Itinerary

8 Jurus Jitu yang Bakal Bikin Mudik Lebaran 2019 Naik Bus Lebih Seru

Tahun 2019 ini—terima kasih pada harga tiket pesawat yang turunnya telat—bus jadi moda transportasi favorit buat mudik. Jawapos.com melansir tahun ini diprediksi ada 4.459.690 orang yang akan mudik naik bus.

Nah, kalau kamu adalah salah satu dari empat juta lebih orang yang akan mudik naik bus, supaya perjalananmu lebih menyenangkan, simak dulu nih delapan tips mudik lebaran berikut:

1. Cari tahu dulu apakah ada bus gratis ke kota tujuanmu

Sebelum beli tiket ke agen penjualan resmi PO bus, coba kamu browsing-browsing internet dulu buat nyari tahu kalau-kalau ada yang menyediakan bus gratis buat mudik ke kotamu. Kalau ada, mending kamu ikutan itu saja ketimbang harus beli tiket bus.

Tapi, karena kuota mudik gratis biasanya terbatas, kamu mesti bergegas buat nyari. Tahun ini, dilansir dari Tribunnews.com, ada 28 BUMN yang bikin mudik bareng gratis. Selain itu beberapa pemerintah daerah juga ngadain mudik bareng gratis ke berbagai penjuru.

traveling naik bis
Roda kemudi via pexels.com/Lê Minh

2. Pesan tiket dari sekarang

“Tahun ini, permintaan terhadap moda transportasi darat meningkat secara signifikan, yaitu mencapai 30 persen untuk kereta api dan 300 persen untuk bus antarkota dibandingkan dengan periode normal,” ungkap Head of Growth Management Transportation Product Traveloka, Iko Putra, dilansir dari Antara.

Jadi, tahun ini persaingan buat dapat tiket bakal lebih sengit. Supaya kamu nggak kehabisan tiket, sangat dianjurkan kalau kamu pesan tiket dari sekarang. Selain itu, agar kamu nggak terdampar di kampung halaman, jangan lupa juga buat sekalian pesan tiket pulang.

3. Hindari membeli dari calo

Tips mudik lebaran berikutnya adalah hindari membeli tiket bus dari calo. Memanfaatkan jasa perantara seperti “calo” memang bakalan terasa sangat memudahkan. Tapi, biasanya mereka bakal ngasih harga yang tinggi minta ampun. Kadang bisa sampai dua kali lipat dari harga normal.

Kalau kamu nggak punya waktu buat antre lama-lama di kantor perwakilan atau agen resmi bus, kamu bisa manfaatkan salah satu aplikasi pemesanan tiket moda transportasi yang sekarang banyak banget di Play Store.

traveling naik bis
Bus jadul via pexels.com/Chut PHOTO

4. Bawa yang perlu-perlu saja

Kamu bakalan lebih diuntungkan secara ”moril dan materil” kalau barang bawaan mudik kamu sedikit. Selain nggak perlu capek-capek nggotong, kamu juga nggak perlu ngeluarin duit ekstra buat ngurus barang bawaan kamu itu (misalnya buat upah portir).

Tips mudik lebaran ini kayaknya nggak cuma buat mudikers yang naik bus saja, tapi juga buat kamu-kamu yang pulang kampung numpang moda-moda transportasi lain seperti kereta api, kapal laut, dan pesawat.

5. Jangan lupa bawa pakaian penghangat badan

Entah kenapa, biasanya suhu pendingin ruangan kabin bus antarkota antarprovinsi saingan sama suhu lemari es di minimarket. Karena itu, supaya nggak berubah jadi es batu, kamu mesti bawa pakaian penghangat badan.

Kamu nggak perlu bawa pakaian penghangat yang serius-serius banget kayak down jacket. Hoodie aja nggak apa-apa. Kalau kuat dan emang sudah biasa dingin, kemeja flanel juga sebenarnya sudah lebih dari cukup.

bus primajasa
Seorang penumpang bus malam via unsplash.com/青 晨

6. Pelajari rute bus

Kamu pasti bertanya-tanya: “Buat apa mempelajari rute bus?” Begini, Sob. Pengetahuan tentang rute bus itu penting banget supaya kamu nggak perlu terlalu lama nahan lapar atau hasrat buat mengeluarkan apa yang seharusnya dikeluarkan.

Kalau kamu ngerti bus itu lewat mana, kamu juga pasti ntar bakalan ngerti bus itu berhenti di mana saja. Kalau sudah tahu informasinya, kamu tinggal susun strategi saja deh.

7. Bawa makanan ringan dan air minum

Saat kamu kelaparan tengah malam sementara bus yang kamu tumpangi nggak menunjukkan tanda-tanda bakalan berhenti di rumah makan, bekal makanan ringan dan air minum yang kamu bawa akan terasa banget manfaatnya.

Tapi, kamu mesti bijaksana juga dalam memilih makanan ringan buat dibawa. Hindari membawa makanan ringan yang berbau menyengat atau yang kalau lagi dimakan bakalan memproduksi bunyi ASMR yang intens dan annoying.

mudik naik bis lintas sumatera
Jalan membelah kebun sawit/TelusuRI

8. Supaya nggak bosan, bawa buku dan isi ponselmu dengan lagu-lagu favorit

Sudah jadi rahasia umum kalau fasilitas hiburan dalam bus itu membosankan. Kalau ada televisi, awak kabin bakal mutar film-film lawas atau film-film yang nggak laku. Kalau ada pemutar musik, yang bakalan terdengar dari corong adalah lagu-lagu lawas yang dirilis jauh sebelum orangtuamu ketemu.

Makanya, supaya nggak bosan di jalan, jangan lupa bawa buku dan isi ponselmu dengan lagu-lagu favorit. Sesuaikan jumlah halaman buku dan jumlah lagu yang kamu bawa dengan waktu tempuh perjalananmu.

Mudah-mudahan tips mudik lebaran naik bus di atas berguna, Sob!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Itinerary

Naik Gunung Sendirian, Inilah 4 Hal yang Bakal Kamu Dapatkan

Itinerary

5 Rekomendasi Kafe untuk Ngopi Asyik di Semarang

Itinerary

Mau Naik Gunung Musim Kemarau? Jangan Lupakan 5 Benda Berikut

Itinerary

5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Mendaki Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *