Itinerary

Belum Sah ke Bali jika Belum Cicip 5 Kuliner Khas Ini

Belum sah rasanya jika traveling ke Bali tapi belum mencoba kuliner-kuliner khasnya yang unik dan kaya akan cita rasa Nusantara. Selain budaya dan alam, wisata kuliner juga sering menjadi bidikan wisatawan domestik maupun mancanegara saat berkunjung ke Pulau Dewata. Berikut lima kuliner khas Bali yang harus kamu cicipi ketika berkunjung ke sana.

1. Ayam Betutu

kuliner khas bali

Ayam betutu via perutgendut.com

Kaya akan rempah, ayam betutu nggak cuma jadi kuliner favorit di Bali, melainkan juga di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Bumbu ayam betutu ini disebut bumbu bali. Dengan rasa pedas dan rempah-rempahnya yang tajam, ayam betutu mampu menggugah selera setiap penikmatnya. Dalam proses pembuatannya, ayam direndam dan direbus bersama bumbu dalam durasi yang cukup lama agar bumbu bali benar-benar meresap ke dalam daging. Jangan sampai lewatin kuliner paling legendaris di Bali ini, ya!

2. Nasi Jinggo

kuliner khas bali

Nasi jinggo via blog.vokamo.com

Kuliner khas Bali ini adalah makanan yang paling sederhana dan merakyat. Berisi nasi pulen beserta lauk sederhana yaitu sedikit ayam, tempe, dan sambal yang dibungkus dengan daun pisang, nasi jinggo dijual dengan harga antara Rp 3000 hingga Rp 10.000, tergantung porsi yang diinginkan pembeli. Saat kamu sedang backpacking ke Bali, makan nasi jinggo bisa jadi pilihan terbaik.

3. Godoh

kuliner khas bali

Jaje godoh via masakandapurku.com

Godoh atau jaje godoh adalah pisang goreng khas Bali yang cocok disantap saat pagi atau sore bersama teh atau kopi hangat. Namun, berbeda dari pisang goreng lainnya, godoh dibuat dengan campuran nangka dan ubi jalar. Satu lagi yang membedakan godoh dengan pisang goreng biasa adalah penggunaan topping saat disajikan. Godoh dilengkapi dengan topping yang terbuat dari campuran kelapa parut, gula merah, daun pandan, dan sedikit garam sebagai penyeimbang cita rasa. Saat berada di Bali, cobalah untuk menyantap godoh bersama minuman hangat, sore hari di salah satu pantai favoritmu.

4. Rujak Bulung

kuliner khas bali

Sepiring rujak bulung via balitripholidays.com

Rujak yang satu ini sangat berbeda dari rujak-rujak lainnya. Dengan rumput laut yang bernama lokal bulung buni sebagai bahan utama, rujak ini menggunakan bumbu berupa garam, cabe rawit, terasi, kencur, serta parutan kelapa. Untuk kuahnya, rujak bulung mendapat sentuhan akhir berupa kuah pindang yang segar. Cita rasa “nano-nano” ini yang membuat rujak bulung menjadi salah satu kudapan spesial di Pulau Dewata. Kamu harus coba kuliner khas Bali ini!

5. Lawar Kuwir

kuliner khas bali

Seporsi lawar kuwir via perutgendut.com

Lawar kuwir adalah salah satu kuliner khas Bali yang sudah sangat melegenda dan terkenal akan kelezatannya. Bahan utamanya berupa daging bebek entog yang dicincang-cincang halus, kemudian dicampur dengan sayuran serta bumbu bali yang terkenal sangat pedas. Sayuran yang biasanya digunakan adalah kacang panjang. Lawar kuwir lebih nikmat untuk disantap jika ditemani sate lilit.

Itulah lima kuliner khas Bali yang wajib untuk kamu cicipi. Belum sah ke Bali kalau belum kenal cita rasa makanan lokal Pulau Dewata. Jadi, jangan lupa dicoba, ya!

Artikel Terkait
ItineraryPerjalanan Lestari

Q&A: Extinction Rebellion Indonesia tentang Ancaman Krisis Iklim

ItineraryNusantarasa

Menyantap Tiram Bakar Khas Barru

Itinerary

Masjid Menara Kudus, Kemegahan Arsitektur Kuno Warisan Sunan Kudus

Itinerary

Museum Layang-Layang Indonesia: Merawat Keelokan Budaya dengan Permainan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.