Itinerary

Kalau Nggak Siap Fotomu Viral, Jangan Jadikan 10 “Quotes” Ini “Caption” Instagram

Bosan sama caption Instagram foto pendakian yang itu-itu saja? Mending kamu pilih salah satu dari 10 quotes tentang gunung dari orang-orang tenar ini. Tapi, kita nggak nanggung ya kalau ternyata setelah pakai quotes tentang gunung ini foto kamu mendadak viral dan kamu mendadak jadi selebram terkenal?

Quotes tentang gunung #1

“The lofty pine is oftenest shaken by the winds; High towers fall with a heavier crash; And the lightning strikes the highest mountain.”

—Horace (65 SM – 8 SM)

Penyair termasyhur dari Romawi yang nama aslinya lumayan panjang ini—Quintus Horatius Flaccus—juga punya quotes tentang gunung. Kalau dibaca sekilas, idenya ya hampir sama dengan, “Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin menerpa.”

Digubah sama Horace jadinya begini: “Pohon pinus yang tinggi sering kali diterpa angin; Menara tinggi jatuh dengan lebih dahsyat; Dan petir menyambar gunung yang tertinggi.”

quotes tentang gunung

Di puncak gunung via pexels.com/Krivec Ales

Quotes tentang gunung #2

“Keep close to Nature’s heart… and break clear away, once in awhile, and climb a mountain or spend a week in the woods. Wash your spirit clean.”

—John Muir (1838-1914)

Kalau suka naik gunung, kamu pasti tahu—atau minimal pernah dengar nama John Muir atau “John of the Mountains.” Ini orang legendaris banget, sampai-sampai di Amerika Serikat itu ada satu trek lintas alam yang dinamain John Muir Trail.

Kata-kata mutiara dari John Muir ini mengajak kamu buat selalu dekat dengan alam. Menurut Muir, sekali-sekali kamu mesti menghabiskan waktu untuk mendaki gunung atau berkeliaran di hutan. “Habiskan waktu seminggu di hutan,” saran John Muir. Gimana? Siap?

quotes tentang gunung

“John Muir Wilderness” via pexels.com/Olivia Wright

Quotes tentang gunung #3

“The ordinary man looking at a mountain is like an illiterate person confronted with a Greek manuscript.”

—Aleister Crowley (1875-1947)

Kalau kamu penggemar hal-hal yang berbau klenik dan mistis, pasti kamu familiar sama okultis Inggris bernama Aleister Crowley. Dia juga punya quotes tentang gunung.

Bunyinya begini: “Orang biasa yang melihat pegunungan itu seperti seorang buta huruf yang disuruh membaca manuskrip Yunani.” Atau seperti penggemar sejarah disuruh mengerjakan soal kalkulus lipat tiga.

quotes tentang gunung

Menatap samudra awan via pexels.com/Pixabay

Quotes tentang gunung #4

“Only when you drink from the river of silence shall you indeed sing. And when you have reached the mountain top, then you shall begin to climb. And when the earth shall claim your limbs, then shall you truly dance.”

—Kahlil Gibran (1883-1931)

Yang nggak kenal Kahlil Gibran kebangetan! Kata penyair kondang sejuta umat ini, “Hanya ketika engkau minum air dari sungai yang sunyi maka dirimu akan bernyanyi. Dan hanya jika engkau telah menginjakkan kaki di puncak gunung semestinya engkau baru mulai mendaki. Dan ketika bumi telah memangku kedua lenganmu barulah engkau akan benar-benar berdansa.”

Dalem, ya? Iya, lah. Yang bikin penyair, kok.

quotes tentang gunung

“Balanced stones” via pexels.com/Pixabay

Quotes tentang gunung #5

“Only if you have been in the deepest valley, can you ever know how magnificent it is to be on the highest mountain.”

—Richard M. Nixon (1913-1994)

Presiden Amerika Serikat tenar karena skandal Watergate ini juga punya quotes tentang gunung. Dia mengibaratkan pengalaman (dan pengetahuan) seseorang sebagai gunung.

Katanya, “Hanya jika sudah pernah berada di jurang terdalamlah engkau bisa paham betapa mengagumkan rasanya di puncak gunung tertinggi.” Benar, nggak?

quotes tentang gunung

Menatap lembah luas via pexels.com/Markus Spiske

Quotes tentang gunung #6

“Human life is far more important than just getting to the top of a mountain.”

—Sir Edmund Hillary (1919-2008)

Sir Edmund Hillary adalah salah seorang tokoh terpenting dalam dunia pendakian. Dialah orang yang pertama kali mencapai titik tertinggi dunia, yakni Everest. Bersama Tenzing Norgay, ia tiba di atap dunia tanggal 29 Mei 1953, jauh sebelum Saykoji tiba di Mahameru.

“It’s not the mountain we conquer, but ourselves.” Pernah baca quotes itu? Itu juga dari Sir Edmund Hillary. Nah, ini adalah quotes lain dari Sir Edmund Hillary yang juga layak buat dikutip. Kalau yang ini artinya, “Hidup manusia jauh lebih penting daripada sekadar pendakian menuju puncak gunung.”

quotes tentang gunung

Menggapai puncak via pexels.com/Mursad Mijanovic

Quotes tentang gunung #7

“If you don’t have a mountain, build one and then climb it. And after you climb it, build another one; otherwise you start to flatline in your life.”

—Sylvester Stallone (1946- …)

Lama menjalani kehidupan keras, pemeran utama film Rambo dan Rocky ini dapat pencerahan dan mengibaratkan gunung sebagai tujuan atau motivasi dalam hidup.

“Kalau kau tak memiliki gunung untuk dituju,” kata Stallone, “… buatlah sendiri gunung itu dan kemudian naiki. Dan setelah gunung itu kamu daki, buatlah satu gunung lagi; kalau tidak, kamu akan mulai menjalani hidup yang datar-datar saja.” Gimana menurutmu?

quotes tentang gunung

Memanjat tebing via pexels.com/Pixabay

Quotes tentang gunung #8

“Usually action films have a formula: good guy gets in trouble, his wife dies, friends have problems, so he goes to the mountain, learns martial arts, comes back, and kills the bad guy.”

—Jet Li (1963- …)

Bintang film kung fu ini ternyata nggak cuma bisa beladiri, ia juga bisa berfilosofi. Dia mengibaratkan gunung sebagai kawah candradimuka yang akan mendidik seseorang supaya jadi pribadi yang lebih baik, seperti yang biasa disajikan di film action.

Kata Jet Li, “Biasanya film action punya susunan begini: orang baik kena masalah, istrinya meninggal, teman-temannya juga punya masalah, lalu dia pergi ke gunung, belajar beladiri, turun gunung, dan bunuh orang-orang jahat itu.”

quotes tentang gunung

Kemping via pexels.com/Josh Willink

Quotes tentang gunung #9

“I’m not the kind of person who’s going to look at the top of a mountain and go, ‘Oh, look at that! That’s lovely … that top of that mountain.’ I’m the kind of person who’s going to go, ‘Oh, my God! That’s so lovely! Let’s go climb up it!'”

—Kate Winslet (1975- …)

Kata pemeran Rose dalam film legendaris Titanic itu, “Aku bukan tipe orang yang memandangi puncak gunung dan berkata ‘Oh, lihat itu! Cantik banget … puncak gunung itu.’ Aku orang yang bakal bilang, “Oh, Tuhan! Cantik banget! Yuk kita daki!”

quotes tentang gunung

Pegunungan via pexels.com/Stefan Stefancik

Quotes tentang gunung #10

“I’ve realised that at the top of the mountain, there’s another mountain.”

—Andrew Garfield (1983- …)

Aktor yang lagi naik daun ini—pemeran utama di film Spiderman, Hackshaw Ridge, Silence, dll—juga punya quotes tentang gunung.

Katanya, “Gue udah sadar kalau di atas puncak, masih ada gunung-gunung yang lain.” Kamu yang sudah pernah ke Merbabu lewat Selo pasti paham benar apa yang dibilang sama Andrew Garfield ini.

Di antara quotes tentang gunung di atas, mana nih yang kamu banget?

Pembaca realisme magis dan catatan perjalanan.

Avatar

Pembaca realisme magis dan catatan perjalanan.
Artikel Terkait
Itinerary

Remeh-temeh yang Tak Remeh tentang Tempe

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

#dirumahajaItinerary

Tuliskan Perjalananmu, Mumpung Lagi di Rumah Aja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *