Itinerary

Mau Traveling pas Harpitnas? Baca Tips dan Trik Ini Dulu

Bagi pejalan yang nyambi kerja seperti kita, Harpitnas alias Hari Kejepit Nasional adalah momen yang sangat berharga dan selalu ditunggu-tunggu. Meskipun durasinya nggak lama, paling cuma satu-dua hari, Harpitnas lumayan banget buat traveling.

Nah, supaya traveling pas Harpitnas jadi efektif dan efisien, ada baiknya kamu baca dulu beberapa tips dan trik berikut:

traveling pas harpitnas
Jejak kaki di pantai via pexels.com/Adrianna Calvo

1. Pintar-pintar memilih destinasi

Karena kamu cuma punya waktu satu-dua hari, kamu mesti pintar-pintar memilih destinasi buat traveling pas Harpitnas. Pertimbangan paling penting adalah waktu tempuh menuju destinasi itu. Semakin sebentar waktu yang diperlukan untuk ke tempat itu, semakin banyak waktu yang kamu punya buat menjelajahinya. Sebaliknya, semakin lama perjalanan ke sana, semakin sedikit waktu yang tersisa bagimu untuk menjelajahi destinasi itu.

traveling pas harpitnas
Bermain di antara langit biru dan air sebening kristal via pexels.com/Vincent Gerbouin

2. Jangan sepelekan masalah transportasi

Persaingan buat dapetin tiket angkutan bakalan makin tinggi pas Harpitnas, apalagi kalau kamu travelingnya ke destinasi-destinasi mainstream seperti Jogja dan Bali. Karena itu, jangan pernah menyepelekan persoalan tiket angkutan waktu traveling pas Hari Kejepit Nasional. Supaya nggak kebingungan dan stres sendiri karena kehabisan tiket pulang, biasakanlah untuk membeli return ticket.

traveling pas harpitnas
“Hammock” di pinggir laut via pexels.com/Chris McClave

3. Pesan penginapan dari jauh-jauh hari

Kalau nggak mau telantar di destinasi traveling pas Harpitnas, jangan lupa memesan penginapan dari jauh-jauh hari. Soalnya, persaingan mendapatkan akomodasi pasti nggak kalah sengit ketimbang kompetisi beli tiket moda transportasi. Karena kamu liburan cuma satu-dua hari, nggak ada salahnya buat memesan penginapan yang sedikit lebih berkelas ketimbang hostel atau guest house. Semakin cepat kamu memesan penginapan, semakin beragam pula pilihan yang tersedia.

traveling pas harpitnas
Menikmati warna matahari via pexels.com/Suliman Sallehi

4. Nggak perlu bawa ransel segede kulkas

Untuk keperluan satu-dua hari saja, rasa-rasanya kamu nggak perlu repot-repot bawa ransel segede kulkas. Ransel 20-30L saja sudah cukup kok—mungkin malah lebih. Supaya pemakaian ruang dalam ranselmu jadi efisien, lipat bajumu pakai salah satu dari beberapa teknik melipat baju yang efektif dan efisien berikut.

traveling pas harpitnas
Menikmati liburan via pexels.com/Rawpixel.com

5. Nggak usah “ngoyo”

Kalau punya waktu yang lama buat liburan, kamu mungkin bisa menjelajahi semua atraksi di destinasi yang kamu kunjungi. Tapi, kalau kamu cuma punya waktu satu-dua hari, agak kurang bijak rasanya kalau kamu maksain buat mengunjungi banyak tempat. Kamu pasti bakalan kecapekan. Kalau udah capek, mood bakalan jadi buruk dan kamu jadi nggak bisa menikmati liburan itu. Rugi banget ‘kan; sudah berkorban waktu liburan, pergi jauh-jauh, ujung-ujungnya kamu malah pulang dalam keadaan tegang bukannya relaks.

Jadi, Harpitnas selanjutnya kamu rencananya mau ke mana?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

Senja dari Pinggir Brantas

Itinerary

Remeh-temeh yang Tak Remeh tentang Tempe

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Tips Bikin Bujet Traveling ala Dayu Hatmanti

#dirumahajaItinerary

Sahabat Perjalananmu X TelusuRI: Ngobrolin Fotografi Perjalanan bareng Ingga Suwandana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *