Events

Merespon Praktik Pendidikan lewat Tari di Jagongan Wagen Desember 2018

Lagi kangen traveling tapi juga lagi kangen melihat pertunjukan seni? Kalau mau kamu bisa cus ke Jogja buat nonton Jagongan Wagen Desember 2018. Di edisi akhir tahun ini, Jagongan Wagen bakalan menghadirkan sebuah pertunjukan seru yang akan menghibur sekaligus sulit dilupakan.

Sebuah respon terhadap dunia pendidikan di Indonesia

Tanpa diberi tahu pun, kita semua pasti sudah paham gimana kondisi dunia pendidikan di Indonesia. Di sana-sini, masih ada banyak hal yang perlu dibenahi. Hal-hal yang masih kurang itu tentu memerlukan kritik.

Tapi, jangan salah; kritik yang dimaksud di sini bukan hujatan, melainkan respon dalam bentuk pendapat dan, jika memungkinkan, saran yang akan membangun untuk praktik pendidikan di masa depan.

jagongan wagen desember 2018

Poster Jagongan Wagen Desember 2018/PSBK

Melalui sebuah karya tari bertajuk “Human?” sekelompok seniman, Hujan Hijau Dance-Lab merespon praktik pendidikan yang mereka lihat di berbagai daerah di Indonesia. Dilansir dari rilis, “Karya tari ini mengangkat fenomena fitnah dan pembunuhan karakter terhadap pendidikan yang terjadi akhir-akhir ini. Padahal pendidikan memberikan banyak ruang agar kita dapat menjadi manusia dan memanusiakan manusia.”

Tapi, menjadi ironi ketika “… kaum terdidik sendiri kadang melakukan hal melenceng dan dengan sengaja menggunakan kemampuannya untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang justru tidak meninggikan harkat kemanusiaan.”

Sampai di sini, kamu pasti mulai penasaran: bagaimana sebuah respon—atau kritik—terhadap isu bisa disampaikan lewat tari?

Hari Jumat, 14 Desember 2018 di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja

Kalau kamu memang penasaran, datang saja hari Jumat, 14 Desember 2018, besok ke Padepokan Seni Bagong Kussudiardja. Lokasinya di Ds. Kembaran RT 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta. Acaranya bakalan dimulai jam 19.30.

Istimewanya lagi, buat nonton pertunjukan Jagongan Wagen kamu nggak dipungut biaya sepeser pun. Bahkan, panita terkadang suka menyediakan makanan ringan dan teh hangat buat para penonton.

Jadi gimana? Tertarik buat nonton Jagongan Wagen Desember 2018?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage kami.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Events

Sekolah TelusuRI Semarang #6: TelusuRI Sejarah Jalur Kota Lama–Pecinan

Events

5 Event Seru Bulan Agustus 2019

Events

Festival Cheng Ho 2019

Events

ASEAN Contemporary Dance Festival 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *