Itinerary

5 Destinasi Wisata Keren sekitar Tol Semarang-Solo

Lagi traveling naik mobil pribadi lewat Tol Semarang-Solo? Kalau iya, supaya perjalananmu lebih seru coba deh mampir ke salah satu dari lima destinasi wisata sekitar Tol Semarang-Solo berikut:

1. Puri Maerokoco

Salah satu destinasi wisata sekitar Tol Semarang-Solo yang seru buat dituju adalah Puri Maerokoco. Nama Maerokoco sendiri diambil dari nama taman terindah di dunia dalam epos Mahabarata. Nah, di Maerokoco versi dunia nyata ini kamu bisa mampir ke 35 anjungan dari 35 kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Tengah. Selain itu kamu juga bisa jalan kaki keliling hutan mangrove dan menelusuri danau naik perahu atau becak air.

Puri Maerokoco yang Instagrammable ini berada di Jalan Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang Barat. Kamu bisa mampir antara jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Biaya masuknya cuma Rp10.000/orang.

2. Museum Kereta Api Ambarawa

Di destinasi sekitar Tol Semarang-Solo yang satu ini kamu bisa menyaksikan rupa-rupa kereta api tempo dulu. Selain itu kamu juga bisa merasakan sensasi menumpang kereta jadul dari Stasiun Ambarawa ke Stasiun Tuntang selama sekitar 20 menit. Ongkosnya nggak terlalu mahal, cuma Rp50.000/orang. Kalau ke sana bareng rombongan keluarga besar, kamu juga bisa nyewa gerbong, lho!

Museum Kereta Api Ambarawa ini ada di Jalan Stasiun No. 1 Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Waktu operasionalnya dari jam 8 pagi sampai 5 sore. Tiket masuknya juga hemat banget, cuma Rp10.000/orang.

3. Saloka Theme Park

Dibangun di lahan sekitar 18 hektare, Saloka Theme Park diklaim sebagai taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah. Nggak tanggung-tanggung, ada 25 wahana permainan di Saloka Theme Park yang namanya Jawa banget, misalnya Cakrawala, Jejogetan, Pakubumi, Bengak-Bengok, Adu Nyali, Ecowisata Angon-Angon, hingga Agrowisata Ijo Royo-royo

Saloka Theme Park berada di Jalan Fatmawati No. 154 Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang. Pas akhir pekan dan tanggal merah, tiket masuknya Rp150.000/orang. Tapi di hari-hari biasa kamu cuma perlu bayar Rp120.000 buat menikmati wahana-wahana permainan di Saloka.

4. Alun-alun Lor Boyolali

Alun-alun Lor Boyolali beda dari alun-alun lor (alun-alun utara) di kota-kota lain di Pulau Jawa. Di sini kamu bisa berkeliaran di antara miniatur-miniatur landmark dunia, dari mulai Borobudur, Piramida Inca, Sphinx, sampai Taj Mahal. Lumayan ‘kan buat pemanasan sebelum melancong ke Amerika Selatan, Mesir, atau India?

Waktu paling seru buat mampir ke destinasi wisata sekitar Tol Semarang-Solo adalah menjelang matahari terbenam. Kalau jago motret, kamu bakal bisa dapat foto-foto bagus yang lumayan banget buat diunggah di Instagram.

5. De Tjolomadoe

De Tjolomadoe ini sebenarnya adalah pabrik gula bernama Colomadu yang didirikan pada paruh kedua abad ke-19 sama Mangkunegara IV. Tapi, sejak sekitar 20 tahun lalu, pabrik ini berhenti beroperasi. Tahun 2017 lalu, sebuah joint venture dari beberapa perusahaan dibikin buat merevitalisasi Pabrik Gula Colomadu.

Hasilnya, sekarang Pabrik Gula Colomadu berganti wujud menjadi De Tjolomadoe yang makin ciamik. Selain museum, juga ada beberapa venue dan kafe bernuansa lawas tempat kamu bisa nongkrong-nongkrong santai sama temen-temen atau keluarga. De Tjolomadoe berada di Jalan Adi Sucipto No. 1 Paulan Wetan, Karanganyar. Tiket masuknya Rp25.000/orang.

Jadi, kamu mau mampir ke destinasi wisata yang mana nih Sob?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.


Header: De Tjolomadoe

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Naik Gunung Sendirian, Inilah 4 Hal yang Bakal Kamu Dapatkan

Itinerary

5 Rekomendasi Kafe untuk Ngopi Asyik di Semarang

Itinerary

Mau Naik Gunung Musim Kemarau? Jangan Lupakan 5 Benda Berikut

Itinerary

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Mendaki Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *