Events

Menonton Kaleidoskop Karya Jenar Kidjing dalam Pertunjukan Musik “Daras”

Seperti biasa, Januari kemarin Jagongan Wagen absen. Namun, Februari ini acara rutin Padepokan Seni Bagong Kussudiardja itu hadir kembali. Pertunjukan Februari adalah seni musik. Bukan musik “biasa,” tapi musik program.

Musik program? Makhluk apa pula itu?

Sebagian dari kamu mungkin sudah tahu, tapi sebagian lain mungkin masih nge-blank. Menurut siaran pers PSBK, musik program adalah musik yang nggak berdiri sendiri melainkan dibuat untuk keperluan lain, entah untuk mengiringi tari, teater, dan film. Istilah ini dipinjam Jenar Kidjing, seniman musik program yang akan tampil, dari buku Imagi-nation karya Vincent McDermott.

Jenar Kidjing
Jenar Kidjing via PSBK/Sito Adhi Anom

Sebuah reinterpretasi karya

Konser musik ini diberi judul “Daras: Kaleidoskop Bunyi Jenar Kidjing.” Namanya kaleidoskop, kamu pasti bisa menebak bahwa dalam pertunjukan musik ini Jenar Kidjing bakalan “mengurasi dan menyusun ulang komposisi-komposisi musik dari tiap pertunjukan maupun musikalisasi puisi yang pernah dibuatnya dan membungkusnya dengan benang merah cinta dan kekuasaan.”

“’Membaca’ ulang (secara lantang) beragam pengalaman dalam kaleidoskop bunyi dengan medium instrumen yang seragam, DARAS adalah reintepretasi musikal dari beberapa teks sastra yang pernah bersinggungan dalam perjalanan saya menggeluti musik teater dan musik puisi,” demikian pernyataan Jenar Kidjing.

Interpretasi, kurasi, dan penyusunan ulang itu tentu saja bakal memberikan nuansa yang berbeda pada karya-karya Jenar Kidjing.

Poster “Daras”/PSBK

Yang lebih istimewa, dalam Jagongan Wagen edisi Februari 2019 alumni Program Seniman Pasca-terampil PSBK angkatan 2014 ini—yang selama ini lebih “dekat” dengan gamelan ketimbang instrumen-instrumen kontemporer—memutuskan untuk keluar dari zona nyamannya dan tampil dalam format band. Dalam Daras, Jenar Kidjing akan berproses bersama Dian Palupi, Ardhani Julian Krisna, Arphadya Mahardika, dan Ikhsan Prayogo.

Di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja Bantul

Pertunjukan musik Daras akan diadakan pada hari Sabtu, 23 Februari 2019 pukul 19.30 WIB di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Ds. Kembaran RT 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY.

Kabar baiknya, untuk menonton Jagongan Wagen, kamu nggak perlu bayar serupiah pun alias gratis.


Header: Sito Adhi Anom (PSBK)

Kenali Indonesiamu lebih dekat melalui Instagram dan Facebook Fanpage TelusuRI.

Tertarik buat berbagi cerita? Ayo kirim tulisanmu.

TelusuRI

Jika tidak dituliskan, bahkan cerita-cerita perjalanan paling dramatis sekali pun akhirnya akan hilang ditelan zaman.
Related posts
Events

5 Event Seru Bulan Agustus 2019

Events

Festival Cheng Ho 2019

Events

ASEAN Contemporary Dance Festival 2019

Events

Bulan Juli Ada 5 Event Seru di Pulau Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *