Itinerary

11 Film Petualangan yang Bakal Bikin Kamu Pengen Jalan-Jalan

Film punya cara sendiri buat mempengaruhi penontonnya. Setelah nonton film The Martian, bisa jadi orang bakal pengen jadi astronot. Atau, setelah nonton film The Godfather, mungkin ada juga yang malah pengen jadi pengusaha…atau mafia. Begitu juga dengan jalan-jalan. Ada juga film yang juga membuat kamu pengen jalan-jalan. Penasaran? Simak 11 film petulangan yang bakal bikin kamu pengen jalan-jalan ini, dabs!

1. Kiki’s Delivery Service (1989)

kiki's delivery service
“Credit Title” Kiki’s Delivery Service via animetosho.org

Ini adalah film kartun karya Studio Ghibli. Kiki’s Delivery Service bercerita tentang seorang penyihir perempuan yang pada usia ke-13 mesti menjalankan sebuah tradisi yang sudah turun temurun dilakukan oleh para penyihir, yakni memulai hidup baru di kota baru dan bertahan dengan mengandalkan kemampuan yang dimiliki. Tujuannya satu, buat belajar mandiri.

Tanpa tahu harus ke mana, Kiki terbang semalaman dengan sapu terbangnya. Ia sempat beristirahat sebentar di gerbong kereta api yang sedang berhenti. Namun, ketika ia sedang tidur kereta itu berjalan menuju sebuah kota. Di kota itu, Kiki memulai hidup baru dan mencoba bertahan hidup dengan menjadi kurir pengantar barang.

2. Seven Years in Tibet (1997)

11 Film Petualangan yang Wajib Ditonton
Brad Pitt jadi Heinrich Harrer dalam “Seven Years in Tibet” via uk.newonnetflix.info

Film petualangan ini diangkat dari memoar Heinrich Harrer, pendaki Austria yang ikut rombongan ekspedisi Jerman, yang ditangkap otoritas Inggris saat mencoba mencapai puncak Nanga Parbat. Ia pun jadi tawanan perang inggris dan dimasukkan ke kamp. Di kamp, ia tak menyerah dan berkali-kali mencoba melarikan diri.

Setelah berkali-kali mencoba melarikan diri secara “swadaya” dan gagal, ia pun diajak beberapa tawanan lain untuk ikut bergabung dalam percobaan meloloskan diri dari kamp. Berhasil. Tapi, ia tertahan lama di Tibet—tujuh tahun—dan menjadi teman bagi Dalai Lama kecil. Menariknya, Heinrich Harrer ini adalah salah satu dari empat pendaki yang pertama kali tiba di Puncak Carstensz Pyramid Papua.

3. Im Juli (2000)

11 Film Petualangan yang Wajib Ditonton
Salah satu adegan dalam film “Im Juli” via nnm.me

Film Im Juli adalah tentang seorang pemuda, calon guru, yang secara impulsif pergi ke jembatan di Selat Bosphorus, Istanbul, Turki dari Hamburg demi mengejar seorang perempuan yang baru semalam dikenalnya. Daniel Banner (Moritz Bleibtreu), pemuda itu, pergi ke Turki naik mobil sedan butut temannya yang dititipkan padanya selama musim panas.

Secara tak sengaja, Juli (Christiane Paul) yang tiap musim panas pergi hitchiking, secara tak sengaja mencegat mobil yang ditumpangi Daniel. Juli, yang telah lama memendam rasa buat Daniel, terpaksa ikut Daniel, sebab ia sudah bikin kaul bakal ikut ke mana pun orang yang menumpanginya pergi. Petualangan Daniel dan Juli melintasi Eropa melibatkan acara hilang paspor, rusaknya kendaraan, dan pengakuan cinta.

4. The Beach (2000)

11 Film Petualangan yang Wajib Ditonton
Sampul DVD “The Beach” via alphamediazone.com

The Beach adalah salah satu film terbaik Leonardo DiCaprio. Film petualangan ini bercerita tentang Richard (Leonardo DiCaprio), seorang anak muda dari Amerika Serikat yang sedang bertualang ke Thailand. Di Khaosan Road, ia bertemu dengan seorang pejalan misterius, Daffy (Robert Carlyle). Suatu saat, sebelum ditemukan tewas (bunuh diri) di kamarnya, Daffy memberikan secarik kertas kepada Richard. Kertas itu adalah peta menuju sebuah pulau.

Dengan bekal peta tak jelas itu, Richard mengajak dua kenalannya untuk mencari pulau yang dimaksud Daffy. Perjalanan ke pulau itu akhirnya jadi salah satu pengalaman paling mengesankan buat Richard. Di sana ia harus berjuang melawan maut melarikan diri dari kejaran senapan penjaga kebun ganja. Tapi, ia juga bertemu dengan sekelompok pejalan yang bikin koloni di samping sebuah laguna indah, dengan air jernih dan pasir putih, yang dipagari oleh tebing batugamping.

5. Eurotrip (2004)

11 Film Petualangan yang Wajib Ditonton
Film yang sempat ngehits, “Eurotrip” via metro.co.uk

Scotty (Scott Mechlowicz) digerakkan oleh cinta untuk bertualang ke Eropa. Ia jauh-jauh ke tanah leluhur itu untuk bertemu Mieke (Jessica Boehrs), sahabat pena online yang selama ini ia kira laki-laki, yang tinggal di Jerman. Ia pergi ke Eropa bersama sahabat karibnya, Cooper (Jacob Pitts). Di Paris, kedua sahabat itu bertemu dua orang teman sekolahnya, saudara kembar, yang ternyata juga sedang bertualang ke Eropa.

Akhirnya mereka jalan berempat dan mengalami petualangan-petulangan yang aneh bin ajaib. Di London, mereka bertemu hooligan MU. Sementara sewaktu mengantre masuk Louvre di Paris mereka terlibat perkelahian dengan seniman jalanan. Di Vatikan, ulah mereka bikin heboh para uskup, kardinal dan umat Katolik sedunia. Tapi mereka juga sempat jadi “orang kaya” di Bratislava yang nilai mata uangnya jauh di bawah Amerika Serikat.

6. Into the Wild (2007)

11 Film Petualangan yang Wajib Ditonton
Tokoh Chris McCandless dalam “Into the Wild” via insessiofilm.com

Rasa-rasanya nggak afdol kalau ngomongin film petualangan yang bikin pengen jalan-jalan tanpa menyebutkan Into the Wild. Film ini diangkat dari buku Jon Krakauer, yang menelusuri jejak seorang pemuda bernama Christopher Johnson McCandless.

Chris McCandless (Emile Hirsch) hilang begitu saja dari radar keluarganya segera setelah wisuda di Emory, Atlanta. Dia memutuskan untuk menjalani kehidupan yang bebas, menjauh dari segala macam otoritas. Setelah menyumbangkan sebagian besar tabungannya ke Oxfam, ia berkendara ke tempat terpencil dan meninggalkan mobil kesayangannya di sana. Ia lalu berjalan menelusuri Amerika, mengayuh kayak sampai ke Mexico, naik kereta kargo, lalu pergi ke utara sampai ke Alaska. Tapi malang, dia meninggal seorang diri di Alaska karena kelaparan dan tak sengaja memakan tumbuhan beracun.

7. The Bucket List (2007)

the bucket list
Dua aktor legendaris main dalam film “Bucket List” via sanctuaryofstyle.net

Dua orang tua pengidap kanker, Edward Cole (Jack Nicholson) dan Carter Chambers (Morgan Freeman), bertemu di rumah sakit. Cole milyarder sementara Chambers orang biasa saja. Mereka berdua kabur dari rumah sakit buat mewujudkan keinginan-keinginan yang belum terpenuhi, yang dicatat dalam sebuah daftar (bucket list).

Petualangan yang mereka lakukan pasti bakal bikin kamu iri: terjun payung, nyetir mobil Shelby Mustang yang garang, terbang melintas Kutub Utara. Mereka juga jalan-jalan ke destinasi-destinasi bersejarah seperti Taj Mahal, motoran di Tembok Besar China, dan nongkrong di puncak Piramida. Oh, iya. Mereka juga sempat ke Everest Base Camp! Kalau nggak mau ngiler, mending jangan ditonton!

8. The Way (2010)

11 Film Petualangan yang Wajib Ditonton
Film “The Way” tentang peziarahan “El Camino de Campostela” via columbianewsandviews.com

Pernah dengar rute peziarahan bernama El Camino del Santiago? El Camino adalah rute peziarahan St. James (Santo Yakobus) yang berakhir di Katedral Santiago de Campostela, Galicia, Spanyol. Untuk menyelesaikan dari titik awal sampai akhir, konon perlu waktu sekitar dua bulan. Cara klasik adalah jalan kaki. Tapi sekarang sudah ada juga yang menempuhnya dengan naik sepeda.

The Way menceritakan kisah seorang pria tua, Dr. James Avery (Martin Sheen), yang menyelesaikan trek El Camino setelah mendapat kabar bahwa anaknya, Daniel (Emilio Estevez), tewas terkena badai ketika sedang menjalani El Camino. Semula, ia berangkat dari Amerika Serikat cuma untuk mengambil abu sang anak. Tapi setelah tiba di El Camino, ia malah jadi tertarik buat menuntaskan perjalanan yang sudah dimulai oleh anaknya itu. Di jalan—bisa ditebak—ia bertemu dengan teman-teman baru yang mewarnai peziarahannya di El Camino.

9. The Secret Life of Walter Mitty (2013)

11 Film Petualangan yang Wajib Ditonton
Film “The Secret Life of Walter Mitty” via heyuguys.com

Walter Mitty (Ben Stiller) bekerja sebagai Negative Assets Manager (manajer yang mengurusi negatif film) di majalah LIFE yang sedang transisi ke dotcom. Ia sudah lebih dari satu dekade bekerja di sana. Nah, di saat-saat krusial itu ia melakukan kesalahan yang tak pernah dilakukannya selama bekerja di LIFE, yakni gagal menemukan klise yang bakal dicetak buat sampul terakhir majalah LIFE.

Rasa tanggung jawab pun memaksanya untuk keluar dari zona nyaman. Dengan petunjuk berupa klise-klise foto yang dikirimkan Sean O’Connell (Sean Penn), fotografer misterius yang fotonya akan dipasang di sampul terakhir majalah LIFE itu, Mitty berusaha melacak keberadaan Sean untuk menanyakan keberadaan negatif film untuk sampul pamungkas LIFE itu. Pencariannya itu secara tak terduga membawanya bertualang ke Greenland, Iceland, dan pedalaman Afghanistan. Tanpa sadar, ia telah mewujudkan perjalanan yang selama ini hanya ada dalam angan-agannya.

10. Hector and the Search for Happiness (2014)

hector and the search for happiness
Simon Pegg dan Rosamund Pike dalam Hector and the Search for Happiness via uk.newonnetflix.info

Film bergenre komedi ini menceritakan seorang psikiater bernama Hector (Simon Pegg). Terlalu lama menyelesaikan masalah-masalah kejiwaan pasien-pasiennya, malah dia sendiri yang akhirnya stress. Padahal ia sudah menjalani hidup dengan wajar. Jadi dokter, kaya, dan punya istri (Rosamund Pike) yang menyayanginya. Tapi, anehnya, ia merasa tak bahagia.

Akhirnya, Hector memutuskan untuk melakukan perjalanan untuk mencari arti kebahagiaan. Dari rumahnya di London, ia pergi ke China, Afrika, dan Amerika untuk mengalami sebuah perjalanan yang akan mengubah caranya berpikir tentang kebahagiaan. Serunya, film petualangan Hector and the Search for Happiness ini juga dilengkapi dengan animasi-animasi menarik!

11. Wild (2014)

11 Film Petualangan yang Wajib Ditonton
Sampul “Wild” via telegraph.co.uk

Film petualangan ini diangkat dari kisah nyata Cheryl Strayed (yang diperankan oleh Reese Witherspoon) yang berjalan seorang diri di Pacific Crest Trail (PCT), salah satu jalur lintas alam terkemuka di Amerika Serikat tahun 1995. Dia trekking PCT bukan karena iseng doang, melainkan buat melupakan kesedihan karena ibunya meninggal.

Dari total 4.279 kilometer trek PCT, Strayed yang waktu itu baru berumur 26 tahun melintasi sekitar 1.770 kilometer. Sendirian melintasi Amerika Serikat, Strayed punya kesempatan banyak buat merenung—yang ia manfaatkan sebaik-baiknya. Tapi, dalam perjalanan itu pula ia menemukan teman-teman baru yang mewarnai perjalannya melintasi PCT.

Jadi, dari 11 film petualangan yang bakal bikin kamu pengen jalan-jalan itu, yang mana nih yang mau kamu tonton duluan? Atau sudah pada nonton semuanya?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Artikel Terkait
Itinerary

Remeh-temeh yang Tak Remeh tentang Tempe

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *