Itinerary

3 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Orang-orang yang Baru Memulai Hobi Jalan-jalan

Kesalahan adalah guru yang terbaik, termasuk buat para pejalan pemula. Dari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan, kita bisa dapat banyak pengetahuan dan wawasan.

Nah, buat nambah-nambah pengetahuan dan wawasan juga, ini TelusuRI kasih bocoran beberapa kesalahan yang lumrah dilakukan oleh para pejalan pemula:

dunia traveling
Menikmati pemandangan via pexels.com/Duong Nhan

1. Ikut itinerary orang lain

Ketimbang menyusun itinerary sendiri, para pejalan pemula biasanya lebih senang untuk mengikuti itinerary orang lain. Jadi, ke mana orang lain pergi, dia ngekor aja ngikutin jejak langkah orang itu.

Padahal, kalau merancang itinerary sendiri, dia bakal bisa pergi ke tempat-tempat lain dan membawa pulang cerita-cerita yang berbeda. Kalau cuma ngikutin jejak orang lain, cerita kamu mungkin nggak bakal begitu seru.

traveling dalam rombongan besar
Rombongan wisatawan menaiki perahu via unsplash.com/Ernanette Carolino

2. Percaya saja sama perkiraan bujet perjalanan orang lain

Satu hal yang kayaknya kamu perlu tahu adalah bahwa anggaran perjalanan tiap orang itu berbeda. Kenapa? Soalnya selera alias preferensi orang itu beda-beda.

“Maksudnya?” Begini, Sob. Tiap orang punya gaya berjalan sendiri-sendiri. Ada yang suka traveling lama, ada juga yang lebih suka traveling pas akhir pekan aja. Sebagian pejalan suka wisata budaya, sementara sebagian lain lebih suka wisata alam atau sejarah. Tentu saja bujet yang mereka sediakan juga beda. Makanya, ketimbang nanyain bujet orang lain, mending kamu riset dan hitung sendiri perkiraan bujetmu.

dunia traveling
Ponsel pintar via pexels.com/Adrianna Calvo

3. Terlalu percaya internet

Internet memang membantu banget, Sob. Tapi kamu jangan terlalu percaya sama internet juga. Kenapa? Karena meskipun banyak banget informasi yang beredar di internet, nggak semuanya tersaji di sana.

Semurah-murahnya harga penginapan yang kamu dapat di internet, pasti bakalan ada yang lebih murah lagi kalau kamu cari langsung di lokasi. Sebagus-bagusnya review sebuah restoran, pada kenyataannya pasti ada restoran yang makanannya lebih enak lagi.

Semoga kita bisa belajar dari kesalahan-kesalahan di atas, Sob.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
ItineraryNusantarasa

Berburu Kuliner Bersejarah Khas Salatiga (1)

ItineraryNusantarasaPilihan Editor

Nasi Jangkrik, Kuliner Warisan Sunan Kudus

ItineraryPerjalanan Lestari

Ngeteh Sore di Artani, Toko Curah Ramah Lingkungan Pertama di Makassar

Itinerary

Gunung Bantur dalam Bingkai Kintamani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.