Itinerary

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Penginapan Murah

Pengen menghemat bujet traveling dengan cara menginap di penginapan murah? Bisa banget, Sob. Tapi, kamu mesti baca dulu nih hal-hal yang perlu kamu ketahui soal penginapan murah:

1. Banyak yang belum masuk dunia maya

Meskipun penginapan murah sudah mulai merambah dunia maya lewat aplikasi online booking, masih banyak banget yang belum dibahas di internet. Menariknya, bisa jadi penginapan-penginapan gurem itu harga kamarnya lebih murah.

Jadi satu-satunya cara adalah mencarinya langsung di lokasi. Memang, kamu harus repot sedikit. Anggap saja pengorbanan. Kalau nggak mau repot, ya kamu booking hotel aja, terus minta jemput di terminal, stasiun, atau bandara.

2. Lokasinya di sekitar atraksi wisata, tapi nyempil

Biasanya lokasinya di sekitar atraksi wisata. Ada contohnya kalau di Indonesia, yakni kawasan Poppies Lane II di Kuta dan kawasan Sosrowijayan di Jogja.

Penginapan murah bisa kamu temukan di gang-gang kecil di kawasan-kawasan backpacker. Bahkan, terkadang kamu nggak perlu mencari, sebab di mulut gang sudah banyak yang menawarkan penginapan murah sama kamu.

3. Bukan “hotel chain,” tapi hostel, guest house, losmen yang dikelola oleh keluarga

Memang ada juga hotel chain yang punya kamar murah. Tapi jumlahnya nggak seberapa, dan itu juga paling cuma bagian dari promosi. Sebagian besar penginapan murah adalah hostel, guest house, atau losmen yang dikelola oleh keluarga.

Jadi kamu nggak bakalan menemukan orang-orang berseragam yang bakal membawakan barang-barangmu ke kamar. Menginap di penginapan murah rasanya bakal seperti berkunjung ke rumah kerabat.

4. Jangan berharap dapat fasilitas hotel bintang lima

Karena murah, kamu jangan berharap bakalan menerima fasilitas ala bintang lima. Kamu mesti berpuas dengan tempat tidur standar dan, mungkin, kamar mandi di luar. Pendingin ruangan mungkin nggak bakalan ada, cuma ada kipas angin.

Kalau kamu nggak siap dengan fasilitas yang seadanya, mungkin kamu memang nggak cocok buat menginap di penginapan murah. Mending stay aja di hotel berbintang. Tapi ya kamu juga mesti siap dengan konsekuensinya, yakni biaya yang lebih mahal.

5. Jangan ragu buat nawar, tapi juga jangan maksa

Seandainya harga yang ditawarkan menurut kamu masih tinggi, nggak ada salahnya buat menawar. Tapi kamu menawarnya jangan kebangetan, jangan maksain sampai jadi semurah-murahnya. Ingat, Sob, orang buka penginapan itu buat nyari duit.

Kalau kamu nawarnya enak dan sopan, pemilik penginapan pasti bakalan maklum dan bersedia menurunkan harga—apalagi kalau sedang low season dan tamu lagi sepi.

Gimana? Masih yakin mau menginap di penginapan murah?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Naik Gunung Sendirian, Inilah 4 Hal yang Bakal Kamu Dapatkan

Itinerary

5 Rekomendasi Kafe untuk Ngopi Asyik di Semarang

Itinerary

Mau Naik Gunung Musim Kemarau? Jangan Lupakan 5 Benda Berikut

Itinerary

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Mendaki Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *