Itinerary

Kamu Harus Main ke 4 Kebun Teh “Instagrammable” di Jawa Barat Ini

Bulan Februari begini bawaannya memang pengen ke destinasi-destinasi yang romantis sama orang tercinta. Maklum, namanya aja “bulan cinta.” Nah, kalau kamu masih bingung nyari destinasi romantis yang paling pas buat dikunjungi, kenapa enggak traveling ke 4 kebun teh di Jawa Barat ini saja?

1. Perkebunan Teh Malabar, Pangalengan

kebun teh

Pemandangan kebun teh di Malabar via SkyGrapher.id/Hendra Yudha

Kebun yang satu ini cuma terpaut sekitar 45 kilometer dari Kota Bandung. Namanya perkebunan teh, pastilah letaknya di ketinggian, yakni sekitar 1.550 mdpl. Makanya suhu di areal Perkebunan Teh Malabar ini cuma berkisar antara 16-26 derajat Celsius saja.

Pernapasan dan penglihatan kamu bakal dimanjakan saat ikutan “Tea Walk” menyusuri hamparan perkebunan teh yang indah minta ampun. Kalau kamu penggemar sejarah, di sini juga ada makam Bosscha yang namanya diabadikan sebagai nama observatorium di Lembang.

2. Perkebunan Teh Cukul, Pangalengan

kebun teh

Kebun Teh Cakul via SkyGrapher.id/Nofianto

Ini adalah destinasi yang lagi ngehits di Jawa Barat. Perkebunan Teh Cukul yang masuk dalam areal PTPN VIII Malabar ini letaknya juga di Pangalengan, sekitar 3 jam dari Kota Bandung. Posisinya sedikit lebih tinggi dibanding Kebun Teh Malabar, yakni sekitar 1.600 mdpl.

Cukul cocok banget buat pemburu sunrise kayak kamu. Kenapa? Soalnya ada satu lokasi di Cukul tempat kamu bisa melihat anggunnya matahari terbit. Tapi siap-siap menganga. Pemandangannya spektakuler soalnya: kebun teh yang hijau dan berselimut kabut perlahan disiram cahaya keemasan.

3. Perkebunan Teh Rancabali, Ciwidey

kebun teh

Rancabali, Ciwidey via SkyGrapher.id/Nofianto

Rancabali yang berada sekitar 50 kilometer di sebelah selatan Bandung juga lagi jadi bahan perbincangan di media sosial. Yang bikin Rancabali menawan adalah susunan rumpun-rumpun tehnya yang tampak seperti labirin di film Harry Potter dan Piala Api.

Selain itu, di dekat areal Perkebunan Teh Rancabali yang berada 1.628 mdpl ini juga ada kebun stroberi, Situ Patenggang, Pemandian Air Panas Walini, dan Kawah Putih. Jadi, kalau ke sini kamu bakal “sekali menyelam dua, tiga, empat, lima pulau terlampaui.”

4. Kebun Teh Cikajang, Garut

cikajang garut

Jalan kecil yang membelah kebun teh di Cikajang, Garut via SkyGrapher.id/Ricky Lauwando

Zaman Hindia Belanda dulu, Garut jadi salah satu produsen teh yang penting. Banyak banget kebun teh di sini. Tua-tua pula. Nggak percaya? Coba aja main ke sebelah selatan Kota Garut. Di sana ada hamparan kebun teh bernama Cikajang yang luasnya sejauh mata memandang.

Dari sana kamu juga bisa lihat Gunung Cikuray karena … perkebunan teh ini letaknya memang di kaki Cikuray. Tapi siap-siap nggak bisa live Instagram dari sini, soalnya belum ada sinyal internet.

Jadi, kamu mau traveling ke kebun teh yang mana?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
ItineraryNusantarasa

Santapan yang Lahir dari Kesengsaraan

Itinerary

Desa Muncar dan Kopi Temanggung

Itinerary

Memahami Lebih Dalam tentang Permakultur

Itinerary

5 Destinasi Budaya 'Memorable' ala Jovita Ayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *