Itinerary

5 Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi saat di Lembang

Sebagai salah satu wilayah dengan tempat yang memiliki banyak tempat wisata, Lembang menjadi salah satu destinasi yang selalu menarik untuk dikunjungi, terutama bagi masyarakat sekitar Jawa Barat dan Jabodetabek. Lembang berada di ketinggian 1312-2084 mdpl menjadikan kawasan tersebut terasa sejuk dan dingin. Jaraknya yang dekat dengan Bandung memudahkan para wisatawan untuk mengunjunginya, ditambah jalannya yang sudah mulus dengan mudah dilalui oleh angkutan umum maupun pribadi. 

Karena jarak yang dekat dengan Bandung ini juga yang membuat Lembang seringkali padat oleh wisatawan, terutama kala akhir pekan atau libur nasional. Untuk itu disarankan untuk mengunjungi Lembang di hari biasa yang relatif sepi. Yuk, tengok ada apa saja atraksi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di sana!

1. Dago Dreampark

Dago Dreampark via Flickr/Andi Saputra

Salah satu tempat wisata yang cocok untuk membawa keluarga untuk bergembira bersama. Dago Dreampark menawarkan berbagai atraksi yang dapat dicoba diantaranya dream battle yang cocok untuk penggemar perang-perangan, extreme ride bagi penyuka ATV dan siap menjelajahi hutan, ada family arena yang menyediakan wahana ramah anak, juga ada area swafoto dengan beragam latar belakang ikonik seperti rumah di film Up, sarang burung, ataupun ayunan.

Karena letaknya yang dikelilingi hutan, disarankan untuk membawa alas kaki yang nyaman seperti sendal gunung untuk lebih mudah mengeksplorasi setiap sudut Dago Dreampark. Plus, jangan lupa untuk membawa air mineral biar nggak dehidrasi saat di jalan!

2. Farm House Susu Lembang

Farmhouse Susu Lembang via Instagram/farmhouselembang

Farm House Susu Lembang merupakan tempat wisata edukasi yang menyasar anak-anak untuk mengenal hewan-hewan di sekitar diantaranya sapi perah, domba, marmut, kelinci, rusa hingga berbagai macam reptil seperti iguana dan kadal. Pengunjung bisa memberi makan hewan-hewan tertentu dengan wortel yang bisa dibeli di area tersebut. 

Para pengunjung bisa menyewa kostum ala Eropa dan berfoto dengan gaya maksimal dengan latar rumah-rumah ala Eropa, ada juga lho rumah hobbit dari film Lord of The Rings yang bisa kamu kunjungi. Usahakan untuk berkunjung ke sini di luar akhir pekan, karena pada saat akhir pekan pengunjung dari berbagai daerah bakal memadati tempat wisata ini. 

3. Pasar Terapung Lembang

Pasar Terapung Lembang via Flickr/Franklin Michael

Mengusung tema wisata “pasar di atas air,” pasar terapung Lembang mencoba menghadirkan sensasi berbelanja di atas Situ Umar dan sekitarnya seluas 7,2 hektar. Pengunjung dapat memilih beragam macam kendaraan air untuk mengelilingi danau seperti sampan yang dapat menampung hingga empat orang dan kano yang terbatas dengan dua orang. Ada berbagai rumah apung dengan beragam arsitektur yang siap menampung pengunjung untuk beristirahat melepas lelah setelah mengitari danau.

Bosan dengan air, pengunjung bisa ke Kampung Lilit, replika kampung khas Sunda lengkap dengan sawah serta saung. Untuk anak-anak, kawasan ini menyediakan berbagai macam kegiatan yang dapat dicoba seperti memancing, menangkap ikan, dan memberi makan kelinci. Jangan lupa, jam operasional di sini hanya pada jam 9 pagi sampai jam 8 malam saja.

4. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya via thelodgemaribaya.com

Siapa yang ingin mencobai glamping? The Lodge Maribaya menawarkan sensasi camping di alam Lembang dengan berbagai paket seperti fun camp, the village, vila kayu, standar camp. The Lodge Maribaya juga menyediakan dua restoran khas Sunda yakni Dapur Hawu dan Omah Bamboo dan satu cafe yakni The Pines Cafe yang menyediakan konsep dalam ruangan dan luar ruangan dengan pemandangan langsung menghadap tebing serta hutan.

5. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat
Curug Tilu Leuwi Opat via Pinterest/gagakasep

Curug-curug memang tidak pernah bisa bikin bosan! Salah satu curug yang populer di kawasan Lembang adalah Curug Tilu Leuwi Opat. Kawasan di sekitar curug juga dibangun area camping dan outbound untuk memudahkan pengunjung yang ingin merasakan sensasi alamnya lebih lama. Mengunjungi curug ini kalian juga akan melakukan sedikit trekking dengan medan yang cenderung datar dan melewati jembatan bambu dan sungai. 

Meski begitu, sekitar curug cukup dalam sehingga untuk anak-anak perlu diawasi dengan seksama sagar tidak terbawa arus yang deras. Sesuai namanya tilu yang berarti tiga, namun ini ada tiga curug lainnya di sekitar Curug Tilu seperti Curug Aseupan, Curug Citulang, dan Curug Cilaki. Sedangkan Leuwi Opat bermakna sungai yang ada di sana berjumlah empat yakni Leuwi Bagong, Leuwi Baeud, Leuwi Kacapi, dan Leuwi Geuntong. Usahakan mengunjunginya sebelum musim kemarau, untuk menghindari aliran air yang kering dan curug tidak mengalir.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.
Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
ItineraryNusantarasa

Ada Apa dengan Babi dalam Budaya Masyarakat Batak?

ItineraryNusantarasa

Menyantap Tiram Bakar Khas Barru

Itinerary

Masjid Menara Kudus, Kemegahan Arsitektur Kuno Warisan Sunan Kudus

Itinerary

Museum Layang-Layang Indonesia: Merawat Keelokan Budaya dengan Permainan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Worth reading...
Buka Tutup Alun-alun Cianjur