Itinerary

10 Atraksi Wisata Malam Jogja di sekitar Malioboro

Kalau pas ke Jogja kamu nginap di sekitar Malioboro, malam hari nggak ada salahnya kalau kamu main ke 10 atraksi wisata malam Jogja yang dekat Malioboro berikut:

1. Tugu Pal Putih

tahun baru di jogja

Suasana siang di Tugu Jogja/Fuji Adriza

Atraksi ini adalah salah satu atraksi wisata malam yang wajib disambangi pas main ke Jogja. Serunya, di sekitar Tugu Pal Putih banyak warung angkringan yang seru buat nongkrong. Beberapa di antaranya bahkan jualan kopi joss.

Tugu Pal Putih mulai ramai saat hari mulai gelap. Semakin malam, atraksi wisata malam ini bakal semakin rame. Biasanya, tiap hari ada saja seniman jalanan yang ngamen dengan cara mengenakan kostum-kostum khas Jogja—atau kostum hantu.

2. Angkringan KR

memulai hobi traveling

Angkringan KR Jogja/Fuji Adriza

KR adalah singkatan dari Kedaulatan Rakyat, koran legendaris Yogyakarta. Kantor KR ini letaknya di antara Tugu Pal Putih dan Stasiun Tugu. Menjelang senja, emperan kantor KR bakal diramaikan oleh beberapa angkringan yang menjual makanan dan cemilan khas Jogja.

Dulu, lokasi wisata malam Jogja ini jadi tempat ngumpul anak-anak KASKUS Regional Yogyakarta. Namun sekarang Angkringan KR lebih banyak dikunjungi para wisatawan ketimbang anak-anak komunitas lokal.

3. Kopi Joss

7 tempat nongkrong murah meriah di jogja

Di malam hari trotoar di selatan Stasiun Tugu berubah jadi lapak Kopi Joss/Fuji Adriza

Kalau mau nyobain kopi joss yang original, kamu mesti mampir ke warung kopi joss di sebelah utara Stasiun Tugu. Warungnya sih kecil saja—tapi tempat nongkrongnya luas. “Lho, kok bisa?” Ya bisa. Soalnya yang jadi tempat nongkrongnya adalah trotoar.

Buat yang belum tahu, kopi joss ini bukan kopi ditambah minuman pembangkit stamina, lho. Kopi joss adalah kopi hitam yang diberi arang kayu yang membara. Tapi pas kopi jossnya baru datang, jangan langsung diminum, Sob. Panas banget. Dan arangnya jangan dikunyah.

4. Pasar Beringharjo

“Lho? Malam bukannya tutup?” Bagian dalamnya memang tutup. Tapi bagian luar Pasar Beringharjo tetap hidup. Ada beberapa kios pakaian yang masih buka. Namun malam hari adalah waktunya buat warung-warung makan kaki lima.

Selain makanan-makanan berat, di Pasar Beringharjo malam hari juga ada santapan-santapan yang lebih ringan. Kamu bisa menyantap bakso dan menghilangkan dahaga dengan semangkuk wedang ronde yang hangat.

5. Angkringan Margo Mulyo

Pernah nonton film Jagad X-Code? Pasti belum. Filmnya memang nggak terlalu terkenal, sih. Tapi, buat nambah-nambah informasi, ini adalah film yang mengangkat cerita tentang kehidupan di pinggiran Kali Code, salah satu sungai yang membelah Kota Yogyakarta.

Nah, salah satu latar film ini adalah Angkringan Margo Mulyo ini. Angkringan ini terletak di Jalan Margo Mulyo (Jalan A. Yani), di antara Jalan Malioboro dan Kilometer Nol. Atraksi wisata malam ini unik karena interiornya jadul. Kamu pasti betah lama-lama nongkrong di sini.

6. Pasar Senthir

Kalau senang barang-barang lawas, kamu pasti senang juga mampir ke Pasar Senthir. Di pasar yang buka sejak habis magrib sampai sekitar jam 10 malam ini kamu bisa menemukan banyak barang-barang tua, dari mulai setrika sampai buku-buku yang sudah tak dicetak lagi.

Soal harga, tergantung keahlian kamu dalam tawar-menawar. Tapi biasanya para pedagang di Pasar Senthir sudah paham nilai dari sebuah barang.

7. Kilometer Nol

Wisata Favorit

Kilometer Nol Malioboro/Fuji Adriza

Sesuai dengan namanya, atraksi wisata malam Jogja yang satu ini adalah titik nolnya Yogyakarta. Letaknya di perempatan antara Jalan Malioboro dan lingkungan Keraton.

Ini tempat lumayan legendaris. Konon dulu para seniman Jogja banyak menghabiskan waktu di sini untuk berdiskusi dan mencari inspirasi. Tapi, ya, tentu saja dulu keadaannya berbeda. Nggak seramai sekarang. Kalau sekarang sih sudah agak susah buat diskusi di sini.

8. Wijilan

Jalan Wijilan yang berada di sebelah timur Alun-alun Utara dari dulu dikenal sebagai sentra gudeg. Nggak percaya? Coba saja datang sendiri. Saking banyaknya warung gudeg, kamu pasti bingung sendiri memilih mau makan di warung gudeg yang mana. Jadi, kalau kamu penggemar gudeg, wajib banget buat ke sini.

Tapi kalau kamu nggak terlalu suka gudeg, di Jalan Wijilan juga ada sebuah angkringan besar yang dikenal sebagai Angkringan Wijilan. Selain buat mengisi perut, Angkringan Wijilan juga jadi lokasi yang pasti buat ngobrol bareng kawan-kawan. Tempatnya enak banget soalnya.

9. Alun-alun Kidul

Sore hari di Alun-Alun Kidul Jogja/Fuji Adriza

Tiap akhir pekan, Alun-alun Kidul pasti akan selalu ramai oleh para wisatawan. Kenapa? Soalnya banyak banget yang bisa dilakukan di atraksi wisata malam Jogja itu.

Kamu bisa mencoba berbagai macam kuliner lokal yang dijajakan di sana, misalnya tempura, bakso, ronde, bakar-bakaran, dll. Selain itu kamu juga bisa mencoba tantangan melewati beringin kembar dengan mata tertutup. Tapi kayaknya aktivitas paling favorit para wisatawan adalah naik becak berlampu yang lucu-lucu.

10. Plengkung Gading

Atraksi wisata malam Jogja yang satu ini sebenarnya adalah sebuah gerbang di salah satu ruas tembok keraton yang masih tersisa sampai sekarang. Karena ada tangga besar di kedua sisi jalan, Plengkung Gading bisa dinaiki.

Letaknya cuma beberapa puluh meter dari Alun-alun Kidul. Waktu paling seru buat ke Plengkung Gading adalah malam-malam. Dari atas kamu bisa menyaksikan kendaraan-kendaraan yang melintas di kawasan Alun-alun Selatan.

Mana nih atraksi wisata malam Jogja yang paling bikin kamu penasaran?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

4 Jurus Jitu buat Traveling Keliling Indonesia

Itinerary

7 Ide untuk Mengisi Libur Panjang

Itinerary

5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Traveling dengan “Backpack”

Itinerary

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Sekitar Pantai Parangtritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *