamina liburan saat puasa. Kamu juga mesti menyuplai tubuhmu dengan asupan vitamin. (Supaya lebih aman, sebaiknya kamu konsultasi ke dokter soal vitamin apa yang paling dibutuhkan oleh tubuhmu saat liburan.) Asupan vitamin bakal bikin stamina lebih terjaga dan kamu jadi nggak gampang sakit.

Burger via pexels.com/Oliur Rahman

5. Bawa cadangan makanan dan minuman dalam tas

Namanya liburan, kadang kamu nggak bisa nebak bakalan berada di mana jam berapa. Mungkin saja pas azan Magrib kamu masih dalam bis dan jauh dari warung atau restoran yang menjual makanan. Membekali diri dengan makanan dan minuman dalam tas adalah langkah antisipasi supaya kamu nggak terlalu lama menunda buka puasa. ‘Kan lebih baik menyegerakan buka puasa ketimbang menundanya.

Jadi, gimana? Sudah siap merasakan keasyikan liburan saat puasa?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Dewi Rachmanita Syiam

Menggemari perjalanan, musik, dan cerita.
Related posts
Itinerary

Semerbak Mawar di Desa Gunungsari

Itinerary

Baca Ini Dulu sebelum Mampir ke Dusun Semilir Eco Park

Itinerary

Coban Kedung Darmo, Air Terjun Bertingkat di Kabupaten Malang

Itinerary

Traveling ke Jogja, Coba Mampir ke 5 Museum Keren Berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *