Events

“Sampai Hari Ini” PSBK Mampir di Jakarta

Setelah sukses menyelenggarakan pertunjukan “Sampai Hari Ini” di Jagongan Wagen, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Bantul, September lalu, para seniman penerima beasiswa Program Seniman Pasca Terampil 2017 bakal mampir di Jakarta.

Karya yang dipertunjukkan pada “Sampai Hari Ini” terinspirasi dari Kitab Omong Kosong (Persembahan Kuda) yang ditulis oleh sastrawan kondang, Seno Gumira Ajidarma. “Sampai Hari Ini” ingin menghadirkan spirit kritis. Tujuannya untuk menguji kembali nilai dan berbagai pemahaman tentang kepercayaan, kebenaran, empati, dan cara manusia memaknainya. Caranya dengan mengulik cerita perjalanan hidup Rama dan Shinta. Dua sejoli itu justru tidak menemukan kebahagiaan setelah mengalahkan Rahwana karena membangun hubungan dengan fondasi kepercayaan yang rapuh.

Eh, tunggu dulu! Padepokan Seni Bagong Kussudiardja itu apa ya?

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) adalah pusat kegiatan kesenian yang didirikan oleh Alm. Bagong Kussudiardja pada 2 Oktober 1978. Menurut Bagong, pelukis dan koreografer kenamaan, “kehidupan seni memberikan kontribusi untuk perkembangan ide, cita-cita, dan nilai kehidupan manusia.”

Spirit itulah yang terus diusung oleh PSBK, dengan menjadi sebuah pusat seni yang mendukung pengembangan kreatif seniman dan masyarakat umum untuk terus terhubung pada nilai-nilai seni dan budaya, keberlanjutannya, dan penciptaan nilai-nilai budaya melalui seni. Singkat cerita, PSBK jadi semacam laboratorium kreatif, tempat berkumpul, ruang presentasi karya seniman dari berbagai disiplin.

Poster “Sampai Hari Ini”/PSBK

Oke. Terus, siapa saja seniman yang terlibat?

Lumayan, guys. Ada 6 orang seniman lintas disiplin peraih beasiswa Program Seniman Pasca Terampil 2017, yaitu Ahmad Abdushomad (seniman teater), Andrik Musfalri (seniman rupa), Endang Setyaningsih (seniman tari), Galuh Tulus Utama (seniman teater), Hangga Uka H N A P (seniman tari), dan Rafika Dian Anggraini (seniman rupa).

Kapan dan di mana?

Acara yang berlangsung berkat dukungan Bakti Budaya Djarum Foundation ini berlangsung pada Jumat, 10 November 2017 pukul 19.00 di Galeri Indonesia Kaya, West Mall Grand Indonesia, Level 8, Jakarta.

Gratis nggak, nih?

Tenang. Sama kayak acara yang di Jogja, acara di Jakarta juga gratis. Yang perlu kamu lakukan cuma reservasi di www.indonesiakaya.com. Buruan daftar sebelum kehabisan tempat!

Related posts
Events

Sekolah TelusuRI Semarang #6: TelusuRI Sejarah Jalur Kota Lama–Pecinan

Events

5 Event Seru Bulan Agustus 2019

Events

Festival Cheng Ho 2019

Events

ASEAN Contemporary Dance Festival 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *