Itinerary

Setelah Traveling Menelusuri Indonesia, Kamu Bakal Sadar Hal-hal Berikut

Mengenal Indonesia itu nggak bisa hanya dengan membaca berita atau menonton televisi. Supaya bisa mengenal Indonesia, kamu mesti menjelajahinya. Nah, inilah beberapa hal yang bakalan kamu sadari setelah menjelajah negara besar bernama Indonesia ini:

1. Ternyata benar bahwa wilayah Indonesia sangat luas

Dari SD, kamu pasti udah dicekokin informasi kalau Indonesia itu luas. Pulau besarnya aja ada lima. Belum lagi pulau-pulau yang lebih kecil. Kalau dihitung-hitung, jumlah pulau di Indonesia ini banyak banget, sampai belasan ribu pulau.

Pas jalan-jalan, kamu bakalan membuktikan sendiri betapa luasnya Indonesia. Mau ke Papua dari Jakarta aja perlu waktu sekitar 6 jam perjalanan naik pesawat. (Naik kapal perlu waktu seminggu!) Itu baru tiga per empat panjang Indonesia. Luas banget ‘kan Indonesia?

2. Bentang alamnya beragam

Nggak peduli kamu bepergian lewat darat, laut, atau udara, kamu pasti bakalan melihat dengan mata sendiri bahwa Indonesia punya beragam bentang alam.

Negara ini punya pegunungan, padang rumput, hutan hujan tropis, pesisir, laut, bahkan sampai areal bersalju di Puncak Carstensz Pyramid sana. Tiap-tiap daerah punya ciri khasnya sendiri. Pastinya, perlu waktu yang lama banget buat menjelajahi semuanya.

3. Budayanya juga beragam

Setelah keliling Indonesia, kamu bakalan sadar bahwa negara yang luas ini dihuni oleh ratusan kelompok budaya atau suku bangsa. Mereka punya cara hidupnya sendiri-sendiri dan berkomunikasi dengan bahasanya sendiri-sendiri juga.

Tapi, meskipun demikian, kamu pasti bakalan bisa melihat sebuah benang merah dari kultur-kultur itu. Ada nilai-nilai tertentu yang sama-sama dianut oleh kelompok-kelompok budaya yang menghuni wilayah Indonesia.

4. Selalu terjadi perubahan

Kalau kamu pergi ke sebuat tempat lebih dari satu kali di Indonesia, kamu pasti bakalan melihat bahwa ada perubahan yang terjadi di sana.

Jadi, traveling juga bakalan memberikan kamu pemahaman bahwa perubahan selalu terjadi di Indonesia. Tempat-tempat yang dulunya nggak bisa diakses dengan kendaraan bermotor, sekarang sudah punya aspal mulus. Lokasi-lokasi yang dulunya belum dialiri listrik, sekarang sudah terang benderang tiap malam.

5. Apa yang biasa bagi kita, bagi orang lain bisa jadi luar biasa

Kamu bakalan kaget mendapati bahwa apa-apa yang bagimu biasa saja, bagi orang lain di Indonesia itu adalah sebuah kemewahan.

Contohnya soal fasilitas telekomunikasi. Kalau kita yang tinggal di kota bisa protes cuma gara-gara internet down selema beberapa menit, orang-orang di tempat-tempat lain di Indonesia sudah bersyukur sekali ketika di daerahnya sudah ada BTS.

Kalau kamu sendiri gimana, Sob? Apa pelajaran yang kamu dapat pas traveling keliling Indonesia?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Artikel Terkait
Itinerary

5 Tempat Wisata yang Wajib dikunjungi saat di Lembang

Itinerary

Jalan-jalan ke Curug Cipamingkis, Bogor

Itinerary

Cerita dari Kampung Adat Kuta, Ciamis

Itinerary

Tempat-Tempat yang 'Hilang' di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.