Events

Menuju Satu Dekade Dieng Culture Festival

Setiap daerah di Indonesia punya cara masing-masing untuk mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai budaya, entah melalui beragam upacara, tradisi, sampai festival yang digelar setahun sekali. Tak terkecuali Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Daerah yang kerap disebut sebagai “Negeri di Atas Awan” ini rutin mengadakan festival tahunan, yakni Dieng Culture Festival.

Dalam Dieng Culture Festival ada berbagai macam acara, dari mulai prosesi ruwat rambut gimbal, pertunjukan seni daerah, sendratari rambut gimbal, festival makanan, festival lampion, sampai pertunjukan musik jazz yang sudah pernah menampilkan musisi-musisi tenar seperti Gugun Blues Shelter, Anji, Hiroaki Kato, dll.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, gelaran Dieng Culture Festival X 2019 nanti akan lebih spesial. Kenapa? Karena tahun ini Dieng Culture Festival akan menginjak usia satu dekade alias sepuluh tahun. Tentu ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa. Sepuluh tahun bukan waktu yang sebentar dan tak banyak festival yang bisa bertahan selama itu.

Kapan Dieng Culture Festival X 2019 akan diadakan?

Dieng Culture Festival X 2019 akan digelar tanggal 2-4 Agustus 2019 di Dieng Kulon. Belum ada rilis resmi tentang detail acara. Tapi, akun Instagram resmi Dieng Culture Festival, @festivaldieng, sudah kasih bocoran kalau Jazz Atas Awan akan diadakan tanggal 2 Agustus 2019.

“[…] tiket secara resmi juga belum kami rilis,” tulis penyelenggara Dieng Culture Festival X 2019. Namun, tak ada salahnya buat kamu untuk terus memantau informasi penjualan tiket lewat akun Instagram @festivaldieng agar kamu bisa segera memesan. Karena biasanya penyelenggara menyediakan kuota tiket yang terbatas, tentu kompetisi buat cari tiket bakal lumayan sengit. Selain itu, siapa tahu kamu beruntung bisa dapat tiket presale yang selisih harganya (biasanya) lumayan dibandingkan harga biasa.

Mampir ke Dieng Culture Festival X 2019 yang spesial ini pasti juga bakal jadi momen yang spesial buatmu, apalagi jika kamu berangkat bareng orang-orang terkasih, entah keluarga, sahabat, pacar—atau bahkan mantan. Sembari ikut merayakan festival budaya dan tradisi masyarakat Dieng, kamu juga bisa sekalian mampir ke atraksi-atraksi wisata sekitar Dieng.

Jadi, sampai jumpa di Negeri di Atas Awan!


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Seorang putri yang rindu dengan aksara. Suka merangkai kata namun kerap kali tak mempunyai cukup keberanian mengungkapkannya.Temani aku menulis sekali lagi, ya? @rinduaksaraa

Eka Feriati

Seorang putri yang rindu dengan aksara. Suka merangkai kata namun kerap kali tak mempunyai cukup keberanian mengungkapkannya.Temani aku menulis sekali lagi, ya? @rinduaksaraa
Artikel Terkait
Events

Mengintip Pembukaan Bandung Arts Festival

Events

Nonton Bareng Tur Virtual Kondang Merak bersama Prodi Ilmu Kelautan FPIK Universitas Brawijaya

Events

Menyimak “Tips Fotografi Perjalanan” dari Fotografer Profesional di Sekolah TelusuRI

Events

Talkshow: Peran Perempuan dalam Pengembangan Pariwisata di Indonesia

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *