Events

Nyoblos Dulu, Liburan Kemudian

Hari kejepit memang menggiurkan, termasuk yang sebentar lagi bakal datang, yakni 17-21 April 2019. Libur lama itu bisa kamu manfaatkan buat liburan panjang entah ke mana.

Tapi, hari pertama libur panjang itu, yakni tanggal 17 April 2019, bakal ada Pemilu. Itu adalah hari yang sudah lama kita tunggu-tunggu sebagai orang Indonesia.

Di tanggal itu, kita bisa speak up memilih presiden/wakil presiden dan orang-orang yang akan mewakili kita di lembaga-lembaga legislatif. Siapa tahu, setelah Pemilu, apa-apa yang  kamu dambakan selama ini bisa kejadian dan Indonesia bisa jadi lebih keren di masa depan.

Bisa liburan setelah nyoblos

Ikut Pemilu di hari pertama libur panjang itu nggak bakal bikin agendamu berantakan, kok. Kenapa? Soalnya proses pemungutan suara simple aja, cuma 5D—datang, daftar, dicoblos, dimasukkan, dicelup.

Jadi nggak perlu lama-lama beredar di TPS. Kalau dihitung-hitung, paling cuma lima menit. Pemungutan suara bakal dimulai jam 7 pagi dan ditutup jam 1 siang. Selesai urusan di TPS, kamu bisa cabut ke mana pun kamu mau, entah ke destinasi-destinasi terdekat atau tempat-tempat yang jauh sekalian.

Untuk tahu perolehan suara sementara, kamu juga nggak perlu repot-repot stay tune di TPS. Kamu bisa memantaunya lewat berbagai laman dan platform yang bisa kamu akses via internet, misalnya kawalpemilu.org.

Waktunya pejalan bersuara

Sebagai pejalan, Pemilu 17 April 2019 nanti adalah kesempatan buatmu untuk bersuara. Surat suara yang kamu coblos itu bisa diibaratkan sebagai sebuah “surat terbuka.” Bedanya, surat terbuka yang satu ini dampaknya lebih masif, soalnya bakal menentukan arah kebijakan Indonesia selama sekurang-kurangnya lima tahun ke depan, termasuk kebijakan pariwisata.

Kamu bisa pilih calon-calon yang punya program bagus; yang kira-kira bakalan bikin pariwisata Indonesia jadi lebih keren; yang menawarkan sustainabilitas; yang bisa bikin perekonomian di destinasi-destinasi wisata semakin berkembang; yang bisa bikin paspor Indonesia jadi lebih kuat sehingga kamu bisa melancong ke banyak negara tanpa harus membayar visa; atau program-program lain yang menurutmu layak buat diperjuangkan.

Jadi, barangkali ada baiknya kamu tunda dulu liburannya: nyoblos dulu, liburan kemudian.


Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

Menggemari perjalanan, musik, dan cerita.

Dewi Rachmanita Syiam

Menggemari perjalanan, musik, dan cerita.
Related posts
Events

Diskusi Daring "Membingkai Mooi Indie: Tamasya di Hindia Belanda"

#dirumahajaEvents

Ngobrol soal "Peduli Pekerja Pariwisata" bareng Jonathan Thamrin

Events

Menonton "Kutu/Kota" di Jagongan Wagen Juni 2020

#dirumahajaEvents

Menonton Jagongan Wagen "Di Balik Pintu Rumah" di Balik Pintu Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *