Events

Nyoblos di Kampung Halaman, Apa Saja yang Mesti Dipersiapkan?

Pemilu bakal digelar sebentar lagi. Tanggal 17 April 2019 nanti kita bakal punya kesempatan buat menentukan siapa aja yang bakal mengelola Indonesia selama lima tahun ke depan.

Sebagai anak rantau, momen pemilu bisa sekalian jadi momen buat pulang kampung. Selain nyoblos, para perantau bisa sekaligus berlama-lama ketemu keluarga, juga jalan-jalan menelusuri kampung halaman.

Terus, kalau mau nyoblos di kampung halaman, kira-kira apa aja sih yang mesti dipersiapkan?

1. Ambil cuti dari jauh-jauh hari

Nah, beberapa di antara kamu pasti ada nih yang punya kebiasaan ambil cuti dadakan. Berhubung Pemilu 2019 mepet banget sama harpitnas, tinggalin dulu kebiasaan dadakan ini.

Kenapa? Karena pastinya nggak sedikit temen kantor yang pengen bablas libur sampai akhir pekan. Jadi, kamu harus bergegas ngurus cuti kalau emang mau beneran nyoblos di kampung halaman.

2. Pastikan dirimu terdaftar sebagai pemilih

Memastikan dirimu masuk dalam daftar pemilih jelas penting banget. Percuma saja nanti kalau ternyata, sudah datang jauh-jauh, kamu ngga bisa ikut nyoblos.

Buat ngecek status Daftar Pemilih Tetap (DPT) ada dua cara. Pertama kamu bisa datang langsung ke kantor desa/kelurahan domisili. Kedua, kamu bisa intip laman infopemilu.kpu.go.id. Kalau belum terdaftar, kamu bisa mengurusnya sampai hari ini (10/04/19).

3. Kenali dan gali info lebih dalam soal para calon

Alasan nggak nyoblos karena nggak kenal sama siapa calonnya itu kayaknya udah basi, deh. Soalnya, sekarang kamu bisa ngulik-ngulik soal calon-calon itu di berbagai laman di internet, misalnya di pintarmemilih.id.

Ingat ‘kan pepatah “tak kenal maka tak sayang?” Jadi, kenalan dulu gih biar mantep milih calon pengelola negara pas pemilu nanti.

4. Beli tiket perjalanan dari jauh hari

Cuti udah. Masuk DPT juga udah. Terus, apa lagi? Nah, mengingat Pemilu nggak cuma kamu aja yang bakal pulkam, pasti persaingan dapat tiket moda transportasi juga jadi makin tinggi. Makanya mulai dari sekarang kamu mesti booking tiket perjalanan buat pulang kampung. Biar nggak repot di belakang, beli tiket pulang-pergi sekalian.

(Kalau sempat, beli oleh-oleh buat keluarga di rumah. Mereka pastinya bakal senang kalau kamu pulang bawa sesuatu untuk dibagikan, walau oleh-olehnya sesederhana satu kardus bakpia pathok.)

5. Bikin rencana mau ngapain aja selain nyoblos di kampung halaman

Supaya nggak gabut-gabut banget libur lama tapi ujung-ujungnya cuma di rumah aja, kamu bisa ajak temen lama atau saudara buat keliling menelusuri apa aja sih yang ada di sekitar kampung halaman. Barangkali wisata kuliner dan hunting foto sunset bisa jadi kegiatan alternatif buat menghabiskan waktu libur di kampung halaman.

Jadi, sudah siap nyoblos di kampung halaman pas Pemilu 17 April 2019 nanti?


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Avatar

Suka gendong ransel, suka motret, kadang nulis.
Related posts
Events

5 Event Seru Bulan Agustus 2019

Events

Festival Cheng Ho 2019

Events

ASEAN Contemporary Dance Festival 2019

Events

Bulan Juli Ada 5 Event Seru di Pulau Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *