Itinerary

Mau Merasakan Serunya Traveling meski Bawa Ponsel? Begini Caranya

Ponsel, terlebih ponsel pintar, berjasa banget mengubah dunia traveling. Sekarang kamu nggak perlu tergantung lagi sama pihak ketiga buat merencanakan traveling.

Tapi, negatifnya, semua jadi serba terduga dan kamu jadi terlampau mudah untuk dihubungi. Kadang-kadang, sejauh apa pun kamu traveling, rasanya seperti sedang traveling ke gang sebelah karena kamu bisa sewaktu-waktu ditelpon. Bawa ponsel kadang bikin traveling jadi nggak asyik.

Tapi, ada caranya nih, Sob, supaya traveling kamu tetap asyik meskipun kamu bawa ponsel:

1. Nggak usah beli paket internet

Sebenarnya bukan ponsel pintarnya yang bikin perjalanan jadi begitu terduga, Sob, tapi layanan internet. Layanan internet itulah yang bikin aplikasi “chatting” jadi menjamur. Setiap saat setiap waktu sekarang kamu bisa dihubungi lewat aplikasi chatting, asalkan ada sambungan internet.

Supaya bisa menikmati perjalanan, ada baiknya kamu nggak membeli paket internet. Pulsa saja sudah cukup. “Lho, ntar kalau ada yang penting bagaimana?” Kalau benar-benar penting, kamu pasti bakalan ditelpon atau sekurang-kurangnya di-SMS, Sob.

jalan-jalan tanpa ponsel
Senja di pinggir laut via unsplash.com/Simon Migaj

2. Manfaatkan wifi gratis di penginapan

Kalau memang kamu perlu banget internet, misalnya buat kerja, kamu bisa manfaatin wifi di penginapan. Di zaman canggih seperti ini sebagian besar tempat menginap pasti sudah dilengkapi wifi.

Karena memang disediakan buat tamu, wifi di penginapan gratis, Sob. Kamu nggak perlu keluar duit deh buat beli paket data. Anggarannya bisa kamu alihkan ke hal-hal lain yang lebih menarik. Selain itu, biasanya wifi di penginapan lumayan kenceng.

3. Isi ponsel pintar kamu dengan hal-hal yang berguna bagi perjalananmu

Sebelum ponsel pintar menjamur seperti ini, para pejalan mesti bawa peta supaya nggak nyasar. Mereka juga mesti bawa buku panduan perjalanan yang tebal supaya nggak ngendon doang kebingungan di penginapan. Buku catatan dan pulpen juga wajib dibawa. Semuanya makan tempat.

Ponsel pintar bisa menghemat tempat. Kamu bisa unduh aplikasi peta yang bisa dipakai tanpa sambungan internet. Buku panduan juga bisa kamu beli versi digitalnya, yang tentunya jauh lebih murah. (Atau unduh aplikasi “review” seperti TripAdvisor.) Supaya nggak repot-repot bawa buku catatan, kamu sekarang bisa mencatat perjalananmu di salah satu dari banyak aplikasi “notes.”

ingin melakukan petualangan
Memotret dengan ponsel pintar via pexels.com/Oleg Magni

4. Jangan terlalu terpaku sama ponselmu, lihatlah sekitar

Ponsel pintar memang menyediakan banyak hiburan instan. Kamu bisa baca komik, dengar musik, nonton film, dll. Sampai-sampai, terkadang layar ponsel pintar terasa lebih menarik ketimbang dunia nyata.

Pas traveling, supaya perjalananmu asyik, jangan terlalu terpaku sama ponselmu, Sob. Soalnya bakalan banyak hal-hal menarik yang kamu lewatkan, yang banyak di antaranya bakalan susah kamu temukan dalam ponselmu.

Nah, kalau kamu sendiri gimana, Sob? Menurutmu bawa ponsel pintar pas traveling itu bikin perjalanan jadi makin asyik atau malah makin nggak seru?

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

5 Jurus Jitu yang Bikin Traveling Solo Makin Seru

Itinerary

4 Oleh-oleh Sepulang Naik Gunung

Itinerary

Jurus Jitu supaya Bawaan Ringkas pas Traveling

Itinerary

Jurus Jitu Traveling bareng Pasangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *