Itinerary

Traveling ke Ibu Kota Provinsi Papua, Jangan Lupa Mampir ke 5 Pantai Keren di Jayapura Ini

Kalau ngomongin Papua, pikiran para pejalan pasti langsung melayang ke Kepulauan Raja Ampat. Daerah-daerah lain, termasuk Jayapura yang berada di pulau utama, kalah populer. Padahal di tempat-tempat lain seperti Jayapura banyak juga lho destinasi-destinasi wisata laut yang keren.

Lima pantai dekat Jayapura berikut misalnya:

1. Pantai Harlem

Untuk ke Pantai Harlem kamu mesti berkendara sekitar 60 kilometer dari Kota Jayapura. Pantai dekat Jayapura ini berada di Kampung Tablanusu, Distrik Depapre.

Yang membuat pantai ini menarik adalah garis pesisirnya yang panjang (sekitar 700 meter) dan teduh. Jadi kamu bisa santai-santai menikmati suasana sambil menggelar tikar dan membaca. Di sana juga ada pondok-pondok yang bisa kamu sewa.

2. Pantai Base G

pantai dekat jayapura

Ombak Pantai Base G yang menggulung kecil/Syukron

Terletak dekat Jayapura, hanya terpaut sekitar 10 kilometer, pantai ini konon dahulunya adalah lokasi mendarat Sekutu dan dijadikan sebagai pangkalan. “Base G” adalah nama pangkalan itu. Pantai ini sebenarnya punya nama lain, yakni Pantai Tanjung Ria.

Pasir di Pantai Base G berwarna cerah meskipun tidak seputih Pantai Harlem. Yang membuat pantai di pinggir Samudra Pasifik ini memesona adalah deburan ombaknya yang tenang.

3. Pantai Hamadi

pantai dekat jayapura

Foto aerial Pantai Hamadi/Syukron

Dari pusat kota Jayapura, Pantai Hamadi hanya berjarak sekitar 5 kilometer. Seperti Pantai Base G, Pantai Hamadi juga punya cerita sejarah. Konon pantai inilah dahulunya yang jadi lokasi pendaratan pertama pasukan amfibi Sekutu.

Kalau sedang tidak pasang, pantai ini akan tampak tenang. Tapi, kalau sudah pasang bakal ada sebuah fenomena unik yang disebut “ombak terbang” oleh anak-anak sekitar pantai. Mereka menyebut fenomena itu ombak terbang karena pada saat pasang ombak dari Samudra Pasifik itu akan pecah (seolah-olah terbang) karena beradu dengan penghalang yang dibangun paralel dengan bibir pantai.

4. Pantai Kupang

pantai dekat jayapura

Dok II alias Pantai Kupang (Kursi Panjang)/Syukron

“Lho, katanya pantai dekat Jayapura? Kok malah nyasar ke Nusa Tenggara Timur?” Kalem, Sob. Kupang di sini bukan Ibu Kota Provinsi NTT, tapi adalah singkatan dari kursi panjang. Jadi, di Pantai Kupang ada stuktur beton yang seperti kursi panjang.

Nama asli pantai ini adalah Pantai Dok II. Letaknya strategis, yakni berhadap-hadapan dengan Kantor Gubernur Jayapura. Jadi kamu bisa nongkrong di sini sore-sore sambil menikmati pemandangan belahan timur Indonesia.

5. Pantai Holtekamp

pantai dekat jayapura

Kapal kandas di Pantai Holtekamp/Syukron

Kamu cuma perlu berkendara sekitar 2 jam dari Jayapura untuk tiba di Pantai Holtekamp. Ini adalah salah satu pantai tenar di kalangan turis lokal. Pasirnya lembut, ombaknya tenang, dan bibir pantainya rindang karena banyak pohon kelapa.

Tapi kalau yang kamu cari adalah pantai-pantai seperti di Raja Ampat, kamu kayaknya salah tempat kalau mau ke sini.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

4 Jurus Jitu buat Traveling Keliling Indonesia

Itinerary

7 Ide untuk Mengisi Libur Panjang

Itinerary

5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Traveling dengan “Backpack”

Itinerary

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Sekitar Pantai Parangtritis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *